Membuat Denah Desain Rumah Minimalis

Posted by Taufick Max Kamis, 20 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Membuat Denah Desain Rumah Minimalis (layout)


Membuat Denah Desain Rumah Minimalis- Untuk menciptakan suasana tinggal yang tenang dan nyaman dalam suatu rumah tinggal, tentunya juga tidak lepas dari upaya penciptaan sebuah tata letak (layout) maupun hubungan antarruang yang sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan penghuni (semua anggota keluarga).jika anda membeli rumah dalam suatu lokasi perumahan, mungkin bentuk tata letak (layout) ruangan sudah ditentukan dan dirancang oleh pihak pengembang (developer).

Namun demikian anda sebenarnya tidak perlu terpaku oleh bentuk tata letak (layout) tersebut, karena anda bisa mengubahnya sendiri sesuai dengan kebutuhan, kegiatan dan aktivitas, maupun tuntutan gaya hidup (life style) keluarga anda.

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam membuat Denah Desain Rumah (layout) pada setiap Ruangan agar efisien dan bisa diperoleh suasan tinggal yang menyenangkan, tenang dan nyaman adalah sebagai berikut.

1.Letakkan ruang-ruang dengan fungsi dan sifat yang mirip dalam satu daerah (zone) yang sama. Misalnya teras, ruang tamu, dan garasai bisa di letakan di daerah public. Sedangkan ruang makan dan ruang keluarga maupun ruang santai/duduk bisa di letakan pada daerah semi public.

Untuk ruang-ruang yang membutuhkan ketenangan seperti ruang tidur utama, ruang tidur anak, ruang kerja, ruang pembantu dan lain-lain bisa anda letakan pada daerah tenang (private).

2.Letakan ruang-ruang utama sesuai dengan kebutuhan operasionalnya, misalnya prioritaskan ruang-ruang yang membutuhkan sinar matahari, sirkulasi udara (cross ventilation), dan akses langsung keluar masuk agar terletak di depan, belakang atau di samping jika lahan ruamh anda berbentuk hook.

3.Contoh aplikasi kasus tersebut misalnya untuk ruang tidur harus mendapatkan  sinar matahari dan sirkulasi udan dari luar secara langsung, garasi diletakan langsung dibagian depan agar agar mudah diakses dari jalan, kemudian diupayakan agar ruang tamu dan ruang keluarga bisa diakses langsung dari garasi. Untuk jenis ruang yang hanya memrlukan sirkulasi udara misalnya toilet (kamar mandi dan wc) Dan gudang bisa diletakkan pada  bagian tertentu yang tidak harus didepan.



4.Tempatkan ruang (space) pengikat diantara ruang-ruang utama agar bisa menciptakan suasana  kebersamaan yang akrab anata penghuni ruamh, misalnya tempatkan ruang makan dan ruang keluarga maupun ruang santai/duduk diantara ruang-ruang utama seperti ruang tidur.

5.Ciptakan kesan ruang saling terbuka antara ruang yang bisa digunanakan bersama (ruang keluarga, ruang makan, ruang duduk/santai) dengan tidak membuat sekat masiv diantara ruang-ruang tersebut. Sebagai pembatas antara ruang tersebut bisa digunakan jenis partisi tidak permanen, perabotan (furniture) seperti credenza atau meja dan furniture yang lain.

6.Agar tidak mengganggu ruang sirkulasi antara ruang satu dengan yang lain, maka batasi pintu pada ruang kemudian peletakannya jang menyilang, karena akan memakan ruang sirkulasi.

7.Batasi jumlah jendela seperlunnya saja sesuai dengan keperluan serta upayakan agar peletakan  jendela sebagai lubang ventelasi dan pencahanyaanny juga bisa memberikan ruang gerak yang luas.

8.Sediakan ruang khusus untuk sirkulasi yang cukup dan layak, agar tidak terjadi tabrakan/benturan (crossing) antaranggota keluarga maupun dengan orang lain ketika ada tamu.

9.Untuk menciptakan suasana makan dan istirahat yang tenang dan nyaman, maka tempatkan teras bagian samping atau belakang rumah tepat di belakang ruang makan dan ruang keluarga,agar pada saat makan tidak terganggu bunyi maupun udara yang kotor.

10.Jika rumah anda bertingkat, maka tempatkan tangga pada bagian yang mudah dilihat dan dijangkau dari segala arah. Upayakan agar keberadaan tangga tidak mengganggu salah satu ruang atau beberapa ruang disekitarnya (sesuaikan dengan bentuk dan ukurannya).



Demikianlah artikel tentang  ini tentang Membuat Denah Desain pada Rumah anda.Jika Anda memiliki tips – tips lain bagikanlah disini. Atau BAGIKAN TULISAN ini kepada yang lain. Semoga bermanfaat.

Baca Informasi Lainnya :



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Membuat Denah Desain Rumah Minimalis
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/membuat-denah-desain-rumah-minimalis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer