Ilmu Hidrostatika

Posted by Taufick Max Minggu, 10 Februari 2013 0 komentar
Share on :

Ilmu Hidrostatika 

Ilustrasi Hidrostatika
Ilmu Hidrostatika adalah suatu ilmu yang mempelajari sifat-sifat zat cair untuk mendapatkan rumus-rumus dan hukum-hukum zar cair dalam keadaan diam (statis) atau bergerak (dinamis). Ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat zat cair yang tak dpat dimampatkan dalam keadaan diam dinamakan Hidrostatika,sedangkan untuk keadaan bergerak dinamakan  Hidrodinamika.Ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat zat cair yang dapat dimampatkan dinamakan Aerodinamika.

Diketahui: Pintu air dengan lebar pintu OP = 10 meter berat jenis air = 1
Diminta: menghitung besar gaya K yang diperlukan untuk membuka pintu OP yang mempunyai berat 10 ton.
Jawab:
- Berat pintu G= 10 ton.
- Besar tekanan air untuk lebar pintu 10 m; P1 =3. 10.10 = 300 ton.
  Untuk menghitung besarnya gaya K maka diambil titik momen di 0; S ?? =0
- P1.5-P2.3,75-G.3,75 + K 7½ = 0
- 300.5-225.3,75-10.3,75 + K. 7½ = 0
  k= 317½ kg

Hukum pascal
Apabila zat cair di dalam suatu benjana yang tertutup mendapat tekanan maka tekanan tersebut akan merambat merata ke seluruh arah,hal ini menunjukan suatu Hukum yang terkenal yang disebut Hukum Pascal,yang berbunyi;Tekanan zat cair dalm ruangan tertutup akan merambat keseluruh arah.karena zat cair tidak dapat dimampatkan maka bagian-bagian kecil dari zat cair akan mendesak zat cair lainnya ke seluruh arah.Tekanan itu tergantung daripada banyaknya zat cair yang mendesak, hal ini berarti tergantung dari pada luasnya bidang yang dipandang.

Sebagai contoh pemakaian hukum pascal terdapat pada dongkrak hidrolik, dongkrak ini digunakan untuk mengangkat muatan yang berat dengan tenaga yang kecil, tekanan dari pengisap yang kecil dipindahkan kepada penghisap yang bidangnya lebih luas di mana di atasnya terdapat muatan yang harus diangkat.



D -garis tengah penghisap besar dalam cm
d -garis tengah penghisap kecil dalm cm
P -tekanan air dalam kg/cm²
P1 -tekanan(gaya)pada penghisap kecil kg.
P2 -tekanan(gaya)pada penghisap besar dalam kg.
F1 -luas penampang penghisap kecil dalam cm².
F2 -luas penampang penghisap besar dalam cm²

Dimana P =.... dan tekanan ini mendesak ke seluruh arah.Penghisap kedua (besar) akan tertekan dengan kekuatan p.F2 = P2 agar supaya penghisap kedua tidak terdorong akibat tekanan tersebut maka harus ada gaya p2, sehingga perbandingannya : P1;P2 = F1 : F2.


Bola dari kayu jati dengan jari-jariR=20 cm terapung dalam air selama p= 30 cm. diminta perhitungan berat jenis kayu jika di tentukan berat jenis=1.





















Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Ilmu Hidrostatika
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/ilmu-hidrostatika.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

Materi Populer