Ciri Ciri Desain Rumah Minimalis

Posted by Taufick Max Kamis, 20 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Ciri Desain Rumah Minimalis berdasarkan parameter elemen bangunan



Secara umum Desain Rumah Minimalis memiliki ciri khusus yang membedakan dengan jenis bangunan atau desain Rumah yang lain. Pada kesempatan ini kami akan membahas ciri Desain Rumah minimalis berdasarkan parameter elemen bangunan. Sebagai berikut :

1.Struktur bangunan dengan desain Minimalis

Desain struktur pada bangunan minimalis  memiliki nilai logis, tepat guna, dan tidak menjadikan struktur sebagai ornamentasi bangunan

2.Sirkulasi pada Desain Rumah Minimalis

Elemen sirkulasi sangat jelas . pola hubungan ruangnya pun jujur dan tidak memiliki kamuflase bentuk, sehingga selasar,koridor, ataupun arcade terlihat jelas dan langsung.

3.Fungsi Desain Minimalis pada Rumah

Penempatan fungsi direduksi sedemikian rupa sehingga hanya terdapat ruang – ruang inti dan tidak memeiliki kebutuhan akan hirarki ruang. Misalnya untuk kasus sebuah Desain rumah tinggal, yang menjadi intinya adalah Kamar Tidur, Ruang Keluarga, Dapur, dan kamar mandi. Jika salah satu ruang tersebut tidak ada maka fungsi bangunan tidak akan berjalan dengan baik dan tidak dapat dikatakan sebagai Rumah.

Sementara pada desain  Rumah – rumah di barat terdapat suatu Ruangan yang bernama Living room.  Didalam ruang ini fungsi Ruang tamu dan Ruang keluarga di satukan.

4.Dinding pembatas  pada Rumah Minimalis

 

Dinding pembatas pada Desain Rumah Minimalis menggunakan Dinding utuh, sebuah dinding yang biasanya tidak memiliki ornament atau corak yang ramai. Dinding didesain polos menggunakan satu warna. Jika diberi artikulasi berupa jendela, desainnya senada dan tidak jauh dari kesan geometric formil. Kaca yang berkesan ringan sering digunakan pada desain minimalis sebagai pembatas ruang,ukurannya besar, dan penuh membatasi Ruang.

5.Massa dan Material pada Desain Minimalis

Komposisi massa dalam Desain Rumah minimalis menggunakan bentuk geometric murni member kesan massif dan monolit.

Sedangkan material yang digunakan pada Rumah minimalis berasal dari local dan alami. Maksudnya diperoleh dari bahan yang tersedia di daerah di mana bangunan rumah di bangun.

Pada arsitek tradisional Indonesia pun tercermin sikap minimalis.Rumah – rumah tradisional menggunakan kayu karena material tersebut mudah didapatkan.

6.Cahaya pada Desain Rumah minimalis

Desain cahaya mencerminkan perbedaan kontras, tetapi berkesan dramatis. Cahaya dimainkan dalam komposisi sehingga menghasilkan efek jatuh bayangan yang indah

7.Tatanan dan Volume pada Desain rumah minimalis

Tatanan sebagai elemen artikulasi menunjukan repetisi atau pengulangan yang jelas sedangkan Volume pada Desain Minimalis yaitu bongkahan massa yang dikomposisikan menjadi suatu bangunan memiliki suatu proporsi yang jelas dan mencerminkan keutuhan bentuk

8.Lansekap pada desain rumah Minimalis

Pengolahan lansekap dalam Arsitektur Minimalis banyak dibuat sebagai elemen penting. Bangunan minimalis banyak digunakan sebagai vista terhadap elemen lansekap yang berada didalamnya. Lansekap dibuat menyatu dengan bangunan dan menonjolkan konsep minimalis seutuhnya.

Demikian Artikel Ciri Desain Rumah Minimalis , Jika anda memiliki pengetahuan lain tentang  Ciri Desain Minimalis anda bisa berbagi dengan kami melalui KOMENTAR anda di bawah ini.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ciri Ciri Desain Rumah Minimalis
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/ciri-ciri-desain-rumah-minimalis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer