Macam Macam Software Teknik Sipil

Posted by taufick max Sabtu, 02 Februari 2013 29 komentar
Share on :

Macam Macam Software Teknik Sipil

Software Teknik Sipil

Ada Bebagai Macam Alat Bantu atau Software Teknik Sipil yang tersedia saat ini. dimana akan membantu Pekerjaan Teknik sipil melalui bantuan Komputer. meskipun Sebagai Seorang Ir. Teknik Sipil akan terbantu dengan adanya Software Teknik Sipil namun harus dibarengi dengan pengetahuan untuk memakai Software Teknik Sipil tersebut.

Software Teknik Sipil yang tersedia saat ini itu berdasarkan jenis pekerjaan apa yang kita buat. dan berdasarkan Perkembangan Teknologi saat ini banyak para programer yang sudah menciptakan Software Teknik Sipil  berdasarkan Jenis Pekerjaan Sipil yang ada. Baik untuk Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Struktur, Pekerjaan Teknik Sipil di Bidang Transportasi, dan dibidang-bidang yang lainnya.

Maanfaat Software Teknik Sipil

Seperti yang disebutkan diatas Software Teknik Sipil tentu akan Memudahkan Para Civil Enggginering dalam Melakukan Pekerjaan. dizaman dahulu orang Mendesain sebuah bangunan membutuhkan Waktu yang lama karena Menggambar bangunan tersebut dilakukan secara manual, namun saat ini hanya butuh waktu yang singkat untuk menciptakan sebuah desain Bangunan yang diinginkan, hal itu disebabkan karena bantuan Software. Begitu juga dengan perhitungan struktur saat ini sudah membutuhkan waktu yang singkat jika dibandingkan dengan menghitung secara manual.

Berikut ini saya akan Membahasa Jenis Software apa saja yang biasa dipakai Dalam Dunia Teknik Sipil.

Software Teknik Sipil yang dipakai Untuk Menggambar Bangunan atau Desain Arsitektur.

Software Google Sketchup

Software Teknik Sipil Autodesk
Google Sketchup adalah sebuah produk dari Google yang bisa diperoleh dengan Gratis untuk mendesain bangunan Arsitektur. Penggunaan Software Sketchup ini lebih mudah dan praktis, hanya dengan Push and Pull dan beberapa Trik lain maka Bangunan yang anda inginkanpun bisa anda gambar melalui Komputer.

Software Autocad

Selain Sketchup biasanya untuk Menggambar Bangunan didunia Teknik Sipil juga sering menggunakan AutoCAD, pada prinsipnya Antara AutoCad dan Sketchup itu sama-sama berfungsi untuk mendesain bangunan. Pada AutoCad kita bisa menggambar dengan dua demensi ataupun 3 dimensi.

Software SweetHome3D

Program ini juga bisa digunakan untuk menggambar Bangunan, banguna yang sering didesain jika menggambar menggunakan SweetHome3D hanyalah Bangunan Rumah tingal. karena Fitur yang sediakan secara spesifik hanya mengenai Rumah Tinggal. Software ini seperti Google Sketchup, banyak material yang sdh disidiakan jika anda mau menggambar Rumah menggunakan Software ini.

Software Mini Cadviewer

Sama halnya dengan SweetHome3D maka MiniCadviever juga bisa kita manfaatkan untuk mengggambar bangunan dengan Fasilitas yang diciptakan oleh progamer membuat Software ini sangat mudah untuk digunakan.

Software Home Plan Pro

Seperti dengan namanya maka Software ini khusus digunakan untuk mendesain bangunan Rumah. cara kerjanya juga tidak jauh berbeda dengan SweetJome3D dan MiniCadviewer.

Software 3D Max

Selain Software untuk mendesain Bangunan diatas maka 3D Max juga memiliki fungsi yang sama, namu keunggulan dari Software 3D Max ini adalah bisa menerima File dari Autocad dan Software lain serta Cara melakukan Finishing menggunakan 3D Max lebih halus.

Semua Software Teknik Sipil tentang Mendesain Bangunan diatas memiliki Keunggulan masing-masing. dan sebenarnya masih banyak Software Teknik Sipil lain yang bisa digunakan untuk Mendesain Bangunan. namun Software Teknik Sipil diataslah yang sering dugunakan.

Software Teknik Sipil di Bidang Struktur

Software EngiLab Beam 2D

Software Analisis Struktur Metoda Matriks Kekakuan yang saat ini sudah mulai digunakan untuk perhitungan struktur. kita bisa melakukan settingan sehingga penggunaan software ini menggunakan bahasa Indonesia.

Software SAP 2000

Sap2000 juga merupakan software yang sering digunakan di Pekerjaan Teknik Sipil khususnya perhitungan Struktur bangunan yang mau dirancang. misalnya untuk menghitung momen, Jumlah Tulangan yang akan dipakai pada perencanaan Beton bertulang, dan dimensi dari tulangan tersebutpun bisa direkayasa dari perencanaan dengan menggunakan Software Sap2000

Software  Teknik Sipil ETABS

Selain Sap2000 Software Teknik Sipil bidang Struktur lainnya yaitu Software Etabs, fungsinya tidak terlalu jauh berbeda dengan Sap2000 yaitu pada prinsipnya cara kerjanya yaitu  untuk menghitung dan mendesain Kekuatan Konstruksi yang akan dibangun. baik Jenis Tulangan dan sebagainya.

Software Teknik Sipil TDS-302

Program bantu laboratorium struktur untuk membaca hasil test struktur (structural testing) secara otomatis dengan menggunakan data logger TDS-302 ex Jepang dan computer notebook dengan Serial connection. Pada layar komputer akan terlihat secara real time 4 grafik secara simultan dan tabel pembacaan lengkap. Hasil pembacaan mentah maupun berskala disimpan secara realtime kedalam file untuk diproses lebih lanjut.

Software Teknik Sipil SUTFoundation. v.1.0

SUTFoundation. v.1.0 adalah sebuah program komputer untuk analisis dan desain pondasi

Software Civil Lab. Pro V 1.00

Adalah program yang digunakan untuk menghitung dan melaporkan hasil pengujian mekanika tanah dalam tabel dan grafik

Software Teknik Sipil UCAM-70A

Program bantu laboratorium struktur untuk membaca hasil test struktur (structural testing) secara otomatis dengan menggunakan data logger UCAM-70A dan computer notebook dengan Serial connection. Pada layar komputer akan terlihat secara real time 4 grafik secara simultan dan tabel pembacaan lengkap. Hasil pembacaan mentah maupun berskala disimpan secara realtime kedalam file untuk diproses lebih lanjut. Telah digunakan di Lab Struktur dan Gempa ITB Bandung.

Software Teknik Sipil SANSPRO V.4.7

Program Komputer terpadu untuk pemodelan, analisis, disain, penggambaran, dan perhitungan volume dan biaya struktur gedung dan struktur lainnya. Untuk baja dan beton. Dapat input model dari Autocad dan menghasilkan gambar ke Autocad. Gambar 3D dalam format VRML dapat dihasilkan dengan cepat. Menggunakan multiple windows/views, garis as arah X,Y, construction lines, tersedia berbagai mesh generator. Disain fundasi footing dan tiang secara otomatis. Sangat mudah digunakan dan terbukti lebih cepat 2x dari ETABS V.8.0 dalam keseluruhan proses dari awal sampai selesai (pengalaman di berbagai konsultan struktur di Jakarta yang telah terbiasa menggunakan ETABS V.8.0 dan pindah ke SANSPRO V.4.7)

Software Teknik Sipil REBARM

Rebar Bending Schedule untuk 40 macam type tekukan baja. Interactive input dan disertai ilustrasi bentuk tekukan.

Software Teknik Sipil PWRLINE

Program untuk menghitung beban pada menara transmisi tegangan PLN secara otomatis. Beban angin, beban kondisi layan, beban kondisi putus / broken condition. Untuk Suspension dan Tension Tower. Laporan lengkap untuk siap dicetak. Telah digunakan oleh banyak pabrik tower dan konsultan di Indonesia untuk projek Menara PLN di seluruh Indonesia.

Software Teknik Sipil DYNAX

Program Analisis Time History untuk Struktur Rangka dengan Viscous-Elastic Damper. Dibuat untuk PAU Rekayasa - ITB. Dapat menangani beban impact load, harmonic load, response spectrum, acceleration. Untuk keperluan riset analisis dinamik dan uji banding dengan lab test.

Software Teknik Sipil TREMOR

Program untuk analisis data Test Micro-Tremor. Perilaku getaran struktur akibat beban dinamik yang kecil seperti lalu-lintas jalan raya atau kereta api atau getaran buatan dapat direkam dengan alat Micro-Tremor yang peka. Periode getaran alamiah bangunan dapat dihitung dengan menggunakan Fast Fourier Transform (DFT). Spectrum dan Grafik dapat ditampilkan dan dicetak dilayar. Dibuat untuk Lab Struktur dan Gempa Puskim Bandung.

Software Teknik Sipil OWERGEN

Steel Tower 3D Model Generator. Cukup 10 baris data per tower 3D. Block oriented modelling, dapat mengubah dan memeriksa hasil disain per block tower. Sangat mudah digunakan. Satu tower dapat selesai didisain dari awal dalam 10-30 menit. Telah digunakan oleh banyak pabrik tower dan konsultan telekomunikasi terkemuka di Indonesia untuk projek Menara Radio Pos, Menara GSM, dan Menara PLN di seluruh Indonesia.

Software Teknik Sipil STEELCON

Program untuk merencanakan sambungan baja. Tersedia 7 macam sambungan: Shear connection, smi-rigid and rigid connection. Beam-girder, Girder-Colum, Roof top. Limit State disain. Berdasarkan disain code ASD-89. Laporan lengkap siap untuk dicetak.

Software Teknik Sipil RETWALL

Program untuk merencanakan Concrete Cantilever Wall secara otomatis. Beban tekanan tanah, tekanan air, uplift, berat sendiri akan dihitung secara otomatis. Momen maksimum dihitung berdasarkan tabel pelat. Sangat mudah digunakan. Cukup memasukkan parameter yang diperlukan. Output berupa tebal pilecap dan tulangan yang dibutuhkan.

Software Teknik Sipil FOOT

Program untuk merencanakan fondasi telapak secara otomatis. Untuk uniaxial/biaxial bending. Sangat mudah digunakan. Cukup memasukkan parameter yang diperlukan. Output berupa tebal pilecap dan tulangan yang dibutuhkan.

Software Teknik Sipil PURLIN

Program bantu untuk menghitung gording baja secara ekonomis dan cepat. Cukup memasukkan sudut atap, bentang dan jarak gording/portal, maka daftar gording yang memenuhi syarat akan dikeluarkan berikut stress dan lendutan maksimumnya. User tinggal memilih yang paling ekonomis diantaranya dan kemudian akan dihasilkan laporan lengkap perhitungannya yang siap dicetak dan disisipkan dalam laporan perencanaan struktur. Cukup 5 menit per type gording.

Software Teknik Sipil BASEMENT

Program untuk mendisain dinding dan lantai basement 1 tingkat secara otomatis. Beban tekanan tanah, tekanan air, uplift, berat sendiri akan dihitung secara otomatis. Momen maksimum dihitung berdasarkan tabel pelat. Sangat mudah digunakan. Cukup memasukkan parameter yang diperlukan. Output berupa tulangan yang dibutuhkan.

Software Teknik Sipil PILECAP

Program untuk mendisain pilecap secara otomatis. Untuk tiang segitiga, kotak, pipa/spun dan bulat. Efek grup dapat dimasukkan. Momen rencana maksimum dihitung berdasarkan berbagai konfigurasi pile. Sangat mudah digunakan. Cukup memasukkan parameter yang diperlukan. Output berupa tebal pilecap dan tulangan yang dibutuhkan.

Software Teknik Sipil NPILE

Program untuk mengolah data Test Sondir dan SPT Borlog untuk mendapatkan kapasitas pondasi tiang pancang dan bored pile dengan berbagai metode statik dan dinamik.

Software Teknik Sipil DSGWIN

Program untuk menghitung kapasitas satu penampang beton untuk balok, pelat, kolom bulat, kolom persegi, dan penampang lainnya untuk compression/tension, uniaksial bending, biaksial bending. Dapat melakukan analisis terhadap sejumlah penampang sekaligus berdasarkan ACI-89, PBI-91. Satuan yang digunakan adalah British, SI, MKS. Program for Windows ini menggantikan CBEAM, RCOL, CCOL, BCOL. DSGWIN menggunakan prosedur disain penampang yang sama dengan SANSPRO. Sangat mudah digunakan.

Software Teknik Sipil CONBAR

Program untuk menghitung kapasitas satu penampang beton dan diagram interaksinya untuk balok, pelat, kolom bulat, kolom persegi, dan penampang trapezoidal umum lainnya untuk compression/tension, uniaksial bending, biaksial bending. Analisis dilakukan per butiran tulangan. Versi DOS.

Software Teknik Sipil , ANGLE

Program bantu untuk menghitung sifat penampang siku berbagai ukuran. Output dalam format STEELDBS dan dapat digabungkan dengan SANSPRO steel database file USER.DBS.

Software Teknik Sipil, STEELDBS

Program database penampang baja. Memiliki 1300 penampang baja untuk siku, pipa, IWF, HWF, Welded Shape, C, Light C, Tee. Dapat mencari berdasarkan nama, ukuran, moment dan aksial. Kompatibel dengan SANSPRO Steel Database dan menggunakan database baja yang sama.

Software Teknik Sipil INFLINE

Program untuk menghasilkan influence line (garis pengaruh) dari balok menerus multispan. Garis pengaruh displacement, shear, moment, reaction dapat digenerate dan ditampilkan grafiknya dengan cepat. Luas dan gaya-gaya maksimum dapat dilaporkan dalam bentuk tabel untuk tiap konfigurasi beban. Dapat digunakan untuk disain girder jembatan, disain deck jembatan.

Software Teknik Sipil NBRIDGE

Program desain (berbasis INFLINE) jembatan steel girder otomatis, multi-span, non-composite/composite, hot-rolled/welded/plate girder, cukup dengan input panjang dan lebar jembatan, jarak dan jenis girder, tebal deck, jenis truck, garis pengaruh dan momen maksimum akan dihasilkan secara otomatis. Beban dapat digenerate menurut AASHTO LRFD-98 dan BMS-92. Pemodelan dan analisis dilakukan secara otomatis. Laporan disain lengkap untuk girder dan pier berdasarkan AASHTO LRFD-98. Disain untuk bearing pad, deck dan barrier akan menyusul. Sangat mudah digunakan, satu jembatan dapat selesai dalam 5 menit.

Software Teknik Sipil PCAD for Windows

PCAD adalah program Parametric CAD (produk seperti Autocad) yang dulu dibuat dalam DOS oleh ESRC. Pada PCAD versi DOS tersedia fasilitas 2D smart drawing, relational cad objects, 2D/Contour to 3D generator (Surfer), Road Alignment, Volume cut and fill calculation, Civil Object generator, Programmable language. Namun karena masih bekerja dalam DOS, sekarang PCAD masih dalam tahap pengerjaan untuk memindahkannya ke Windows. Target PCAD for Windows adalah software khusus untuk Penggambaran Struktur Beton dan Baja 2D.

Software Teknik Sipil SOILAB V.3.1

Program bantu laboratorium mekanika tanah yang populer untuk mengolah data lab soil dan mencetak grafiknya untuk laporan. Tersedia dalam versi database (semua data disimpan dalam database) dan nondatabase (data disimpan terpisah per file). Memiliki 12 module:
- CPT (Test Sondir/Dutch Cone Penetration Test, untuk kapasitas 2.5 ton dan 10 ton)
- BORLOG (Boring Log dengan symbol standar AASHTO, FAA, Marine Geology, Rock
Mechanics, Export borlog ke Autocad untuk pembuatan soil profile)
- GRAINSZ (Grain Size Sieve Analysis, uji saringan untuk penentuan gradasi butiran tanah)
- ATEBERG (Atterberg Limit Test untuk plastisitas tanah)
- USC (Unified Soil Classification, klasifikasi tanah berdasarkan test Grain Size, Atterberg
menurut AASHTO, ASTM, NAVAC-DM7)
- CBR (California Bearing Ratio Test, Test kepadatan tanah)
- COMPACT (Compaction Test, Test kepadatan tanah)
- DSHEAR (Direct Shear Test, Test kekuatan geser tanah cara langsung)
- UNCONF (Unconfined Compression Test, Test kekuatan geser tanah, tanpa tekanan keliling)
- TRIAXIAL (Triaxial Compression Test, Test kekuatan geser tanah dengan tekanan keliling)
- CONSOL (Consolidation Test, Test penurunan tanah)
- SETTLE (Settlement Analysis, 3Dusing Numerical Integration, multi soil layer)


Software Teknik Sipil PSLOPE

Program analisis stabilitas lereng dengan fasilitas: Metode Bishop, Metode Fellenius, berbagai jenis arc, bedrock, multi-zone soil layer, automatic search of circle location, graphical interface, anchor load, surface load, very easy to use. Telah digunakan untuk projek dam, reklamasi, basement, perkuatan lereng, dsb.

Software Teknik Sipil Bidang Manajemen Konstruksi

Software Teknik Sipil PPC

Program Project Planning and Control berbasis Grafis DOS. Multi subresource, multi-subacitivities. Interactive (diagram terlihat langsung dilayar). Perhitungan waktu yang akurat termasuk hari libur dsb. Uraian analisis biaya juga termasuk. Belum dikembangkan untuk for Windows.

Software Teknik Sipil MATPLAN

Program untuk menghitung kebutuhan material baja dan waste karena pemotongan. Secara panjang (batang/rod) atau luas (pelat). Untuk optimasi pemakaian baja dan schedule pemotongan. Sangat bermanfaat untuk kontraktor baja. Identifikasi baja per batang atau per lembaran.

Software Teknik Sipil MaksiPRO

Salah satu Software yang bisas digunakan dalam Teknik Sipil bidang Manajemen Konstruksi yaitu Maksipro dimana berfungsi untuk menghitung Estimasi Biaya dalam sebuah proyek konstruksi dan memiliki keunggulan yaitu memiliki Fitur yaitu :

-Database, baik database sumber daya proyek (bahan, pekerja, alat) maupun database analisa harga satuan (AHS) pekerjaan tak terbatas.
-Semua objek dalam database search-able, sehingga bisa dicari dalam hitungan detik dengan menu search.
-Data bahan sekaligus menampilkan data supplier
-Visualisasi grafis untuk proporsi komponen biaya upah, bahan dan alat dalam setiap AHS, sehingga user bisa setiap saat melakukan kontrol terhadap komponen biaya tersebut.
- Mengisi data komponen biaya upah, bahan dan alat secara massal pada banyak AHS sekaligus.
- Mencopy massal AHS sekaligus merubah nilai koefisien komponen biayanya dengan satu langkah klik.
- Membuat diskon atau markup komponen biaya pada RAB yang sudah jadi dengan satu langkah klik.
- Laporan lengkap, termasuk rincian volume kebutuhan bahan, kebutuhan pekerja dan kebutuhan alat.

Software Teknik Sipil Microsoft Excel

Software Excel juga merupakan salah satu Software yang sangat penting dalam dunia Teknik Sipil dan Excel biasanya digunakan dalam semua bidang dalam jurusan Teknik Sipil yang berhubungan dengan Perhitungan. karena dengan excel bisa membuat berbagai macam format perhitungan Teknik Sipil. termasuk yang berhubungan dengan Manajemen Konstruksi.

Software Teknik Sipil Unit Converter

Unit Converter Pro: Program ini adalah program konversi satuanvolume, tekanan, energi, temperatur, waktu, ruang, dll

Software Teknik Sipil CS Earth Work 2

Yaitu Sebiah Program Teknik Sipil yang digunakan dalam perhitungan Mekanika Tanah.


Software Teknik Sipil Concrete Mix Design

Software ini memiliki fungsi yaitu dapat menghitung takaran atau mendesain  Desain pencampuran beton yang akan digunakan.


Software Teknik Sipil Bidang Transportasi dan Keairan


Software Teknik Sipil HEC-RAS
Software HEC-RAS ini digunakan Dalam perencanaan hidrolika saluran terbuka atau dalam dunia drainase perkotaan atau evaluasi banjir

Software Teknik Sipil WMS (Watershed Manajemen System = Manajemen Sistim DAS)

Sama Halnya dengan Software HEC-RAS maka Software WMS juga bisa digunakan dalam merencanakan Drainase perkotaan dan lainsebagainya.

Software Teknik Sipil PFE (Pipe Flow Expert)

Software ini dapat digunakan untuk menganilis jaringan pipa dengan cepat dan akurat

Software Teknik Sipil EPANET

Software ini juga adalah sebuah Program yang digunakan untuk membuat Model Analisa Jaringan Perpipaan.

Software OSCADY untuk simpang bersinyal.

Sofware PICADY untuk simpang tak bersinyal.

Software TRANSYT untuk koordinasi simpang bersinyal.

Sofware ARCADY untuk bundaran.


Demikianlah pembahasan tentang Software Teknik Sipil. ternyata begitu banyak Software yang digunakan untuk memudahkan pekerjaan Teknik Sipil. dan sebenarnya masih banyak lagi Software lain yang belum disebutkan diatas. dan sebagai Seorang Civil Engginering menguasai beberapa Software untuk BIdang Ilmu Ketekniksipilan saja sudah cukup, jadi tak harus menguasai semuanya.

Saat ini di setiap Perusahan Jasa Konstruksi, sangat membutuhkan orang-orang yang bisa menguasai Software Teknik Sipil tersebut untuk membantu mereka dalam menyelesaikan Pekerjaannya. dan menurut saya, sepertinya banyak perusahan yang mensyaratkan untuk menguasai penggunaan Software ketimbang menilai berapa IP yang ada diIjazah kita. Untuk itu bagi yang masih menjadi Mahasiswa Teknik Sipil, maanfaatkanlah waktu untuk belajar tentang penggunaan Software tersebut.

Jika teman-teman mengetahui Software Teknik Sipil lain yang tidak disebutkan diatas, bisa bagikan infonya dikolom Komentar dibawah ini. Oke Mungkin itu saja, Semoga Bermanfaat. Terima Kasih.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Macam Macam Software Teknik Sipil
Ditulis oleh taufick max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/macam-macam-software-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

29 komentar:

Adhy savala mengatakan...

Terimakasih Gan atas informasi yang di berikan, informasi ini sangat lengkap dan sangat berguna... tanks gan...

taufick max mengatakan...

Makasih Juga Bro.. Sudah Berkunjung ke Blog Kampus Civil..

Unknown mengatakan...

Gan' ada tutor sofware teknik sipil ga? semua'y. klw ada? klw ga ada gpp :)
terima kasih gan'

rumimanah@gmail.com mengatakan...

mas tanya untuk software setingkat 3D yg paling ringan apa ya?

taufick max mengatakan...

MAs Agus : Tutorialnya Gak ada Mas. Coba aja Browsing banyak kok tutorialnya.

Rumimanah : Software yang biasa saya pake menurut saya yang pali ringan itu Sketchup... Mungkin Desain Huruf Timbul juga bisa menggunakan Skechup..

Unknown mengatakan...

mohon izin sedot gan, untuk TA sangat membantu...

Unknown mengatakan...

Makasih gan, kalau saya mau buat bangunan tanpa batu bata, apa alternatif ya gan ?

taufick max mengatakan...

@Sri Sadono : ALternatifnya banyak. salah satunya Bisa Pakai Dinding Panel Pra cetak dengan memakai tulangan dan juga dalam bentuk bataton..

Yudie Ardiansyah mengatakan...

Mana link download sama cracknya ?

taufick max mengatakan...

@ Yudie : Disini tidak menyediakan Software untuk di Download. Silahkan mencari disitus lain..

Unknown mengatakan...

mantapppppp...

intanmz mengatakan...

baik sekali abang. sangat membantu, nice info :)

taufick max mengatakan...

@ Azin dan Intan : Makasih yah sudah berkunjung ke Blog Kampus-sipil ini..

Unknown mengatakan...

mas minta referensi untuk software analisis struktur 2d yang gratis apa ?? suwun mas.

Ryo mengatakan...

Trimakasih banyak atas ilmu nya gan (y) ..Sukses n good luck buat agan (y)

Unknown mengatakan...

dapat ilmu baru.thx

Unknown mengatakan...

terimakasih gan ats informasinya semoga bermanfaat bagi kami :-)

Unknown mengatakan...

Bang ada artikel tentang bgmn ng'hitung kontur untuk buat jalan raya gak bang..?

Unknown mengatakan...

dimana yah bisa di download, atau di dapat, sofware2nya.

taufick max mengatakan...

Bisa Download langsung di Websitenya Masing2..

Unknown mengatakan...

Thanks infonya zodara

Unknown mengatakan...

thanks aloootttt ya Kaka. sangat membantu. :)
ada lagi buat presentasi pake Lumion. :D

taufick max mengatakan...

Mega Bekti S : Sama-sama Bu... Semoga Sukses

HPE Software mengatakan...

untuk free software dan customized software teknik sipil pada 2D, 3D CAD, BIM, dan Engineering, cek www.hpesoft.com

Tuturuga world mengatakan...

abang, kalo pemula seperti sy bgni bang, bagusnya software nya apa yang bang ?? untuk menghitung strukturnya

Unknown mengatakan...

Sangat membantu,....kalau program simulasi untuk teknik sipil apa dipakai gan (ANSYS untuk teknik mesin)

Unknown mengatakan...

bang kalau bisa minta disediakan sofware untuk job mix desing concrete nya

Unknown mengatakan...

Saya berminat dengan software perencanaan jembatan terutama perencanaan bangunan bawah
Thanks info nya mas

Unknown mengatakan...

Bagaimana cara memperoleh software tersebut di atas ? Trm ksh atas info yg bermanfaat ini

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer