Perbedaan Kayu dan Baja Ringan

Posted by Taufick Max Minggu, 06 Januari 2013 0 komentar
Share on :

Perbedaan Kayu dan Baja Ringan

Terima Kasih teman - teman sekalian kususnya Civil Engginering yang mau belajar bersama-sama di Blog Kampus Teknik Sipil ini. oke, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang material Kayu dan baja Ringan. tentunya untuk mengetahui lebih dalam mengenai kayu dan baja ringan kita harus mendefenisikan dulu satu-satu tentang kayu dan baja ringan tersebut.

Defenisi Material Kayu.

Konstruksi Kayu
Kayu adalah bagian keras tanaman yang digolongkan kepada pohon dan semak belukar. kayu digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak,membuat perabot seperti meja dan kursi dsb, bisa dibuatkan bahan banguan seperti Pintu, jendela, dan rangka atap, bahan kertas, dan banyak lagi fungsi dari kayu ini. kayu juga dapat di manfaatkan sebagai hiasan - hiasan rumah tangga dan sebagainya. secara kimia, kayu tersusun atas beberapa bagian utama yaitu solulosa dan lignin. seperti itulah yang di jelaskan oleh id.wikipedia.com tentang defenisi kayu.

pengetian kayu secara umum adalah suatu bahan konstruksi yang didapatkan dari tumbuhan dalam alam karena itu tidak hanya merupakan salah satu bahan konstruksi yang pertama dalam sejarah umta manusia.

sebagai bahan konstruksi kayu sudah dikenal dan banyak dipakai sebelum orang mengenal beton dan baja. dalam pemakaiannya kayu tersebut harus memenuhi syarat yaitu mampu menahan bermacam - macam beban yang bekerja dengan aman dalam jangkan waktu yang direncanakan, mempenyai ketahanan dan keawetan memadai melebihi umur pakainya, serta mempunyai ukuran penampang dan panjang yang sesuai dengan pemakaiannya dalm konstruksi.

Kelebihan dan kekurangan Kayu

Konstruksi Kayu
Kayu mempunyai kekuatan yang tinggi dan berat yang rendah, mempunyai daya penahan tinggi terhadap pengaruh kimia dan listrik, dapat dengan mudah dikerjakan,relatif murah,dapat diganti dengan mudah, dan ddidapat dalam waktu yang singkat. walaupun saat ini dengan isu pemanasan global yang membuat kayu ini dilarang di tebang secara tidak bertanggungjawab menyebabkan kayu sudah menjadi material yang terbilang langkah.

sementara kekurangan dari kayu ini adalah sifatnya kurang homogen dengan cacat - cacat alam seperti arah serat yang berbentuk menampang,spiral, dan diagonal, mata kayu dan sebagainya. beberapa kayu bersifat kurang awet dalam keadaan tertentu. kayu dapat memuai dan menyusut dengan perubahan kelembapan dan meskipun tetap elastis, pada pembebanan berjangka lama sesuatu balok akan mengalami lendutan yang relatif besar.

sifat - sifat karakteristik ini memperlihatkan perbedaan - perbedaan penting antara kayu dan bahan yang lain, untuk analisa matematis dalam ilmu kekuatan biasanya diidealisasi sebagai bahan yang sempurna akan homogenitas dan elastisitas.

Baja Ringan

Baja Ringan Konstruksi
Berbeda dengan Kayu Baja Ringan atau disebut juga Cold Formed Steel (Baja Canai dingin) adalah komponen struktur baja dari lembaran atau pelat dengan proses pengerjaan dingin. profil baja ringan yang dibentuk dari pelat - pelat yang sudah jadi ini menjadi profit baja dalam temperatur atmosfer.

Baja Ringan menjadi material bangunan yang sedang tren saat ini. Rangka Atap Baja Ringan lebih dominan dikenal dibandingkan baja ringan untuk struktur lainnya. mungkin hal ini di sebabkan gencarnya iklan-iklan yang menawarkan produk rangka atap baja ringan yang menggantikan atap dari material kayu. mengingat kayu semakin hari semakin langkah juga karena harga kayu yang sekarng relatif mahal, maka pemelihan material rangka atap baja ringan menjadi satu pilihan bagi konstraktor atau owner dalam membangun rumah atau bangunan lainnya. selain karena faktor keawetan dan tahan terhadap rayap dan karat, rangka atap baja ringan mempunyai kelebihan yaitu kekuatan struktural yang lebih bagus, seperti lebih kuat dan lebih kaku.

Kombinasi Kayu dan baja Ringan

apakah mungkin untuk mengkombinasikan antara baja ringan dan kayu..? untuk sebagian baja ringan munkin saja tidak bisa, mengingat keterbatasan bentuk profilnya. tapi untuk baja ringan dengan bentuk profil tertentu mungkin bisa di sesuiakna dengan bentuk dari desain yang ada.

Mungkin itu saja yang bisa dibahas mengenai kayu dan baja Ringan. jika anda punya pengetahuan dan informasi yang lain mungkin bisa berikan komentar guna menyemprnakan pengetahuan tentang kayu dan baja ringan.

terma kasih atas kunjungan anda di Blog Teknik Sipil ini. semoga bermanfaat.

Salam Kenal . Taufick Max.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Perbedaan Kayu dan Baja Ringan
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/01/perbedaan-kayu-dan-baja-ringan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer