Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek

Posted by Taufick Max Sabtu, 21 Desember 2013 0 komentar
Share on :

Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek

Manajemen Pengadaan Proyek, Manajemen Kontrak Proyek, Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek Konstruksi
SALAM CIVIL ENGINEERs.Bertemu lagi dalam Kampus-Sipil.com ini dalam rangka mempelajari Ilmu Teknik Sipil, sehingga kita benar-benar menjadi ahli Rekayasa yang bisa bermanfaat bagi manusia-manusia yang lain.

Materi pada kesempatan ini yaitu tentang Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek. Materi ini sangat Berhubungan dengan Materi sebelumnya yang telah kita bahas, Yaitu Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi Silahkan anda membacanya. Oke kita langsung saja dalam Topik pembahasannya.

Pengelolaan pengadaan dan kontrak meliputi kegiatan yang berkaitan dengan usaha mendapatkan barang dan/ atau jasa dari pihak luar untuk proyek. Bila kontraktor utama berfungsi sebagai pelaksana, maka pihak luar tersebut dapat terdiri dari Subkontraktor, Rekanan, Konsultan dan lain-lain. Untuk maksud tersebut diadakan ikatan seperti Kontrak Jasa, Pembelian, Bantuan Teknis, dan lain-lain. Proses pengadaan dan kontrak terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut :

Proses Manajemen Kontrak proyek, Proses Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa proyek
Proses Manajemen Pengdaan dan Kontrak

Perencanaan Pengadaan

Proses ini diawali dengan mengidentifikasi Jasa, Material, dan Peralatan yang diperlukan proyek dan diteruskan dengan membuat spesifikasi dan kriteria. Output dari langkah ini adalah Kebijakan Pengadaan dan Lembaran yang berisi Daftar Material dan Jasa yang akan diadakan, berikut perkiraan jadwal yang diperlukannya. Pada tahap ini juga disusun kebijakan pengadaan yang antara lain merumuskan Policy dan Prosedur tentang Persetujuan, Sole Source, Lelang, dan lain-lain.

Manajemen Pengadaan Barang dan Kontrak

Penyiapan Dokumen Kontrak dan Lelang

Dokumen utama untuk proses pengadaan terdiri dari dokumen lelang yang memuat Undangan Lelang, Rancangan Kontrak dan Kriteria Seleksi. Output dari langkah ini adalah Paket Lelang atau RFP.

Manajemen Dokumen Kontrak Proyek Konstruksi

Proses Lelang

Selanjutnya, melalui proses lelang dan negosiasi terjadilah akuisisi yang ditandai dengan penandatanganan kontrak. Output dari langkah ini adalah Dokumen Proposal dan Kontrak.

Manajemen Pengadaan Proyek Konstruksi

Administrasi Kontrak

Administrasi kontrak meliputi kegiatan-kegiatan yang bertujuan agar proses dan kinerja pengadaan memenuhi pasal-pasal yang tercantum dalam kontrak. Output dari langkah ini adalah Penyerahan dan Penerimaan Deliverable, Change Order, dan Pembayaran.

Lingkaran Manajemen Kontrak Proyek, Manajemen Pengadaan Barang dan Jasa

Teknik, Metode, dan Prosedur

Dikenal berbagai teknik, metode, dan prosedur pengelolaan pengadaan, antara lain :
  • Analisis sewa atau beli.
  • Pemi lihan jenis kontrak.
  • Metode seleksi (kontraktor, subkontaktor, konsultan).
  • Jenis cara pembayaran .
  • Pengendalian perubahan .
  • Audit keuangan dan kinerja

Manajemen pengadaan dan kontrak Proyek ini akan dibahas secara Mendetail Pada Materi berikutnya  yang terdiri dari Penyusunan Proposal proyek, Administrasi Kontrak dan Keuangan, serta Audit Proyek.

Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa, Pengelolaan Kontrak Proyek Konstruksi


Demikianlah Sekilas tentang Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek. Jika anda menyukai Materi ini Anda bisa IKUTI Updetan materi terbaru Melalui Facebook. Materi Berkut yaitu mengenai Manajemen Komunikasi dalam proyek Konstruksi.

Klik FOLLOW.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/12/manajemen-pengadaan-dan-kontrak-proyek.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer