Benarkah Baja Ringan Ramah Lingkungan..?

Posted by Taufick Max Minggu, 06 Januari 2013 0 komentar
Share on :

Benarkah Baja Ringan Ramah Lingkungan..?

Baja Ringan diklaim memiliki sifat yang ramah terhadap lingkungan, karena memberikan alternatif penggunaan material yang bisa mengurangi pembalakan liar atau yang biasa di kenal dengan Illegal Logging.

tidak jarang juga kita menemui brosur rangka atap baja ringan dengan kode ekolabel atau ramah lingkungan, label tersebut menjelaskan bahwa produk tersebut ramah terhadap lingkungan. namun apakah benar ramah lingkungan..? untuk mengetahui itu, sebaiknya kita ketahui instumen dari suatu produk yang berlabel ramah lingkungan atau ekolabel itu.

Dalam situs kementrian Lingkungan Hidup Indonesia (www.menlh.go.id) menjelaskan bahwa Ekolabel merupakan satu sarana penyampaian informasi yang akurat, verifiable dan tidak menyesatkan kepada konsumen mengenai aspek lingkungan dari suatu produk barang ataupun jasa, komponen atau kemasannya. pemberian informasi tersebut pada umumnya bertujuan untuk mendorong permintaan dan penawaran produk ramah lingkungan di pasar yang juga mendorong perbaikan lingkungan secara berkelanjutan.

Ekolabel merupakan simbol, label atau pernyataan yang diterapkan pada produk atau kemasan produk, atau pada informasi produk, iklan, dsb. selain itu, informasi yang di sampaikan ini pula dapat lebih lengkap dan mengandung informasi kuantitatif untuk aspek lingkungan tertentu terkait dengan produk tersebut. ekolabel dapat dibuat oleh produsen, importir, distributor, pengusaha retail atau pihak manapun yang mungkin memperoleh manfaat dari hal tersebut.

Tujuan dan manfaat ekolabel

Ekolabe dapat dimanfaatkan untuk mendorong konsumen agar memilih produk  produk yang memberikan dampak lingkungan yang lebih kecil dibandingkan produk lain yang sejenis. penerapan ekolabe oleh para pelaku usaha dapat mendorong inovasi industri yang berwawasan lingkungan. selain ituekolabel dapat memberikan citra yang positif bagi brand produk maupun perusahan yang memproduksi dan atau mengedarkan di pasar, yang sekaligus menjadi investasi bagi peningkatan daya saing di pasar.

bagi konsumen, manfaat dari penerapan ekolabel adalah konsumen dapat memperoleh informasi mengenai dampak lingkungan dari produk yang akan di beli. karena kepentingan tersebut konsumen juga memiliki kesempatan untuk berperan dalam penerapan ekolabel dengan memberikan masukan dalam pemilihan katagori atau kriteria ekolabel. penyediaan ekolabel bagi konsumen juga akan meningkatkan kepedulian dan kesadaran konsumen bahwa pengambilan keputusan dalam pemilihan produk tidak perlu hanya ditentukan oleh harga dan mutu saj, namun jugaharu mempertimbangkan faktor lingkungan.

Prinsip - prinsip ekolabel

produk yang diberi ekolabel selayaknya adalh produk yang dalam daur hidupnya mulai dari pengadaan bahan baku, proses produksi, pendistribusian, penggunaan, dan pembuangan setelah penggunaan, memberi dampak negatif terhadap lingkungan relatif lebih kecil di bandingkan produk lain produk lain yang sejenis. ekolabel akan memberikan informasi kepada konsumen mengenai dampak lingkungan yang ada dalam produk tertentu yang membedakannya dengan produk lain yang sejenis.

ukuran keberhasilan ekolabel dapat dilihat dari adanya perbaikan kualitas lingkungan yang dapat dikaitkan langsung dengan produksi maupun produk yang telah mendapatkan ekolabel. selain itu, tingkat peran serta dari kalangan pelaku usaha dalam menerapkan ekolabel juga menjadi indikator penting keberhasilan ekolabel.

selain melihat bahan baku, sejumlah ekolabel yang diberlakukan suatu negara juga memperhatikan proses pembuatan serta kemampuan produk tersebut didaur ulang. setiap ekolabel itu ada kriteria masing - masing. bahkan jenis bahan bakar apa yang digunakan serta proses limbahnya diolah seperti apa juga menjadi pertimbangan buyer membeli suatu produk.

pemikiran tentang ramah lingkungan, ataupun recyclibility dalam penggunaan material baja ringan harus dipertegas kembali. hendaknya setiap produsen dapan menjelaskan kepada konsumen tentang konsep tersebut. apkah karena material yang tidak menyisahkan sampah..? atau bahan - bahan sisa yang bisa di-recycle menjadi bahan lain yang berguna..?

nah berdasarkan kreteria susuatu produk bisa di sebut ramah lingkungan sperti yang disampaikan diatas. apakah Baja ringan sudah memenuhi kreteria ekolabel atau ramah lingkungan..? jika di telusuri lebih jauh, secara umum baja ringan bisa mengurangi pembalakan ringan karena bisa meminimalisasi bahkan cendrung menghilangkan penggunaan material kayu dalam konstruksinya. akan tetapi sesuai prinsip ekolabel bahwa produk yang di beri ekolabel selayaknya adalah produk yang dalam daurnya mulai dari pengadaan bahan baku,proses produksi serta penggunaannya memberi dampak lingkungan negatif yang relatif kecil di bandingka produk lain yang sejenis. jadi bisa di katakan baja ringan menjadi alternatif penggunaan material bangunan masa depan yang lebih bisa diterima sebagai produk sejenis yang ramah lingkungan.

Mungkin demikian seputar penjelasan apakah baja ringan Ramah lingkungan atau tidak. silahkan berikan komentar anda terkait hal ini untuk mengetahui secara benar bahwa Baja ringan ramah lingkungan ataukah tidak.

Sumber referensi : Rangka atap baja Ringan (Iden Wildensyah, M.Si)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Benarkah Baja Ringan Ramah Lingkungan..?
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/01/benarkah-baja-ringan-ramah-lingkungan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer