Cara Membuat Tesis Magister Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Minggu, 03 Februari 2013 1 komentar
Share on :

Cara Membuat Tesis Magister Teknik Sipil


Magister Teknik Sipil
Jika sebelumnya telah dibahas tentang Cara Membuat Skripsi Teknik Sipil maka pada kesempatan ini saya mencoba meluangkan waktu untuk, menulis tentang Bagaimana Cara Membuat Tesis Magister Teknik Sipi. karena ingin mempelajari tentang bagaimana Cara Menyusun Tesis untuk Magister Teknik Sipil, maka dari itu tulisan ini dibuat. semoga bisa bermanfaat bagi para Mahasiswa Magister Teknik Sipil saat ini dan juga bagi anda yang kelak akan menjadi Mahasiswa S2 Teknik sipil. Walaupun anda mungkin belum Kuliah Magister Teknik Sipil mungkin bisa dijadikan pengetahuan sehingga tidak sulit lagi ketika anda menyusun Tesis Teknik Sipil kelak.

Dalam perkuliahan program Pasca Sarjana S2 hal yang paling terpenting adalah Membuat Tesis, karena hal ini merupakan Syarat yang wajib dilakukan oleh semua Mahasiswa Magister jika mau menyelesaiakan Studinya. pada prinsipnya Antara Skripsi dan Tesis itu sebenarnya sama saja. yaitu semuanya menjurus ke Penelitian dan bersifat mengembangkan dengan berpatokan pada teori yang sudah ada.

Jika kita sudah melalui pembuatan Skripsi Teknik Sipil di S1, maka untuk membuat Tesis di Magister Teknik Sipil sepertinya tidak terlalu Sulit, jika kita bisa memahami dengan baik Metode Penelitian yang akan kita gunakan. Jika kita mengetahui prinsip-prinsip mendasar dalam metode penelitian serta mengetahui setiap tahapan yang harus dilakukan dalam Penyusunan Tesis Magister Teknik Sipil. maka sebenarnya pekerjaan untuk menyusun Tesis tersebut sangatlah mudah. tergantung dari Metode Penelitian apa yang kita gunakan dan apa yang mau kita jadikan sebagai objek penelitian. untuk tahapan Penulisan Tesis sama seperti Skripsi anda bisa membaca Tulisan tentang Cara Menyusun Skripsi Teknik Sipil di Blog Kampus Sipil ini. namun ada beberapa hal yang mau saya tambahkan disini yang terkait dengan tahapannya.

Tahapan Pembuatan Tesis Magister Teknik Sipil 

Mahasiswi Magister Teknik Sipil

Tentukan Jadwal secara teratur dan konsisten untuk menjalankannya. 

Pada tahap awal ini kita sebaiknya mengatur dulu jadwal penyusunan Tesis Magister Teknik Sipil yang mau kita buat.

Tentukan Topik Penelitian dan Rumuskan Masalah.

Dalam penentuan Topik yang mau diteliti sebaiknya topik tersebut sesuai bidang konsentrasi Teknik Sipil kita, karena dengan demikian kita lebih memahami topik tersebut. selanjutnya carilah Ide penelitian dalam topik yang telah kita pilih itu dan tentukan secara spesifik variabel yang mau diteliti serta Rumuskan sebuah permasalahan dari objek tersebut. sebaiknya carilah Permasalahan yang paling menarik yang kita sukai serta menguasainya dari Topik yang kita pilih.

Kumpulkan Referensi.

Setelah anda sudah menentukan dan Merumuskan Masalah dari Topik yang anda sukai dan telah membuat Judulnya, maka langkah selanjutnya adalah berburu referensi. anda bisa mencari Referensi dalam bentuk Artikel Teknik Sipil, Jurnal Teknik Sipil, Skripsi Teknik Sipil, dan Buku-buku Teknik Sipil serta Tesis Teknik Sipil lainnya yang sesuai dengan Rumusan Masalah yang anda buat.

Pelajari Kembali Metode Penelitian.

Setelah memiliki Referensi yang cukup maka langkah berikut adalah kita Belajar kembali Metode Penelitian, hal ini dimaksudkan agar kita mengetahui Jenis Penelitian apa yang nantinya kita gunakan dan mengetahui tahapan-tahapan yang harus kita lakukan didalam penelitian tersebut.

Buatlah Ringkasan Penelitian

Setelah kita sudah membuat kerangka pikir dalam melakukan penelitian maka mulailah menulis setiap Babnya. Buatlah beberapa Digest/ringkasan penelitian, selanjutnya buatkan Usulan Penelitian. Jika usulan telah disetujui Maka Mulailah Menulis BAB Pendahuluan, BAB Kajian Pustakan, dan BAB Metode Penelitian.

Tentukan Aplikasi Pengolahan Data.

Sebelum melakukan penelitian kita hendaknya sudah merencakan dari awal Program apa yang nantinya kita gunakan  untuk pengolahan data. Jika kita belum menguasai penggunaan Aplikasi atau program tersebut maka sambil menulis Tesis sebaiknya kita sempatkan untuk mempelajarinya. karena jika kita yang melakukan sendiri Penulisan, Penelitian, dan pengolahan data, maka kita akan lebih menguasainya dan tidak sulit menghadapi Ujian nanti.

Konsultasi dengan Pembimbing.

Disaat disetujuinya Usulan penelitian kita maka saat ini juga hendaknya kita jaga komunikasi dengan pembimbing serta Konsultasikan secara intens setiap Bab dari Tesis yang kita tulis tersebut.

Fokus, Komitmen, dan Antusias.

Jika semua sudah kita lakukan dengan baik, maka hal yang biasanya sangat berpengaruh pada Penyusunan Tesis Magister Teknik Sipil kita yaitu Fokus, Komitmen, dan Antusias. kita harus Fokus pada Penulisan Tesis dan Komitmen dengan jadwal yang telah kita buat. dan tentunya jangan pernah Menyerah dan harus tetap semangat dalam menghadapi setiap permasalahan pada saat Penulisan, Penelitian, Konsultasi dan lain sebagainya.

Persiapkan Diri untuk Ujian.

Akhirnya sampai pada waktu yang telah kita nantikan yaitu Ujian Tesis Magister Teknik sipil. kita harus menyiapkan secara matang sebelum Ujian, kita harus menguasai Tesis yang kita buat untuk itu siapkan Ringkasannya dalam bentuk Power Point yang menarik sehingga pada saat presentasi kita bisa denganmudah menjelaskan dan Pengujipun tidak terlalu menyulitkan kita. Hehehehe... Selanjutnya bersiaplah memakai Toga yang kedua kalinya... Asiiiikkk...

Contoh Judul Tesis Magister Teknik Sipil


- PERAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU (QUALITY MANAGEMENT SYSTEM) ISO 9002 DALAM MANAJEMEN PROYEK KONSTRUKSI DI INDONESIA PADA STUDI KASUS PT "X",

- TANGGUNG JAWAB PEMIMPIN PROYEK (PIMPRO) TERHADAP KENDALA-KENDALA YANG TERJADI PADA PROYEK KONSTRUKSI

- VALIDASI TEORITIS MODEL PENYEBARAN PENCEMARAN TERLARUT DI SALURKAN TERBUKA PADA ALIRAN TAK TUNAK

- FAKTOR EKSTERNAL TERHADAP DAYA SAING ATAU COMPETITIVENESS PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI (KONTRAKTOR) DI INDONESIA

- IDENTIFIKASI SELEKSI JASA KONSULTANSI DI DEPARTEMEN PEKERJAAN UMUM TERHADAP KETERBATASAN TENAGA AHLI

- ANALISIS MASALAH HAMBATAN DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI KERJA TENAGA TERAMPIL PADA PROYEK KONSTRUKSI JALAN

- ANALISIS DAMPAK KEBIJAKAN PEMBERIAN INSENTIF KEPADA PELAKSANA LAPANGAN TERHADAP KINERJA STUDI KASUS DI PT.X

- IDENTIFIKASI SUMBER RISIKO DAN TINDAKAN KOREKSI TERJADINYA COST OVERRUN DALAM PENGELOLAAN SUBKOTRAKTOR PEKERJAAN STRUKTUR PADA BANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT

- PENGARUH KUALITAS MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI INDONESIA

- IDENTIFIKASI SUMBER RISIKO DALAM MANAJEMEN ALIANSI STRATEGIS PERUSAHAAN JASA KONSTRUKSI BUMN

- PENGARUH KRITERIA PEMILIHAN KONTRAKTOR OLEH PEMILIK PROYEK TERHADAP KINERJA MUTU

- STABISASI TANAH DASAR DENGAN BAHAN CLEAN SET CEMENT UTUK STRUKTUR BANGUNAN

- PENGARUH TEKNOLOGI DAN LINGKUNGAN KERJA PADA PRODUKTIVITAS SUMBER DAYA MANUSIA PADA SEKTOR KONSTRUKSI

- Pemanfaatan Material Bambu sebagai Tulangan Beton pada Kolom Rumah berlantai

- Analisis Kekuatan Bambu sebagai Tulangan Beton pada Konstruksi Jembatan bentang pendek

- Analisis Triple Constrain pada Pembuatan Atap Rumah dengan Mengunakan Material Baja Ringan.


Demikianlah Tulisan tentang Cara Membuat Tesis Magister Teknik Sipil ini. Jika teman-teman para Civil Enggiener yang mengetahui Cara lain Membuat Tesis untuk Magister Teknik Sipil. mungkin bisa dibagikan disini. mohon koreksi dan masukannya Jika ada kesalahan dalam penulisan Cara Membuat Tesis Magister Teknik sipil ini. Semoga Bermanfaat. Terma Kasih.

Salam. Merah Hitam.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Tesis Magister Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-tesis-magister-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

1 komentar:

Obat Mata mengatakan...

sangat bermanfaat dan lengkap, panduan membuat tesis yang bisa membantu karena disertai contoh judul. terima kasih telah berbagi

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer