Tips Perencanaan Ruang Rumah anda

Posted by Taufick Max Sabtu, 22 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Tips Perencanaan dan Penataan Ruang pada bangunan Rumah anda 



Gambar Rumah Minimalis 2 Lantai Karala House Design
Halo teman – teman semua met bertemu lagi dengan kami melalui Artikel Desain Rumah terbaru ini yang membahas tentang bagimana Cara Merencanakan atau menata Ruang di Rumah anda.

Untuk menciptakan keserasian hubungan dan kenyamanan antara ruang di dalam Rumah anda, maka perencanaan yang matang perlu anda lakukan. Penataan ruang sesuai dengan fungsinya dan aktivitas penghuni di dalamnya akan menghasilkan aksesbilitas pencapaian antara ruang yang merata.

Dengan meletakan ruang – ruang berdasarkan fungsinya kemudian ditambah denga ruang pengikat yang merupakan ruang bersama maka akan menciptakan hubungan kesatuan dan keserasian antara penghuni dengan ruang – ruang yang pakai dan selanjutnya anda bisa merasa nyaman dan tenang serta betah tinggal di Rumah anda.

Pada hakekatnya perencanaan ruang yaitu menentukan ruang – ruang apa saja yang menjadi kebutuhan utama dalam Rumah tinggal. Untuk meningkatkan efisiensi dalam penataan ruang, maka sebaiknya ruang – ruang yang mempunyai fungsi serupa atau mirip seperti misalnyaRuang tamu dan teras, Ruang Keluarga dan Ruang Makan itu bisa anda satukan atau ditempatkan dalam zona yang sama.

Jika lahan yang tersedia cukup luas mungkin tidak perlu anda lakukan efisiensi dalam perencanaan penyatuan ruang berdasarkan fungsi. Namun jika lahan yang anda miliki terbatas maka perencanaan  penentuan Ruang – ruang meruapakan hal yang sangat penting sebelum anda membangun Rumah anda.

Menentukan Zonasi Ruaang Pada Rumah anda

Menentukan zonasi ruang meruapakan upaya untuk menciptakan komposisi ruang yang akan menyatu dan menciptakan jalur sirkulasi yang tidak cross (terjadi benturan antara penghuni ) dalam Rumah tinggal dan betul – betul ideal sesuai dengan yang diinginkan.

Karena susunan ruang yang tidak sesuai dengan kaidah dan kondisi serta karakter penghuni akan berdampak pada perubahan pola dan perilaku penguhuni Rumah tersebut. Hal itu sangat beralasan karena berdasarkan kenyataan bahwa ruang diciptakan dan di tata oleh perencana tetapi setelah jadi dan digunakan, maka pola dsan kebiasaan penghuni akan dipengaruhi oleh pola dan tatanan ruang tersebut., luasan dan bentuk ruang maupun bentuk tatanan serta luasan ruang serkulasi yang dipergunakan antara anggota keluarga.

Pola penataan ruang – ruang dalam Rumah yang terencana dengan baik serta bisa mengakomodir seoptimal munghkin sifat, perilaku dan tuntutan kebutuhan semua penghuni akan membanyak manfaat, terutama pada terciptanya sebuah Rumah tinggal yang nyaman sesuai dengan keinginan bagi anda dan keluarga anda.

Berikut ini adalah hal – hal yang perlu anda lakukan untuk membagi Ruang zonasi pada Rumah anda sesuai dengan Fungsinya :

•Area Publik

Area publik ( daerah Bising ) merupaka area yang biasanya dipakai untuk ruang – ruang yang bisa dijangkau dengan mudah oleh semua orang, baik anggota keluarga maupun tamu yang dating ke Rumah anda. Area Publik Misalnya Teras Rumah, Ruang tamu Rumah, Voyer, carport, dan garasi.

•Area semi Privat

Area semi privat ( daerah agak tenang) merupakan perantara antara ruang – ruang bising dengan Ruang yang tenang. Pada area ini anda bisa menempatkan ruang makan, Ruang keluarga, Ruang santai, Dapur,pantry, gudang maupun Ruang yang bisa di jangkau oleh orang setelah Ruang Publik.

•Area Privat.

Area Privat atau daerah tenang du gunakan untuk menempatkan ruang – ruang untuk isterahat, misalnya Ruang tidur, Baik Kamar tidur Utama maupun kamar Tidur anak, Kamar mandi/Wc, Ruang Ibadah, Perpustakaan, Ruang kerja, dan sebagainya.
Ruang – ruang yang berda pada area ini adalah Ruang yang membutuhkan ketenangan yang stabil ( jauh dari bising) serta terhindar dari polusi udara yang bisa mengganggu kenyamanan penghuni Rumah.

Baca Informasi Lainnya :



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips Perencanaan Ruang Rumah anda
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/tips-perencanaan-ruang-rumah-anda.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer