Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek

Posted by Taufick Max Jumat, 20 Desember 2013 0 komentar
Share on :

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Proyek

Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Proyek
Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Proyek
Salam Civil Engineers. Pembahasan kita pada Kesempatan ini yaitu tentang Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Proyek. Materi ini berhubungan dengan materi sebelumnya yang telah kita bahas yaitu Metode Manajemen Biaya, Waktu, dan Mutu Proyek.

Satu jenis pengelolaan yang mungkin tersulit adalah pengelolaan sumber daya manusia. Pengelolaan ini bertujuan untuk mengupayakan penggunaan secara efektif sumber daya manusia proyek. Pengelolaan ini dimulai dari inventarisasi kebutuhan, merekrut atau mengajukan keperluan, menyusun organisasi, membentuk tim, serta mempraktekkan cara kepemimpinan yang sesuai dengan tuntutan kegiatan proyek. 

Dalam kaitan ini pimpinan proyek diharapkan menguasai aspek motivasi, perilaku hubungan antarmanusia dan kecakapan penanganan konflik (conflict management) fungsi kepemimpinan. Hal ini dilakukan mengingat otoritas formal pimpro umumnya relatif terbatas serta siklus proyek amat singkat.

Proses Pengelolaan Sumber Daya Manusia, Manajemen Sumber daya Manusia dalam Proyek
Proses Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Proyek

Perencanaan Organisasi Proyek

Proses perencanaan organisasi meliputi identifikasi lingkup kerja proyek, inventarisasi keperluan personil, kemudian penentuan tugas dan tanggung jawab, peranan serta jalur pelaporan anggota atau kelompok yang akan menangani proyek. Untuk proyek E-MK, perencanaan organisasi biasanya digolongkan menjadi organisasi kantor pusat (head office) dan lapangan. Output dari langkah ini adalah bagan struktur organisasi proyek, uraian tugas bagi posisi-posisi penting atau kunci, serta perencanaan pengisian personil.

Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek Konstruksi
Penentuan Tugas dan tanggung Jawab

Pengisian Personil proyek

Pengisian personil terdiri dari kegiatan mencari, menyeleksi dan melatih personil proyek yang akan ditugaskan di kantor pusat ataupun lapangan. Personil proyek dapat berasal dari induk organisasi atau dari luar, misalnya konsultan atau kontraktor. Output dari langkah ini adalah tersedianya personil proyek yang siap untuk diberikan tugas sesuai dengan rencana.

Penentuan Tenaga Kerja Dalam Proyek, Perekrutan Tenaga Kerja
Perekrutan tenaga Kerja dalam Proyek

Pembentukan Tim Proyek

Pembentukan tim merupakan proses yang amat penting dari segi pengelolaan sumber daya manusia proyek. Proses ini bermaksud meningkatkan kecakapan dan kinerja personil dan kerja sama dalam tim guna melaksanakan kegiatan proyek. Langkah ini dianggap penting karena mereka (personil) proyek umumnya datang dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda. Lebih-lebih bila proyek bekerja dengan organisasi matriks yang memiliki dua jalur pelaporan. Output dari langkah ini adalah terbentuknya tim proyek yang semakin lama semakin meningkat kinerjanya.

Tim Kerja dalam Proyek  Konstruksi
Kerja sama Dalam proyek

Teknik dan Metode

Teknik dan metode pengelolaan sumber daya manusia meliputi :
  • Penggunaan teori umum organisasi dan manajemen.
  • Penggunaan kebijakan dan prosedur perusahaan yang bersangkutan.
  • Pengadaan metode kontrak jangka pendek untuk merekrut personil.
  • Pelatihan dan kursus untuk meningkatkan efektivitas tim.
Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek


Demikianlah Sekilas tentang Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Proyek. Pembahasan tentan Manajemen Sumber Daya Manusia akan dibahas pada materi Penyusunan Organisasi Proyek dan Pembentukan Tim Kepemimpinan Proyek.

Jika anda Menyukai Materi ini, Bisa Anda IKUTI Updetan Materi Berikut melaui Facebook. yang akan membahas tentang Manajemen Resiko dalam Proyek Konstruksi.
KLIK FOLLOW


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manajemen Sumber Daya Manusia Proyek
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/12/manajemen-sumber-daya-manusia-proyek.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer