Masalah Transportasi di Indonesia

Posted by Taufick Max Jumat, 07 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Masalah Transportasi di Indonesia

Masalah Transportasi, Peranan Transportasi, Sarana dan Prasarana Transportasi, Dampak Positif Transportasi

 


MAsalah Transportasi Di Indonesia cukuplah kompleks. dan permasalahan setipa daerahpun berbeda-beda, antara di kota dan desa juga mengalami permasalahan Transportasi yang tidak sama. misalnya kalau di Kota besar seperti Jakarta, yang menjadi permasalahan yang sering ditemui adalah kemacetan.

kemacetan Jakarta memang sudah paling parah di Indonesia, walaupun tidak semua jalan di Jakarta mengalami kemacetan namun di jalan-jalan utama kemaceta merupakan hal yang sudah biasa apalagi jam-jam sibuk.

Berbeda dengan Kota Besar seperti Jakarta, masalah Transportasi yang timbul di Desa bukan masalah kemaceta namun sarana dan prasarana yang kurang memadai. seperti Jalan, Jembatan, terminal, dan lain sebagainya.

Peranan Transportasi

Tak bisa dipungkiri bahwa Peranan Transportasi di Bidang sosial sangatlah besar, dari zaman dahulu hingga sekarang Transportasi merupakan Jantung Aktivitas manusia, artinya bahwa jika TRansportasi tidak berjalan, maka dapat dipastikan Aktivitas manusia juga bisa mati. olehnya itu Bidang Transportasi setiap saatnya selalu diupayakan untuk melakukan perbaikan-perbaikan Guna meminimalisir permasalahan yang ada. baik mengatasi kemacetan, melengkapi Sarana dan Prasarana, dan memperbaiki Sistem pengelolaan Transportasi Itu sendiri.

Kebijakan Transportasi

Semua Permaslahan Transportasi yang ada sebenarnya sangat tergantung Pada Kebijakan Transportasi yang dilakukan Oleh Pemerintah, Jika setiap Kebijakan yang berhubungan dengan Transportasi tidak di sesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat atau hanya sekedar program, apalagi hanya demi kepentringan Proyek, maka Permasalahan seputar Transportasi tidak akan kunjung berkurang dan bisa saja bertambah dari waktu ke waktu.

Sarana dan Prasarana Transportasi

Indonesia sebagai negara berkembang tentang dari segala sektor masih banyak yang masih perlu untuk diperhatikan, tidak terkecuali masalah Transportasi. kita bisa melihat secara kasar, bahwa Sarana dan Prasarana Transportasi yang ada di Indonesia khususnya di daerah pedesaan masih sangat memprihatinkan. 
 
Jalan sebagai sarana moda Transportasi yang menghubungkan antara satu daerah dengan daerah yang lain dalam suatu daratan menjadi kebutuhan terpenti di Desa-desa, namun yang terjadi adalah masih banyak Daerah yang belum memiliki Jalan yang Ideal untuk dilewati kendaraan seperti Sepeda Motor dan Mobil. begitu juga dengan sarana dan Prasarana lain seperti Jembatan dan lain sebagainya. hal itu menjadi hal yang langkah dibeberapa daerah yang ada di Indonesia. 
 
Semua itu selalu saja berhubungan dengan Kebijakan Pemerintah. didaerah terpencil, terkadang pemerintah sulit mengeluarkan kebijakan untuk membenahi sarana transportasi, karena mereka selalu berpikir tentang keuntungan-keuntungan yang lebi besar. padahal masyarakat terpencil juga memiliki hak yang sama untuk menikmati Sarana Transportasi yang disediakan oleh negara.

Dampak Positif Transportasi

Tentunya Jika Sarana dan Prasarana telah memadai baik yang di Kota ataupun di pedesaan, maka akan memiliki dampak Positif bagi pekrmbangan Ekonomi dan Sosial masyarakat. misalnya saja Jalan sebagai sarana Moda Transportasi bisa digunakan untuk keperluan Masyarakat desa untuk menjual hasil panen para petani. dan lain sebagainya. dengan kelengkapan Sarana dan Prasarana Transportasi tentu bisa menaikan pendapatan rata-rata masyarakat.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Masalah Transportasi di Indonesia
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/masalah-transportasi-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer