Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi

Posted by Taufick Max Jumat, 20 Desember 2013 0 komentar
Share on :

Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi

Manajemen Resiko Proyek
Manajemen Resiko
Salam Civil Engineers, Bertemu lagi dalam Kampus-Sipil.com ini dalam rangka mempelajari lebih Jauh tentang Ilmu Teknik Sipil. Pada kesempatan ini yang menjadi Materi pembahasan kita yaitu Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi. materi ini berhubungan dengan Materi yang sudah kita bahas pada waktu sebelumnya yaitu Tentang Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Proyek. Oke Langsung saja Pembahasannya.

Dalam konteks proyek, pengelolaan risiko meliputi identifikasi secara sistematis jenis, besar, dan sumber risiko selama Siklus Proyek, penyiapan tanggapan yang tepat dalam arti meningkatkan segi positif dan menurunkan dampak negatif yang mungkin timbul, selanjutnya pemantauan dan pengendalian terhadap pelaksanaannya.

Pengelolaan Resiko Proyek

Contoh untuk ini adalah disediakannya kontinjensi dalam Aspek Biaya dan Jadwal. Jadi, di sini pengelolaan bersifat proaktif dan bukannya reaktif yang menunggu sampai terjadinya persoalan yang sulit diatasi. Sistematika proses pengelolaan risiko terlihat Pada Gambar dibawah ini :

Manajemen Resiko Proyek Konstruksi
Proses Manajemen Resiko Proyek

Identifikasi dan Klasifikasi Resiko

Kegiatan ini terdiri dari identifikasi segala kemungkinan terjadinya risiko yang memiliki dampak yang berarti terhadap keberhasilan proyek. Kemudian diadakan klasifikasi agar pengelolaannya dapat sistematis dan tepat. Output dari langkah ini adalah Pengenalan Sumber Resiko, Sifat Resiko, serta Potensi terjadinya risiko.

Klasifikasi Manajemen resiko proyek

Kuantifikasi Resiko

Setelah mengidentifikasi risiko selama siklus proyek secara menyeluruh, langkah selanjutnya adalah mengadakan Analisis dan Penilaian secara Kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan terhadap proyek dan tingkat kemungkinan atau probabilitas terjadinya. Output dari langkah ini adalah Kuantifikasi Risiko serta Dimensi Dampak yang ditimbulkan.

Manajemen Resiko Proyek Konstruksi

Tanggapan terhadap Resiko

Tanggapan yang dimaksud ialah usaha-usaha, perencanaan dan strategi dalam kaitannya dengan ancaman. Ini dapat berupa :
  • Menghindari atau menghilangkan ancaman yang bersifat khusus.
  • Mengurangi nilai risiko, misalnya dengan menurunkan kemungkinan terjadinya permasalahan yang bersangkutan.
  • Menerima risiko, misalnya dengan menyiapkan kontinjensi.
Output dari langkah ini adalah dokumen yang berisi perencanaan manajemen untuk menanggapi risiko proyek, seperti menutup asuransi, menyiapkan kontinjensi, cadangan dan mencantumkan dalam kontrak pasal yang mengatur sharing hila timbul risiko.

Pengendalian Resiko Proyek Konstruksi

Program Pemantauan dan Pengendalian

Langkah ini bermaksud memantau dan mengawasi pelaksanaan penanganan risiko yang telah digariskan di butir ke 3. Output dari langkah ini adalah Tindakan Koreksi terhadap penyimpangan dan Revisi Program Pemantauan.

Di samping langkah-langkah di atas, perlu pula menyiapkan dokumen untuk mengumpulkan catatan risiko yang terjadi, sebab-sebab dan penanganannya. Dokumen tersebut akan merupakan data base bagi evaluasi yang berkelanjutan untuk proyek yang sedang ditangani ataupun yang akan datang.

Pengukuran Manajemen Resiko Proyek
Pemantauan Resiko Proyek

Teknik dan Metode

Teknik dan metode yang lazim dipakai untuk pengelolaan risiko adalah ;
  • Simulasi, misalnya simulasi Monte Carlo untuk melihat kemungkinan melesetnya suatu jadwal.
  • Metode berdasarkan ilmu statistik, terutama untuk melihat distribusi probabilitas perkiraan biaya dan lain-lain.
  • Decision tree.
  • Pengadaan kontrak dan penutupan asuransi.
  • Penyediaan kontinjensi.
Pengelolaan Manajemen Resiko Proyek

Pembahasan pengelolaan risiko disajikan ini, akan di Bahas secara Mendetail pada Materi berikut yang terdiri dari identifikasi dan klasifikasi risiko, tanggapan dan pengendalian risiko, serta kuantifikasi risiko dan tingkat kerumitan proyek.

Demikianlah sekilas Pembahasan Kita tentang Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi. Jika anda Menyukai Materi ini, Bisa anda IKUTI Updetan Materi Berikutnya Tentang  Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek Konstruksi.

Klik FOLLOW untuk Update Info


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/12/manajemen-resiko-dalam-proyek-konstruksi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer