Metode Manajemen Biaya Waktu dan Mutu Proyek

Posted by Taufick Max Rabu, 18 Desember 2013 0 komentar
Share on :

Metode Manajemen Biaya, Waktu, dan Mutu Proyek

Teknik Manajemen Biaya Proyek, Teknik Manajemen Mutu Proyek, Teknik Manajemen Biaya Proyek

 

Selamat datang kembali Para Civil Engineers semuanya. Jika sebelumnya kita telah Bahas tentang Manajemen Integrasi dan Lingkup Proyek   Maka Materi pembahasan Kita kali ini adalah Manajemen Biaya, Waktu, dan Mutu dalam Proyek Konstruksi. Tentu Setiap materinya memiliki Hubungan atau bisa dikatakan Sebelum kita membahas tentang Cara pengelolaan Biaya, waktu, dan Mutu, Maka Kita harus sudah lebih dahulu tahu Bagaimana Lingkup dalam Proyek dan hubungannya. Untuk itu Bagi anda yang belum baca Materi sebelumnya tentang Manajemen Integrasi dan Lingkup Proyek, mungkin bisa membacanya sebelum baca Materi ini.

Pengelolaan/Manajemen Biaya

Pengelolaan biaya meliputi segala kegiatan yang berkaitan dengan pengadaan dan pemakaian dana proyek, mulai dari proses memperkirakan jumlah keperluan dana, mencari dan memilih sumber dan macam pembiayaan, perencanaan serta pengendalian alokasi pemakaian biaya sampai pada akuntansi dan administrasi pinjaman/keuangan.

Manajemen Biaya Proyek, Pengelolaan Biaya Proyek Konstruksi
Proses Pengelolaan Biaya

Perencanaan Sumber Daya Proyek

Perencanaan sumber daya meliputi pengidentifikasian jenis dan kuantitas sumber daya (manpower, peralatan, dan material) yang diperlukan guna melaksanakan pekerjaan sesuai dan lingkup proyek. Output dari proses ini ialah catatan atau Daftar Jenis Sumber Daya yang diperlukan serta kuantitas masing-masing komponennya.

Perkiraan Biaya Proyek

Kuantitas dan jenis sumber daya diidentifikasi dilanjutkan dengan Estimasi Keperluan Biaya guna pengadaan sumber daya bersangkutan yang dinyatakan dalam satuan uang, misalnya rupiah. Mengadakan perkiraan biaya termasuk mengkaji atau menjadi alternatif terbaik dari segi biaya. Output dari proses ini adalah dokumen yang berisi Perkiraan Biaya Proyek beserta penjelasan yang diperlukan.

Penyusunan Anggaran Proyek

Penyusunan anggaran berarti memerinci Alokasi Biaya untuk masing-masing kegiatan, yang diintegrasikan dengan jadwal penggunaannya. Anggaran ini nantinya akan menjadi tolok ukur pengendalian kinerja kegiatan yang bersangkutan. Output dari proses ini adalah Dokumen Anggaran Biaya Proyek serta rencana penarikannya.

Pengendalian Biaya Proyek

Proses pengendalian biaya termasuk memantau dan mencatat apakah penggunaan biaya telah sesuai dengan perencanaan. Bila tidak sesuai, dicari sebabnya dan dievaluasi dampak yang mungkin terjadi serta diadakan koreksi. Output dari proses ini adalah Change Order dan Revisi Anggaran.

Teknik dan Metode

Dikenal banyak teknik dan metode pengelolaan biaya, di antaranya yang terpenting adalah sebagai berikut:
  • Mengkaji catatan masa lalu (data historis).
  • Menggunakan data bank, katalog, dan indeks harga.
  • Metode parametris, metode Lang, dan rumus Hirsch & Glazier.
  • Quantity take-off dan harga satuan.
  • Varians dan metode earned value.
  • Cost and schedule control system criteria.
  • Rekayasa nilai.

Materi Pengelolaan Biaya akan dibahas lebih Lengkap pada Materi Tersendiri yang terdiri dari Perkiraan Sumber Daya, Biaya dan Anggaran, serta proses dan Metode Pengendalian Biaya.

Manajemen Mutu proyek, Pengelolaan Mutu Proyek, Manajemen Mutu Konstruksi

Pengelolaan Waktu atau Jadwal

Waktu atau jadwal merupakan salah satu sasaran utama proyek. Keterlambatan akan mengakibatkan berbagai bentuk kerugian, misalnya penambahan biaya, kehilangan kesempatan produk memasuki pasaran, dan lain-lain. Pengelolaan waktu mempunyai tujuan utama agar proyek diselesaikan sesuai atau lebih cepat dari rencana dengan memperhatikan batasan biaya, mutu dan lingkup proyek.

Manajemen Waktu Proyek, Pengelolaan Waktu Proyek, Manajemen Jadwal Proyek, Pengelolaan Jadwal proyek
Proses Pengelolaan Waktu

Identifikasi Kegiatan Proyek

Proses pengelolan waktu diawali dengan mengidentifikasi kegiatan proyek agar komponen lingkup proyek WBS atau deliverables yang telah ditentukan dapat terlaksana sesuai dengan jadwal. Output dari proses ini ialah Daftar Kegiatan dan WBS.

Penyusunan Urutan Kegiatan Proyek

Setelah diuraikan menjadi komponen-komponennya, lingkup proyek disusun kembali menjadi urutan kegiatan sesuai dengan logika ketergantungan. Output dari proses ini ialah Jaringan Kerja Proyek.

Perkiraan Kurun Waktu Proyek

Setelah terbentuk Jaringan Kerja , masing-masing komponen kegiatan diberikan perkiraan kurun waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan yang bersangkutan. Output proses ini adalah jaringan kerja yang telah Memiliki Kurun Waktu dan Perkiraan Sumber Daya yang diperlukan untuk menyelesaikan kegiatan tersebut.

Penyusunan Jadwal proyek

Jaringan kerja yang masing-masing komponen kegiatannya telah diberi kurun waktu kemudian secara keseluruhan dianalisis dan dihitung kurun waktu penyelesaian proyek dan milestone yang merupakan titik penting dari sudut jadwal proyek. Output dari proses ini adalah Jadwal Induk, Milestone dan Jadwal untuk Pelaksanaan Pekerjaan di lapangan.

Pengendalian Waktu dan Jadwal proyek

Pengendalian waktu meliputi kegiatan yang berkaitan dengan pemantauan dan pengkoreksian agar "progres" pekerjaan proyek sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Output dari proses ini adalah Revisi Jadwal Induk, Milestone dan Jadwal Pekerjaan Lapangan.

Teknik dan Metode

Teknik dan metode yang berkaitan dengan pengelolaan waktu atau jadwal adalah sebagai berikut :
  • Bagan balok dan jaringan kerja (CPM, PERT, PDM) untuk menyusun jadwal dan menganalisis waktu penyelesaian proyek.
  • Data bank dan historical record untuk memperkirakan kurun waktu komponen kegiatan.
  • Resource leveling untuk meratakan penggunaan sumber daya.
  • Cost and shedule trade off untuk mencari jadwal yang ekonomis.
  • Simulasi, misalnya analisis Monte Carlo.
  • Fast tracking.
Salah satu teknik spesifik untuk Pengendalian Waktu Proyek adalah mengelola Float atau Slack pada Jaringan Kerja, serta konsep cadangan waktu (time reserved) yang diperkenalkan oleh D. H. Bush ( 1 9 9 1 ) Materi Pengelolaan Waktu dan Jadwal Kita akan membahasnya Pada Materi tersendiri.

Manajemen Waktu Proyek, Manajemen Jadwa proyek Konstruksi, Pengelolaan Waktu Proyek

Manajemen / Pengelolaan Mutu

Pengelolaan mutu meliputi kegiatan-kegiatan yang diperlukan agar hasil proyek memenuhi persyaratan, kriteria dan spesifikasi yang telah ditentukan. Agar suatu produk atau servis hasil proyek memenuhi syarat penggunaan, diperlukan suatu proses yang panjang dan kompleks, mulai dari mengkaji syarat yang dikehendaki oleh pemilik proyek atau pemesan produk, menyusun program mutu, dan akhimya merencanakan dan mengendalikan aspek mutu pada tahap implementasi atau produksi.

Manajemen Mutu Proyek, Pengelolaan Mutu proyek
Proses Pengelolaan Mutu

Program Pengelolaan Mutu

Program pengelolaan mutu menitikberatkan perencanaan sistematik suatu kegiatan yang bertujuan memberikan keyakinan (confidence) bahwa proyek akan dapat memenuhi standar mutu yang ditentukan. Program ini antara lain meliputi Identifikasi Kriteria dan Spesifikasi yang akan dipakai proyek, kemudian mengkaji relevansinya dengan standar yang telah dibakukan (established) dan membuat perencanaan perihal kebijakan kualitas dan mereview organisasi yang akan menanganinya. Output dari proses ini adalah Dokumen Policy Kualitas, Organisasi Pelaksanaan, dan Rencana Kerja.

Quality Assurance (QA)

Quality Assurance meliputi semua kegiatan dalam quality system yang bertujuan memberikan kepercayaan kepada semua pihak yang berkepentingan bahwa semua tindakan yang diperlukan untuk mencapai standar mutu proyek telah dilaksanakan dengan berhasil.

Quality Control (QC)

Quality Control meliputi semua kegiatan yang berhubungan dengan pemantauan dan pengkajian hasil proyek (baik hasil antara atau final) untuk menentukan apakah telah memenuhi persyaratan yang ditentukan, kemudian mengidentifikasi cara untuk menghilangkan sebab terjadinya penyimpangan. Output dari proses ini adalah Perbaikan (bila terjadi penyimpangan) dan Keputusan Persetujuan atau acceptance (bila sesuai dengan spesifikasi).

Teknik dan Metode

Teknik dan metode yang penting dalam pengelolaan mutu adalah sebagai berikut :
  • Destruction test .
  • Inspeksi dan uji coba kemampuan kinerja (performance test)
  • Control chart .
  • Pareto diagram .
  • Metode sampling
Materi Manajemen Mutu akan dibahas pada Materi Tersndiri yang terdiri dari Perencanaan, Penjaminan (QA), dan Pengendalian Mutu (QC)

Manajemen Waktu proyek, Manajemen Mutu proyek, manajemen biaya Proyek


Demikianlah Sekilas tentang Manajemen Biaya, Waktu, dan Mutu dalam Proyek. Materi Selanjutnya yaitu tentang Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Proyek. Jika anda Suka materi ini IKUTI Updetan Materi Berikut dengan KLIK FOLLOW.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Metode Manajemen Biaya Waktu dan Mutu Proyek
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/12/metode-manajemen-biaya-waktu-dan-mutu.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer