Mengenal Jurusan Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Rabu, 23 Januari 2013 0 komentar
Share on :

Mengenal Jurusan Teknik Sipil

Universitas Trisakti
Jurusan Tekni Sipil adalah salah satu Jurusan dI Fakultas Teknik. namun ada juga dibeberap Kampus di Indonesia Teknik Sipil bukan merupakan sebuah jurusan akan tetapi menjadi sebuah Fakultas biasanya Fakultas ini bernama Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan. salah satu Kampus yang memiliki Fakultas Teknik Sipil dan perencanaan adalah Universitas Trisakti Jakarta, Indonesia.

Baik sebagai Fakultas maupun sebagai Jurusan Teknik Sipil, Ilmu Teknik Sipil dibagi kedalam beberapa Bidang. pada awalnya Ir. Teknik Sipil itu memiliki banyak Bidang atau jurusan. diantara Bidang Teknik Sipil yang saat ini sudah berdiri sendiri menjadi sebuah Jurusan Baru adalah Jurusan planologi atau Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Kemudian Teknik Lingkungan juga masuk sebagai Jurusan Teknik Sipil.

Saat ini Jurusan Teknik Sipil di bagi menjadi beberapa Bidang, diantaranya :

Jurusan Teknik Sipil Bidang Transportasi

Ilmu Teknik Sipil yang dipelajari dalam Bidang transportasi yaitu Transportasi Udara, Transportasi Laut, Transportasi Sungai, dan Transportasi Darat. Mata kuliah Teknik Sipil untuk bidang transportasi adalah Dasar - dasar Perencanaan Transportasi, Bandara Udara, Pelabuhan, Manajemen Lalu lintas, Teknik Sungai, Sistem Tranportasi,Rekayasa Lalu lintas, Geometri Jalan raya. Dll

Jurusan Teknik Sipil Bidang Manajemen Konstruksi

Universitas Khairun Ternate Jurusan Teknik Sipil
Untuk bidang manajemen Konstruksi memperlajari tentang bagaimana cara mengelolah Proyek Konstruksi agar Proyek yang dijalankan direncanakan sedemikian rupa hingga Biaya yang digunakan dalam pelaksanaan Proyek tersebut sangat kecil, dengan waktu pelaksanaannya Cepat, serta mempertimbangkan aspek Mutu atau kualitas dari Proyek yang dihasilkan. jadi suatu manajemen Proyek dikatakan Sukses jika tiga Instrumen Penting tersebut yakni Biaya,Waktu, dan Mutu (Triple Contrain) bisa berjalan sesuai dengan perencanaan. Hakekat Ilmu Manajemen Konstruksi tersebut yakni bagimana bisa mengendalikan Waktu pelaksanaan Proyek, dengan memperhatikan Produktivitas tenaga kerja,Mengelolah Alat Berat yang digunakan dalam Proyek, serta bisa memanejemen organisasi Proyek dengan baik , selanjutnya berhubungan dengan pengendalian harga bahan bangunan yang digunakan dan memiliki alternatif Material yang bisa digunakan sebagai bahan bangunan tersebut.


Didalam Jurusan Teknik Sipil
bidang Manajemen Konstruksi memiliki Mata Kuliah diantaranya adalah Pengenalan Manajemen Konstruksi,Manajemen Proyek, Manajemen Alat Berat, Rekayasa Nilai Konstruksi, Ekonomi Teknik, Manajemen Sains. Dll

Jurusan Teknik Sipil Bidang Struktur

Universitas 45 Makassar Jurusan Teknik Sipil
Bidang Struktur Teknik Sipil merupakan bidang Ilmu Teknik Sipil yang memperlajari tentang Perilaku Struktur pada material bangunan yang digunakan sebagai bahan bangunan konstruksi, baik tentang Gaya yang bekerja pada Struktur, Kekuatan Struktur, dan perilaku Struktur lainnya. Perilaku Material Struktur yang dipelajari diantaranya adalah Material, Kontruksi Baja, Konstruksi Beton, Konstruks Kayu, dan material-material yang lain yang berpengaruh pada Struktur sebuah konstruksi.

Mata Kuliah yang diajarkan dalam Jurusan Teknik Sipil bidang Struktur diantaranya adalah Analisa Struktur, Mekanika Teknik, Metode Numerik, Konstruksi Baja, Konstruksi Beton, Konstruksi Kayu, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Sipil Bidang Penyehatan Lingkungan

Institut Sains dan Teknologi Makassar
Untuk Bidang Penyehatan Lingkungan Jurusan Teknik Sipil itu mempelajari tentang pengaruh lingkungan pada pelaksanaan sebuah proyek konstruksi, sehingga baik sebelum maupun dalam proses pelaksanaan Proyek Konstruksi itu selalu mempertimbangkan Aspek Lingkungan.

Mata Kuliah Penyehatan Lingkungan yang dipelajari di Jurusan Teknik Sipil diantaranya adalah Anilisa Dampak Lingkungan, Penyehatan Lingkungan Proyek, dan lain sebagainya.

Jurusan Teknik Sipil Bidang Keairan

Untuk Bidang Keairan Jurusan Teknik Sipil hal-hal yang dipelajari adalah Ilmu yang berkaitan dengan Pemanfaatan serta pengandalian Hidrologi atau Keairan yang berfungsi untuk kebutuhan Masyarakat tentang Air.

Mata Kuliah yang dipelajari didalam Jurusan Teknik Sipil bidang Keairan adalah Hidrologi, Irigasi, Bendungan, Pengendalian Banjir, dan lain sebagainya.

Universitas-Universitas yang menyediakan Jurusan Teknik Sipil diantaranya :


Universitas Trisakti Jakarta
Universitas Tarumanegara Jakarta
Universitas 45 Makassar
Universitas Hasanudin Makassar
Universitas Gajahmada Jogyakarta
Isntitut Teknologi Bandung
Institut Teknologi Sepuluh November
Institut Sains dan Teknologi Makassar
Universitas Khairun Ternate
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara
Universitas Bumi Hijrah Halmahera

Dan lain sebagainya. anda bisa menambahkan nama Universitas anda dibawah Kotak Komentar dibawah ini jika belum dimasukan diatas.

Demikianlah beberapa Bidang Ilmu yang dipelajari didalam Jurusan Teknik Sipil. biasanya setiap Universitas memiliki bidang di Jurusan Teknik Sipil yang berbeda-beda. untuk itu jika ada yang mengetahui apa saja Bidang-bidang lainnya selain yang disebutkan diatas bisa anda tambahkan dibawah kolom kementar dibawah ini. dan Bagi Teman-teman yang belum tau apa saja yang dipelajari dalam Jurusan Teknik Sipil maka semoga tulisan ini bisa membantu anda.

Anda Bisa Membaca Artikel lainnya tentang Jurusan Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil 
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Mengenal Jurusan Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/01/mengenal-jurusan-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer