Tips membeli Struktur Rangka Atap Baja Ringan

Posted by Taufick Max Minggu, 06 Januari 2013 2 komentar
Share on :

Tips membeli Struktur Rangka Atap Baja Ringan


Pada kesempatan ini kita akan membahasa seputar tips membeli Rangka atap baja ringan. membeli rangka atap baja ringan berarti membeli struktur. bukan sekedar membeli material saja, tetapi juga membeli jaminan struktur yang bisa menjamin pembelinya merasa aman. hal ini di karenakan atap merupakan bagian dari bangunan yang berfungsi untuk melindungi bagian dari cuaca dan benda - benda lain yang dapat mengganggu seperti hujan,panasa,angin, debu, dsb. maka dari itu atap harus dapat memberikan kenyamanan bagi penghuninya dari gangguan - gangguan tersebut.

Di samping kemudahan dalam memndapatkan, kecepatan pemasangan, dan struktur yang kuat membuat rangka atap baja ringan cepat terkenal. teknologi dalam perencanaan dan pemasangan rangka atap baja ringan beragam sesuai dengan profil dari elemen  kuda - kuda itu sendiri. profil kuda - kuda rangka atap baja ringan yang beredar di pasaran terdiri dari profil omega,Profil C, Profil Z, dan profil Hpllow. tiap profil memiliki kelebihan serta perbedaan prinsip dalam pemasangannya.

Komposisi Struktur Rangka Atap Baja Ringan

Rangka atap baja ringan memiliki aturan - aturan struktur dalam pemasangannya yang harus sesuai dengan aturan teknis. komposisi rangka atap baja ringan beragam, ini tentunya disesuaikan dengan jenis profil yang dipakainya.

Banyak perusahan Baja Ringan di Indonesia yang memiliki komposisi struktur yang lengkap di semua bagian, sehingga kekuatan maksimal rumah bisa tercapai. hal ini di sebabkan karena membeli rangka atap baja ringan berarti membeli kekuatan struktur.

kompoisi struktur rangka atap baja ringan terdiri dari Footplate untuk dudukan kuda - kuda, Diapragma Plate untuk pelat pengaku, Wind Barcing untuk kekuatan angin, Tensioner untuk pengencang Wind Bracing, Valley Gutterltalang, Angle Trim untuk sisi Valley Gutter, Fascia Bracket, Ikatan stabilitas, ikatan atas, dan ikatan bawah.

nah untuk membeli  Rangka Atap Baja Ringan itu berarti dengan membeli struktur seperti yang di sampaikan diatas. berbicara tentang struktur dalam Bahasa Indonesia Struktur diartikan sebagai Cara Bagaimana Sesuatu di susun:bangunan,struktural adalah mengenai bangun atau rangka (tentang bangunan.). struktur yang terjamin kuat akan memberikan keamanan dan kenyamanan pembelinya.

Harga Rangka Atap Baja Ringan

Apakah Struktur menentukan harga ataukah harga yang menentukan struktur..? itu pertanyaan yang paling mendasar yang wajib kita tanyakan.namun penentuan harga tentang mahal atai tidaknya struktur rangka atap baja ringan tentu sangat relative. setiap produsen dan aplikator mempunyai cara yang berbeda dalam menentukan harga yang pantas untuk produknya. tetapi struktur biar bagaimanapun tetap sama. sama - sama harus menjamin kenyamanan costumer.

Jangan tergiur dengan harga murah karena ditakutkan adanya pengurangan - pengurangan pada elemen dasar struktur rangka atap baja ringan seperti pengurangan Bracing (ikatan - ikatan) atau eksesoris lainnya yang penting bagi  sistem struktur tersbut. katakanlah nilai harga strukturnya murah, lalu materialnyapun tentunya akan di sesuaikan dengan kondisi harga tersebut. tetapi jika kita mementingka struktur dulu di bandingkan harga maka harga tersebut bisa menjadi jaminan pada struktur yang di beli.

Faktor - Faktor Kekuatan Struktur Rangka Atap Baja Ringan

Struktur kekuatan rangka atap baja ringan ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah bentuk profil dan analisis software. analisis rangka atap baja ringan ini akan menentukan kekuatan, kekakuan, dan kualitas sistem struktur. analisis yang akan menjadi dasar sebelum eksekusi di lapangan atau lebih tepat perakitan.

hasil analisis harus dipertanggungjawabkan oleh semua elemen dalam organisasi perencanaan dan pelaksanaan. kualitas analisis dikontrol dan akan terbukti setelah kuda - kuda terpasang. seorang supervisor sebisa mungkin menjaga hal ini agar kualitas didapat oleh produsen ataupun konsumen.

sejauh ini analisis perencanaan didukung dengan analisis empiris lapangan, hal ini menjadi penting dalam kondisi misalnya. bentuk ring balk yang tidak ideal akan menjadi masalah bagi perakitan yang di analisis di atas meja (software khusus). nah pengalaman disini menjadi pertimngan dalam memutuskan pemasangan yang baik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tapi jangan salah ada juga produsen yang hanya mengandalkan analisis emperis atau pengalaman saja, hal ini  bisa dilihat dengan tidak adanya panduan teknis, gambar kerja serta analisis struktur menurut versi software khusus rangka atap baja ringan. Hanya berbekal pengalaman saja  tidak cukup, diperlukan analisis struktur mendalam terhadap perlakuan gaya - gaya yang bekerja. menghilangkan faktor ini bisa berakibat fatal, seperti kuda - kuda yang melendut atau mungkin saja lebih fatal lagi kuda - kuda bisa roboh. tentu saja  siapapun tidak menghendaki hal itu terjadi. maka untuk itu telitilah sebelum membeli adalah solusi yang bijak agar keamanan dan kenyamanan struktur atap rumah bisa terjamin.

Demikian sedikt Tips yang perlu diprhatikan sebelum memutuskan untuk membeli Struktur Rangka Atap Baja Ringan.

Semoga bermanfaat. terima kasih atas kunjungan anda di Blog kampus Sipil ini. dan berikan komentar anda untuk berbagi pengetahuan dengan saya dan teman - teman yang lain yang berkunjung disni.
Sumber Referensi : Rangka Atap Baja Ringan (Iden Wildensyah, M.Si)
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips membeli Struktur Rangka Atap Baja Ringan
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/01/tips-membeli-struktur-rangka-atap-baja.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Sebaiknya diulas juga merk-merk atap baja ringan yang memiliki kandungan bahan / kualitas yang baik menurut lembaga yang berwenang memberikan penilaian (ranking)

Taufick Max mengatakan...

Thanks yah atas masukannya...

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer