Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITB

Posted by Taufick Max Sabtu, 16 Februari 2013 1 komentar
Share on :

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITB

Sejarah Jurusan Teknik Sipil ITB

Jurusan Teknik Sipil ITB
Pada tahun 1973 Institut teknologi Bandung melakukan Rekstrukturusasi, saat itu Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan terdiri dari Jurusan Teknik sipil, Teknik Geodesi, Arsitektur, Planologi, Teknik Lingkungan, Jurusan Seni dan Desain.

Pada Tahun 1985 Jurusan Seni dan desain berdiri sendiri dan menjadi Fakultas seni Rupa dan Desain, begitu juga dengan Jurusan Arsitektur dan Jurusan Planologi yang berubah menjadi fakultas Arsitektur,perencanaan, dan pengembangan kebijakan. serta Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan Berubah Menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Pada Tahun 2006 Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan memiliki empat Program studi yakni Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Geodesi dan Geomatika, Jurusan Teknik Kelautan dan Jurusan teknik Lingkungan

Pada tahun 2007 Jurusan geodesi dan Geomatika berdiri sendiri menjadi Fakultas Ilmu dan teknologi Kebumian.
Sehingga pada tahun 2008 Fakultas Teknik Sipil dan lingkungan hanya tiga program studi yang dibawahinya, yakni Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Kelautan dan jurusan Teknik Lingkungan.

Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB, yang didirikan pada tahun 2006, melaksanakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di dalam bidang teknik sipil, teknik kelautan, dan teknik lingkungan.
 

Ada 9 Konsentrasi penelitian dan pengabdian Masyarakat di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB Yaitu


Rekayasa Struktur Jurusan Teknik Sipil ITB

Keahlian Rekayasa Struktur ini merupupakan bidang keahlian yang paling besar di ITB, yang mempunyai kurang lebih 20 Staf dengan Gelar Doktor serta memiliki pengalaman yang banyak mengenai penelitian yang dilakakukan baik diluar Negeri ataupun penelitian yang hanya dilakukan didalam negeri.

Mereka semua adalah para Lulusan di Universitas-universitas terbaik di Luar Negeri yang saat ini aktif sebagai peneliti utama atau Peneliti Pendamping ITB.

Para Staf di Bidang Struktur ini juga tidak hanya sebagai peneliti namun juga aktif dalam proyek-proyek konstruksi besar di Indonesia ini, Seperti proyek Jalan, Jembatan, dan lain sebagainya.

Staf Kelompok Keahlian Rekayasa Struktur Jurusan Teknik Sipil ITB juga sangat tinggi partisipasinya dalam pelaksanaan Kegiatan akademik dibidang Struktur Teknik Sipil Baik dalam Perkuliahan, Praktikum, maupun sebagai Pembimbing Tugas Akhir.

Rekayasa Geoteknik Jurusan Teknik Sipil ITB

Pada kelompok Rekayasa Geoteknik Jurusan teknik Sipil ITB. memiliki kurang lebih 10 Anggota yang memiliki Kulitas dan Skill yang sangat baik. sehingga sangat membantu pelaksanaan Aktivitas Akademik di Jurusan Teknik Sipil ITB khususnya Konsentrasi Geoteknik. Penelitian yang biasa dilakukan dibidang ini yaitu mencakup Mitigasi Bencana alam khususnya Gempa Bumi, Fondasi untuk Infar Struktur, Geoteknik Kelautan, Bendungan tanah, Stabilitas Lereng. dan lain sebagainya yang berhubungan dengan rekayasa Geoteknik.

Teknik Sumber Daya Air jurusan Teknik Sipil ITB

Dalam konsentrasi Teknik sumber Daya air ini bertujuan mengembangkan Ilmu terapan serta melakukan pengkajian tentang Sumber daya Air yang Mencakup, Perencanaan dan Pengelolaan Sumber Daya Air, Perencanaan dan perencangan Bangunan Air, serta Pengelolaan Daerah aliran sungai,Pantai dan Rawa.

Hakekat dari Keimuan Sumber daya Air yakni Rekayasa untuk memanfaatkan potensi Air untuk Kehidupan dan bisa dijadikan sebagai solusi untuk peningkatan ekonomi Masyarakyat.

Karena Air merupakan Sumber Kehidupan makhluk Hidup maka dengan Keilmuan Ketekniksipilan khususnya Teknik Sumber daya Air mampu mengkonsevasi Air sehingga bisa bermanfaat buat kebituhan Manusia dan lingkungan Masyarakat.

Rekayasa Transportasi Jurusan Teknik Sipil ITB

Ada kurang lebih 15 anggota atau Staf dalam kelompok Rekayasa transportasi ITB ini yang memiliki Skill dan memiliki kualifikasi serta latar belakang pendidikan dari Universitas-universitas terkemuka di Luar negeri serta memiliki banyak pengelaman Mengajar dan Penelitian baik di dalam negeri maupun di Luar negeri.

Mereka juga sangat besar konstribusinya dalam pengembangan Ilmu transportasi Indonesia dengan memberikan Kursus-kursus kepada para Insinyur serta banyak terlibat dalam proyek-proyek yang berhubungan dengan lalu Lintas di Indonesia.

Manajemen dan Rekayasa Konstruksi Jurusan Teknik Sipil ITB

Dalam Kelompok Manajemen Konstruksi jurusan Teknik Sipil ITB memiliki 12 Angggota yang berpengalaman dan memiliki kualifikasi terbaik yang Aktif melakukan penelitian serta pengabdian Masyarakat dibidang Manajemen Konstruksi di Indonesia.

Dengan Latar elakang pendidikan dari Universitas-universita terkemuka di Luar Negeri tentu memiliki Pengalaman Mengajar dan keterlibatan mereka dalam Proyek-proyek serta Penelitian di Bidang Manajemen Konstruksi di Indonesia.

Rekayasa Air dan Limbah Cair Jurusan Teknik Sipil ITB

Pengembangkan Kelompok Rekayasa dan Limbah cari ITB yang dilakukan pada tahun 2006 ini merupakan salah satu kelompok keahlian yang memiliki keunggulan di ITB. dan dalam rangka menjawab kebutuhan dan tantangan Global tentang Bidang Rekayasa Air dan Limbah cair maka kelompok ini aktif melakukan penelitian dan pengambdian Masyarakat. serta memberikan Pendidikan yang berkualitas dalam perkuliahan.

Dalam Kelompok ini memiliki 15 Anggota atau staf yang berlatar pendidikan dari Universitas terkemuka di luar negeri, serta memiliki penglaman mengajar, penelitian, mapun pelaksanaan proyek yang ada di Indonesia maupun di Luar Negeri.

Anggota dari kelompok Rekayasa Air dan Limbah cair ini aktif dalam melakukan Pengembangan profesional dengan memberikan pelatihan-pelatihan  Penerapan rekayasa Infrastuktur lingkungan dibidang Rekayasa air dan Limbah cair.

Pengelolaan Udara dan Limbah Jurusan Teknik Lingkungan ITB

Kelompok Keilmuan Pengolahan udara dan Limbah dibentuk pada Tahun 2006 pada jurusan Teknik Lingkungan ITB yang memiliki anggota 12 orang dengan kualifikasi yang sangat baik, dengan latar pendidikan dari Universitas-universitas terkemuka di Luar Negeri. serta memiliki pengalaman mengajar, penelitian, dan pelaksanaan proyek-proyek di Bidang Pengelolaan Udara dan Limbah baik ditingkat nasional maupun secara internasional.

Teknologi Pengelolaan Lingkungan Jurusan Teknik Lingkungan ITB

Jurusan  Teknik Lingkungan dibuka pada Tahun 1962 dengan nama awalnya yaitu Depertemen Teknik Penyehatan dibawah Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. inilah Jurusan Teknik Lingkungan Pertama di Indonesia.

Nama Teknik Penyehatan digantikan dengan Teknik lingkungan dilakukan pada tahun 1984, dan pada tahun 2006 setelah dilakuakn restrukturisasi Teknik Lingkungan ini berada di Bawah Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

Sumbangsih yang diberikan Oleh Jurusan teknik Lingkungan ITB untuk Bangsa ini sangat besar dengan melakukan banyak penelitian dan pemabdian Masyrakat serta berkonstribusi dalam pelaksanaan proyek-proyek dibidang Teknik Lingkungan. seperti Proyek Drainase, Pencamaran Udara, sanitasi Lingkungan. dan lain sebagainya.

Teknik Kelautan Jurusan Teknik Kelautan ITB

Latar belakang Keilmuan dari Teknik kelautan yaitu berhubungan dengan Ilmu Mekanika, Geologi, dan dinamika Fluida.

Pada hakekatnya tujuan dari teknik kelautan dalaha memanfaatkan atau merekayasa Laut sebagai Sumber daya un tuk kebutuhan Masyrakat dan Lingkungan, demi terciptanya kesejahteraan dari pengelolaan Laut tersebut.contohnya dalam penerapan keilmuan ini yang berkaitan dengan sarana dan prasarana transportasi yaitu untuk pelabuhan dan kapal, yakni Pengendalian Lingkungan, Pencemaran Laut, Pemanfaatan sumber daya Mineral. dan lain sebagainya.

Laboratorium Jurusan Teknik Sipil ITB

Dalam proses pelaksanaan perkuliahan dan Praktikum Konsentrasi Keilmuan dalam ketekniksipilan dalam Ruang Lingkup ITB maka fasilitas yang mendukung pelaksanaan tersebut yakni Laboratorium. untuk itu TEKNIK SIPIL ITB telah menyiapkan sarana Lab. untuk kebutuhan tersebut.adapun Lab. yang ada di Teknik Sipil ITB yaitu :

Laboratorium Rekayasa Struktur
Laboratorium Mekanika Tanah
Laboratorium Rekayasa jalan dan Lalu lintas
Laboratorium Rekayasa Sumber Daya Air
Laboratorium Manajemen dan Rekayasa Konstruksi
Laboratorium Kualitas Air
Laboratorium Teknik Pengolahan Air
Laboratorium Kualitas Udara
Laboratorium Buangan Padatdan B3
Laboratorium Higiene Industri dan Toksikologi
Laboratorium Teknik Kelautan
Workshop FTSL



Mungkin itu saja sekilas tentang Perkenalan Jurusan Teknik Sipil ITB, dimana di ITB Teknik Sipil memiliki status Sebagai FAKULTAS TEKNIK SIPIL dan LINGKUNGAN. jika dalam penulisan tentang Jurusan Teknik Sipil ITB ini ada terdapa kesalahan, baik huruf atau makna, mohon dikoreksi dan dikomentari. terima kasih.

Sumber Referensi : www.ftsl.itb.ac.id

Mohon di Bagikan/Share Info ini agar lebih banyak lagi yang mengenal Jurusan Teknik Sipil ITB. Terima Kasih.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITB
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/fakultas-teknik-dan-perencanaan-itb.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

1 komentar:

Lembaga Penelitian Gunadarma mengatakan...

Sehubungan dengan akan diselenggarakan kegiatan Seminar Ilmiah Nasional Psikologi, Ekonomi, Sastra, Arsitektur dan Teknik Sipil (PESAT) 2013 dengan tema Peningkatan Daya Saing Bangsa Melalui Revitalisasi Peradaban pada tanggal 8-9 Oktober 2013 di Bandung, maka kami mengundang Bapak/ibu/sdr/sdri turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada alamat URL http://penelitian.gunadarma.ac.id/pesat

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer