Memilih Menentukan Jenis Material Rumah

Posted by Taufick Max Sabtu, 22 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Memilih dan Menentukan Jenis Material Rumah



Desain Rumah Karala House Minimalis
Memilih Menentukan Jenis Material Rumah- Hal lain yang perlu anda pertimbangkan dalam melaukan perencanaan ruamh adalah penggunaan jenis material baik untuk eksterior (fasad) maupun interior (ruang-ruang) upaya tersebut merupakan suatu tahapan yang sangat menentukan bentuk dan nuansa desain bangunan yang akan anda bangun. 

Untuk itu anda perlu menentukan jenis material maupun finishing dari elemend penyusun fasad bangunan serta interior (ruang-raung) agar diperoleh sebuah kesatuan tatanan antara karakter material (tekstur) terhadap bentuk dan desain bangunan (fasad) untuk bisa memilih bahan material dengan baik memang dibutuhkan wawasan (pengetahuan) yang cukup agar bisa diketahui harga berikut kualitasnya serta agen maupun tempat penjualan (shoourum) yang dekat. Hal itu sangat penting, karna jika tempat penjualan material tersebut jauh maka pasti akan memperbesar biaya/ongkos pengirimannya.

Beberapa jenis elemend konstrusksi dan factor penunjang yang perlu anda tentukan jenis materialnnya jika anda akan membangun sebuah hunian (rumah tinggal) agar bisa tercipta kenyamanan dan keindahan adalah sebagi berikut.

1.Dinding, tentukan bahan apa yang akan anda pakai untuk membuat dindidng agar sesuai dengan bentuk dan nuansa desian namun juga bisa menimbulkan suasana nyaman serta budgetnya sesuai dengan kemampuan anda. Untuk dinding luar (fasad bangunan) bisa anda gunakan bata, batako atau celcon block. Sedangkan untuk dinding bagian dalam/sekat antar ruang anda juga bisa menggunakan bahan seperti pada dinding luar atau bahan lain seperti GRC, multipeleks,atau bahan lain yang sesuai dengan tuntunan kebutuhan.

2.Lantai, tentukan bahan apakah yang akan digunakan untuk lantai ruamah anda. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti batu granit, marmer, dan limestone. Jika anda senang menggunakan bahan buatan, maka bisa digunakan lantai dari bahan semen, beton, kramik, porselin, atau lantai dari kayu (parket). Pilih salah satu dari bahan tersebut agar sesuai dengan bentuk dan nuansa interior yang akan anda ciptakan/inginkan.

3.Penutup atap, tentukan bahan apakah yang akan digunakan untuk menutup atap untuk tujuan keindahan dan kenyamanan rumah anda maka anda bisa memilih jenis penutup atap yang sesuai dengan anggaran anda berupa genteng bergelombang (bahan metal, bahan keramik, atau bahan beton), genteng flat (merupakan genteng import built-in dari luar negeri, yaitu berupa fiber cement dan aspal single), sirap (penutup atap berbahan kayu) atau bebas.

4.Pintu dan jendela, tentukan bahan yang sesuai untuk digunakan sebagai pintu dan jendela. Untuk pintu dan jendela anda bisa memilih berbagai jenis bahan seperti kayu, alumunium, atau yang lain. Sesuai bahan pintu dan jendela agar sesuai dengan tuntunan desain dan budget anda.

5.Plafond, tentukan bahan apakah yang sesuai untuk digunankan sebagai plafond untuk plafond bisa diguankan berbagai jenis bahan seperti gypsum, multipleks, tripleks, atau yang  lain. Plilih jenis karakter bahan plafond yang sesuai dengan nuansa interior yang akan diciiptakan dan bisa memberi kenyamanan ruang tetapi juga  sesuai dengan desain bangunan secara keseluruhan.

Demikianlah artikel tentang tips Pentingnya perencanaan Rumah bagian 4 ini tentang Memilih dan menentukan Jenis Material Rumah Impian anda..


Jika Anda memiliki tips – tips lain bagikanlah disini. Atau BAGIKAN TULISAN ini kepada yang lain. Semoga bermanfaat.

Baca Informasi Lainnya :











 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Memilih Menentukan Jenis Material Rumah
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/memilih-menentukan-jenis-material-rumah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer