Cara Download Jurnal Teknik Sipil Gratis

Posted by Taufick Max Senin, 16 Desember 2013 0 komentar
Share on :

Cara Download Jurnal Teknik Sipil Gratis

Download Daftar Jurnal Teknik sipil, Jurnal Manajemen Proyek, Transportasi Jurnal

 

Salam Civil Enginers semuanya, pada pembahasan kita pada kali ini yaitu tentang Cara Medownload Jurnal Teknik Sipil secara Gratis. Tentang Jurnal Teknik Sipil ini kita telah bahasa sebelumnya pada materi Cara mendapatkan Jurnal Teknik Sipil Nah sekarang hanya sekedar menambah cara-cara yang lainnya, agar bagi anda yang sementara pengen menulis Jurnal Teknik Sipil bisa mendapatkan Contoh-contohnya sebagai referensi dan panduan anda.

Definisi Jurnal Teknik Sipil

Secara Umum Definisi Jurnal yaitu Catatan atau majalah yang dipakai untuk menjelaskan suatu bidang ilmu tertentu yang diterbitkan secara berkala.

Sementara Definisi tentang Jurnal disini dimaksudkan sebagai Jurnal Ilmiah khususnya dibidang Ilmu Teknik Sipil yang diterbitkan secara berkala oleh institusi tertentu yang memiliki kewenangan melakukan akreditasi tersebut.

Jurnal Teknik Sipil

Akreditasi Jurnal Teknik Sipil

Untuk melakukan Akreditasi Jurnal, di Indonesia ada dua Insitusi atau lembaga yang memiliki kewenangan. Yaitu :
  1. LIPI ( Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ) bertugas melakukan akreditasi Untuk Lembaga Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Instansi tertentu.
  2. DIKTI (Direktorat Pendidikan Tinggi) yang berwenang memberi akreditasi pada jurnal yang diterbitkan oleh sebuah perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri.
LIPI telah melaksanakan Akreditasi Majalah Ilmiah atau Jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga penelitian instansi seluruh Indonesia sejak Tahun 1975.

Dalam Bentuk Penilaian terdapat sedikit perbedaan antara LIPI dan DIKTI dimana LIPI dalam melakukan akreditasi melakukan klasifikasi berdasarkan NILAI A, B, dan C. sementara DIKTI mengklasifikasikan menjadi Dua bentuk penilaian yaitu A atau Sangat Baik dan B atau Baik.

Namun untuk Jurnal Teknik sipil yang kita bahas disini hanya mengacu pada Jurnal yang diterbitkan oleh Perguruan tinggi. sehingga Pembahasannya hanya mengacu pada bentuk dan metode akreditasi yang dilakukan Oleh DIKTI

Metode Penting yang dipakai Untuk Penilaian Akreditasi Oleh DIKTI yaitu : 

Keterlibatan Mitra Bestari. 

Penelaah Jurnal Tidak termasuk Anggota Dewan Direksi

Evaluasi dilakukan secara ketat.

Evaluasi dilakukan secara ketat agar Jurnal atau makalah yang dihasilkan bisa lebih berkualitas secara Ilmiah sehingga mampu menjadi acuan pengembangan Ilmu dan Teknologi.

Penampilan dan Format Jurnal selalu Konsisten

Jurnal yang dicetak harus memiliki Format dan penampilan yang selalu konsisten. Mulai dari Penomoran, sistematika penulisan/Pengaturan Bab dan Sub Bab, Penulisan Referensi, Pembuatan Tabel dan Gambar, Penomoran halaman, Penempatan Gambar, dan Penulisan Istilah. selain itu Desain Cover dan ketebalan Jurnal harus konsisten dan memiliki ciri khas.

Waktu Penerbitan Jurnal

Waktu penerbitan Jurnal harus sesuai dengan perencanaan dan jadwal yang telah dilakukan secara rutin.

Pendukung Jurnal

Yang dimaksudkan dengan pendukung Jurnal yaitu bagian-bagian yang penting dalam Jurnal. diantanya Halaman Editorial, Info penulis, daftar Isi Jurnal, Indeks Pengaran dan Subjek, ISSN, Abstrak Jurnal, dan Kata Kunci Jurnal.

Pendistribusian Jurnal

Setelah ke lima hal diatas yang terakhir adalah Pendistribusian Jurnal, yaitu Menyebarkan Jurnal Teknik Sipil yang telah diterbitkan agar bisa dibaca oleh orang lain. Dan Juga Kewajiban mengirimkan Jurnal Teknik Sipil ke Perpustakaan nasional dan Juga LIPI. Kemudian Bukti Pengiriman Jurnal Teknik Sipil perlu di copy untuk keperluan pengajuan akreditasi.

Cara membuat Jurnal Teknik Sipil

Untuk cara membuat Jurnal Teknik sipil, lebih lengkapnya anda bisa baca pada Tulisan sebelumnya yaitu cara mendapatkan Jurnal teknik Sipil. Namun intinya Jurnal teknik sipil yang dibuatkan harus bersifat ilmiah dan harus sesuai dengan Kaidah-kaidah Penelitian Ilmiah.

Seperti karya-karya Ilmiah yang lainnya yang semuanya dimulai dengan suatu persoalan yang kita hadapi dilapangan ataupun dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya berhubungan dengan Teknik sipil. Apakah itu Manajemen Proyek Konstruksi, Transportasi, Ilmu Struktur, Keairan, Lingkungan dan lain sebagainya.

Dari Masalah tersebutlah semuanya kita mulai, langkah selanjutnya sama dengan penulisan skripsi kita mengidentifikasi dan merumuskan masalah, sehingga kita benar-benar paham apa Masalahnya kemudian tahu bisa menarik hipotesa dan menuntukan apa yang menjadi Tujuan Penelitian atau penulisan Jurnal Teknik sipil, yang intinya memberikan solusi pada masalah yang telah kita rumuskan tersebut.

Jurnal Teknik Sipil

Cara mencari Contoh Jurnal Teknik Sipil

Pada materi sebelumnya tentang cara mendapatkan Jurnal Teknik Sipil telah disebutkan cara-caranya, dimana kita bisa mendapatkan contoh Jurnal Teknik Sipil. Untuk itu disini saya hanya sekedar menambahkan saja cara-cara lain untuk mendapatkan Jurnal Teknik Sipil.

Pada Perguruan Tinggi

Semua Perguruan Tinggi pasti memiliki banyak Contoh Jurnal Teknik Sipil yang telah diterbitkan, tentu Perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Teknik sipil dan bidang penerbitan Jurnal.

Selain itu Masing-masing perguruan tersebut memiliki Website yang tentu saja bisa memuat Contoh-contoh Jurnal Teknik Sipil yang bisa anda Download. Namun biasanya anda harus memiliki akses untuk masuk alias menjadi Member dari website tersebut. Jika anda sulit menjadi anggota pada website Perguruan tinggi tertentu karena anda bukan menjadi bagian dari mahasiswa perguruan tinggi. maka anda harus banyak bergaul dengan mahasiswa perguruan tinggi dimaksud, agar bisa meminta bantuannya.

Melalui Lembaga LIPI, Perpusatakaan Nasional  dan DIKTI

Ada banyak Contoh Jurnal Teknik Sipil yang ada Di LIPI dan  DIKTI, serta Perpustakaan Nasional. anda bisa mengunjungi langsung atau melalui websitenya. Jika mengalami kesulitan mendapatkannya, Maka itu berarti anda belum memanfaatkan Sumber Daya anda sebagai Mahasiswa Teknik Sipil. *Senyum*

Mencari Melalui Internet.

Untuk mencari melalui Internet ada berbagai macam strategi. hal yang pertama yaitu anda bisa ke Search enggine, apakah itu Google, yahoo, Msn, dll.selanjutnya mengetik kata kunci secara spesifik.

Sebagai contoh jika anda ingin mencari Jurnal teknik Sipil tentang Manajemen Konstruksi, maka anda bisa membaginya secara mendetail misalnya Tentang "Rekayasa Nilai Konstruksi". Nah kata Kunci inilah yang akan ketikan di search Enggine yaitu "Jurnal Rekayasa Nilai Konstruksi". Jika Contoh Jurnal yang anda cari dalam bahasa inggris maka anda tinggal menyesuikan katanya saja.

Disini saya akan membagi Informasi tentang cara Mengetikan kata kunci Jurnal teknik Sipil di Serach Enggine Google.

Cara menuliskan kata Kunci yaitu :

1. Penulisan Keyword dengan tanda Kutip ("") 
Contoh : "Jurnal Rekayasa Nilai Konstruksi"

2. Penulisan Keyword dengan menetik Kode "inurl"
Contoh : inurl:jurnal rekayasa nilai konstruksi

3. Penulisan Keyword dengann Kode "Allinurl"
Contoh : allinurl:Jurnal Rekayasa Nilai Konstruksi

4. Penulisan Keyword dengan Kode "Allintext"
contoh : allintext : Jurnal Rekayasa Nilai Konstruksi

5. Penulisan Keyword dengan Kode "Allintitle"
Contoh : allintitle : Jurnal Teknik Sipil

6. Penulisan Keyword dengan Kode "intext/inurl/intitle
Contoh : intext : Jurnal Teknik Sipil

Jika dalam pencarian anda tidak menemukannnya, maka anda bisa mengganti kata kuncinya yang sejenis atau mirip. Misalnya Jurnal Rekayasa atau Jurnal Nilai Konstruksi. dan sebagainya. Silahkan berkretifitas.

Kode diatas bisa anda manfaatkan untuk mencari data-data yang lain. misalnya Buku Teknik sipil, Skripsi Teknik Sipil, dan lainnya.

Mungkin itu saja materi Cara Download Jurnal Teknik Sipil, Anda bisa membaca Materi sebelumnya yaitu tentang Belajar Teknik Sipil Itu Hebat.dan Cara Mendapatk Jurnal Teknik Sipil  atau anda bisa mengikuti Materi berikutnya yaitu tentang Cara mendapatkan Lowongan Kerja Teknik Sipil"

Jika anda Munyukai Artikel ini anda bisa Ikuti Updatennya melalui Facebook.

KLIK FOLLOW.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Download Jurnal Teknik Sipil Gratis
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/12/cara-download-jurnal-teknik-sipil-gratis.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer