Apa Itu Rangka Atap Baja Ringan..?

Posted by Taufick Max Minggu, 06 Januari 2013 0 komentar
Share on :

Apa Itu Rangka Atap Baja Ringan

Ringan berarti tidak berat. sedikit bobotnya dan enteng. kalau berbicara ukuran berarti harus ada pembanding. ketika kita mengatakan ringan bisa saja akan menjadi relatif jika tidak ada pembandingnya. Betul..?.

nah didapatkan bahwa perbandingan berat tiap material adalah sebagai berikut : diurutkan berdasarkan material yang paling berat. (1) Beton 30 kg/m2. (2) Kayu 20 Kg/m2. (3) Baja 10.24 kg/m2. (4) Baja Ringan 6-7 kg/m2. sekarang kita sudah dapat membandinginya baja ringan hanya 6-7 kg/m2 sementara kayu bisa mencapai 20 kg/m2 atau coba bandingkan dengan material lain beton misalnya bisa mencapai 30kg/m2. disini kita bisa membuktikan bahwa material yang paling ringan adalah Baja ringan.

berbicara tentang ringan pasti ada faktor - faktor lain yang menyebabkan material tersebut menjadi ringan. nah bagaimana dengan baja ringan ini apa bahan dasar pembuatannya sehingga material yang satu ini menjadi ringan..?

Bahan Dasar Baja Ringan


Bahan dasar Baja Ringan adalah Carbon Steel. Carbon Steel adalah baja yang terdiri dari elemen - elemen yang persentase maksimum selain bajanya adalah sebagai berikut : 1. 70 % Carbon, 1.65% Manganese. 0.60% Silicon, 0.60% Copper.

Carbon adalah unsur kimia dengan atom 6. tingkat oksidasi 4.2 dan mangan adalah unsur kimia dengan atom 25, tingkat oksidasi 7.6423. Carbon dan Magnase adalah bahan pokok untuk meninggikan tegangan (strength) dari baja murni. penambahan persentase Carbon akan mempertinggi Yield Stress tetapi akan mengurangi daktilitas.Baja ringan adalah Baja High Tensile G-550 (Minimum Yeild Strenght 5500 kg/m2) dengan standar bahan ASTM A792.JIS G3302.SGC 570.

Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. berbagai metode untuk memberikan pelindung untuk mencegah korosi pada baja ringan mutu tinggi telah dikembangkan. jenis coating pada baja ringan yang beredar di pasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari 96% zinc, 6% Aluminium, dan 3% Magnesium.

sekarang anda sudah tau kan kenapa baja ini ringan dan kuat karena terdiri dari bahan dasar yang tersebut diatas. Btw bagaimana sih profil dari baja ringan ini..? berikutpenjelasannya.

Profil Baja Ringan


profil baja ringan di bentuk dari plat-plat yang sudah jadi. menjadi profil baja dalam temperatur atmosfir (dalam keadaan dingin). tebal plat yang di bentuk menjadi profil disini tebalnya 3/6 inch. profil semacam ini ringan dan sering di sebut sebagai light gage cold form steel.


Profil kuda - kuda rangka atap baja ringan yang beredar di pasaran terdiri dari profil hat section, profil C section, Profil Z, dan profil Hollow. masing - masing profil tersebut memiliki kelebihan serta perbedaan dalam hal pemasangannya. sehingga kita bisa menentukan sendiri jenis profil baja ringan yang mana yang mau kita gunakan pada bangunan kita.

oke, untuk sementara pembahasan kita tentang Rangka Atap Baja Ringan. memang ringan, tetapi walaupun demikian tidak asal ringan karena ada ketentuan serta aspek teknis yang harus diperhatikan. rangka atap baja ringan juga memiliki aturan - aturan struktur dalam pemasangannya.

pemasangan yang baik, akan memberuikan kenyamanan bagi pengguna dari kekhawatiran akan kerusakan ataupun kegagalan struktur. pastikan pemasangan rangka atap baja ringan sesuai dengan kaidah struktur, terpasang rapi,kuat, dan kokoh. baja ringan akan menjadi alternatif bagi teknologi rumah masa depan.

nah, jika di tanya kepada anda apa itu baja Ringan, tentu anda sudah bisa menjawabnyakan dengan sedikit pengetahuan yang telah disampaikan diatas.

semoga Tulisan ini bermanfaat buat saya dan teman - teman.

thanks atas kunjungannya di kampus Teknik Sipil ini. dan mari berbagi pengetahuan tentang Ilmu Sipil. silahkan komentar apa yang perlu untuk di komentari.


Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

 





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Apa Itu Rangka Atap Baja Ringan..?
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/01/apa-itu-rangka-atap-baja-ringan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer