Potensi Tenaga Air

Posted by Taufick Max Minggu, 10 Februari 2013 0 komentar
Share on :

Potensi Tenaga Air

Sudah sejak lama kita kenal, tenaga air dipakai untuk memutarkan kincir sudah sejak lama terdapat di indonesia,kincir air merupakan salah satu cara pengunaan tenaga air sehingga menjadi tenaga mekanik atau tenaga elektrik.

Secara umum kincir air dapat dibagi menjadi tiga golonan yakni tergantung pada cair itu menggerakkannya

-  Kincir air yang bergerak akibat berat air yang mengalirpada kincir air tersebut.

-  kincir air yang bergerak akibat berat air dan tumbukan air yang dipancarkan kepadanya.

Macam kincir air yang banyak digunakn di indoesia sebagai berikut

-  Kincir yang dialiri dari atas.
-  Kincir yang dialiri dari tengah.

Kincir yang dialiri dari atas

Pada kincir air semacam ini kita menggerakkan perputaran kincir dengan mengalir air di atasnya, jadi air memasuki ember-ember pada kincir melewati atas dan bagannya seperti berikut



Kincir air ini yang berputar disebabkan oleh brat air yang mengisi ember tersebut dan mudah dimengerti, air dari salauran yang berasal dari waduk mengalir masuk ke dalam ember yang diatur oleh pintu air dan berat dari air tersebut mendorong ember untuk turun ke bawah dan keadaan ini akan mengakibatkan berputarnya kincir tersebut.Ember itu akan kosong kembali setelah mencapai pada saluran bawah yaitu saluran yang membuang air dari kicir air tersebut dan pada saat ember membuang air itu kedudukannya adalah pada posisi terbawah.

Ember itu direncanakan sedemikian rupa sehingga energi air dapat ditampung seluruhnya , kadang-kadang konstruksi dari ember dibuat sedemikian rupa sehingga waktu air masuk ke ember tersebut mempunyai kecepatan tertentu,pada keadaan yang terakhir ini kita katakan kincir air digerakkan oleh berat air (gaya berat) dan tumbukan oleh masa air.

Tenaga yang tersedia dari kincir yang dialiri dari atas dirumuskan sebagai berkut :





Di mana

   P = tenaga yang tersedia (tk)

   Q = debitair yang masuk ke dalam ember

   Q = k.b.d.½ w.D

   d = dalamnya selimut air(r1-r2)

   b = lebar dari ember

   k = koefisien masuknya air ke dalam ember

   w = kecepatan sudut putaran kincir

   D = garis tengah kincir air

   H = tinggi air (selisih permukaan air antara teratas dan terbawah).

   ? = efesien (rendaman)

     = 60-80%

Kincir yang dialiri dari tengah

Air itu dialirkan pada kincir dan memasuki ember-ember melewati tengah-tengah kincir,kincir jenis ini digerakan sebagian oleh berat air dan sebagian oleh kecepatan pengaliran air.


Air dari saluran atas dialirkan ke dalam ember-ember tanpa ada kesukaran melewati sejumlah lubang yang dapat diatur yakni dibuka dan menutup.Berat air menekan ember-ember bergerak ke bawah dan ini berarti memutarkan kincir air, keistimemawaan dari kincir ini yang perlu diperhatikan adalah kincir dibagian bawah tercelup air pada saluran pembuangan.Arah perputaran kincir dan arah aliran air yang dibuang pada saluran pembuang adalah sama.Dengan demikian bahwa sewaktu air meninggalkan ember-ember akan mendorong juga perputaran kincir itu berputar sebagian disebabkan karena berat air dan sebagian lagi oleh pancaran air.


Keuntungan dan kerugian dari kincir air

Keuntungan dari kincir air

- Konstruksi sederhana dan kokoh (kuat).
- Dapat dilaksanakan pada tinggi air yang rendah.
- Cukup murah.
- meskipun debit air tidak tetap tapi ia akan memberi efesiensi yang tetap.

Kerugian kincir air

- Mempunyai kecepatan putar yang rendah.
- Berat dan sangat besar hal ini jelas bila dibandingkan dengan tenaga yang dapat dihasilkan.
- Kurang baik untuk keadaan di mana tinggi air adalah besar.
- Kecepatan putar sukar dirumuskan.

Turbin Pelton

Turbin Pelton adalah turbin air yang jenis impuls yang mempunyai tinggi jatuh air yang sama besar, bagian-bagian dari bentuk turbin Pelton adalah sebagai berikut:

Nolsel

Bagian dari konstruksi turbin Pelton mengatur pancaran air bentuk dari nosel (pancaran) tidak lain adalah lubang semprotan air yang dilengkapi dengan lembing yang mengatur luas pengaliran semprotan air. Lembing pengatur berada di dalam nosel kecuali pengatur luas lubang yang kita inginkan juga merupakan sebagai alat kontrol untuk membuat kekuatan pancaran air itu tetap (lembing yang dimaksud adalah katup pengatur), apabila katup tersebut digerakkan ke depan maka akan menutup lubang sehingga lubang akan menyempit(mengecil) atau menutup sama sekali.

Bagian yang Berputar

Bagian yang berputar dari turbin Pelton terdiri dari suatu piringan yang bersatu dengan poros horisontal yang dipasang pada pusat piringan tersebut, pada bagian yang berputar yang berbentuk piringan tadi dipasang ember-ember yang bentuknya seperti mangkok yang berukuran sama.

permukaan dari ember yang berbentuk seperti mangkok tadi dibuat licin, untuk tinggi air terjun yang kecil biasanya ember-ember itu dibuat dari besi cor. Dan untuk tinggi air terjun yang besar karena kecepatan air adalah besar maka ember harus dapat tahan terhadap benturan air iru, sehingga dalam praktek ember banyak dibuat dari brons atau baja tahan karat atau bahan logam lainnya yang mempunyai daya tahan yang tinggi.

Plat Pelindung (Casing)

Plat pelindung dipasang pada turbin Pelton praktis tidak mempunyai pengaruh pada kerja turbin tetapi lebih mengarah pada usaha untuk menjaga keamanan, karena piringan yang berputar akan berbahaya bila dibiarkan terbuka kecuali itu air yang mencurat di sela-sela ember akan ditangkap oleh plat pelindung dan diantarkan ke saluran pembuang .

Pemeliharaan Bangunan Air

Pemeliharaan  bangunan air untuk menambah panjang umur bangunan tersebut dan tujuan ini bermaksud pula untuk menambah:guna pakai" bangunan tersebut .Tetapi kadang-kadang kita ihat justru ada bangunan yang harus kita hancurkan dalam keadaan yang demikian ada ud apertimbangan yang kita pakai yakni :

-  Bangunan telah membahayakan manusia yang menggunakan
-  Bangunan harus diganti karena sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan .
- Pemeliharaan khusus bangunan air yang cukup sulit di bandingkan dengan bangunan gedung sebab kecuali tempatnya yang jauh dari permukiman juga bangunan itu umumnya besar-besar.

Usaha pemeliharaan pekerjaannya banyak dipegaruhi oleh keadaan musim, pada musim penghujan perbaikan-perbaikan tanggul dan longsoran mungkin harus dikerjakan karena adanya banjir dan penyumbatan saluran.Pekerjaan karena bedahnya tanggulbukan lagi termasuk pekerjaan yang dapat ditangguhkan tapi harus dilaksanakan demi keamanan.Perbaikan secara keseluruhannya umunya akan dilaksanakn pada musim kemarau di mana tinggi air dalam saluran cukup rendah.

Pemeliharaan bangunan urung-urung ditekankan pada usaha menghilang benda denyut yang berhenti di dalam urung-urung tersebut dan usaha menghindarkan timbulnya benda yang berhenti di dalam urung-urung tersebut.Usaha membersihkan urung-urung merupakan pekerjaan yang terus menerus terutama pada kolom pengontrol harus mendapat perhatian yang seksama.

Usaha pemeliharaan yang harus dimulai dengan memahami bentuk susunan urung-urung tersebut di mana letak belahan,baik kontrol, penyimpangan dan lain-lain harus diketahui dengan baik dan perlu gambar yang menunjukkan berapa dalamnya dari permukaan tanah.

Peralatan yang diperlukan untuk pekerjaan pemeliharaan urung-urung tergantung dari ukuran urung-urung itu,saluran tertutup yang berada jauh dari permukiman. Peralatan yang dibutuhkan dalam hal ini adalah alat pemotong akar,skop,kabel dengan alat penggulungnya untuk menarik keluar potongan kayu, akar-akar dan sebagainya .Untuk memudahkan pembersihannya sebaiknya ukuran urung-urung dibuat cukup besar sehingga orang dapat bekerja di dalamnya dengan tanpa kesukaran.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Potensi Tenaga Air
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/potensi-tenaga-air.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

Materi Populer