Jurusan Teknik Sipil UGM

Posted by Taufick Max Sabtu, 16 Februari 2013 0 komentar
Share on :

Jurusan Teknik Sipil UGM

Jurusan Teknik Sipil UGM

Jika sebelumnya kita telah mengulas sejarah Jurusan Teknik Sipil UI dan Jurusan Teknik Sipil UNS, maka pada kesempatan ini kita juga akan mengulas sedikit tentang Jurusan Teknik Sipil UGM. sebagai salah satu Universitas yang terbaik di Indonesia.

Sejarah Singkat tentang Jurusan Teknik Sipil UGM

Jurusan Teknik Sipil UGM merupakan salah satu Jurusan pertama di UGM. sebelum tergabung dalam Balai Perguruan Tinggi swasta Gadjah Mada yang dibentuk pada Tahun 1946. Jurusan Teknik Sipil UGM adalah Bagian dari Sekolah Tinggi Teknik Jogjakarta yang juga diganti namanya pada Tahun 1946, yang sebelumnya adalah STT Bandoeng yang pindah tempat ke Jogyakarta.

Alasan kenapa STT Jogayakarta tidak menjadi Bagian dari Perguruan Tinggi swasta Gadjah mada adalah karena STT Jogyakarta merupakan Lembaga Pemerintah atau berstatus Negeri.

Namun pada 19 Desember 1949 STT Jogjakarta digabungkan dengan Sekolah Tinggi Kedokteran dan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada Menjadi Universitas Negeri Gadjah Mada. dan STT Jogjakarta berubah menjadi Fakultas Teknik UGM, dengan salah satu Jurusannya yaitu TEKNIK SIPIL UGM.

Pada Tahun 2006 Jurusan Teknik Sipil UGM berubah nama menjadi Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik UGM.

Metode Perkuliahan Jurusan Teknik Sipil UGM

Metode Perkuliahan yang dilakukan di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan UGM berdasarkan Prosedur Proses Belajar Mengajar yang dibuat oleh Universitas Gadjah Mada, Yakni Sebuah sistem Pembelajaran yang berbasis Penyelesaian Masalah, terutama untuk Mata Kuliah yang Nilai Bobot Enggineeringnya sangat Tinggi. selain itu Teknik pemberian materi kuliah oleh dosen adalah bagaimana mendorong para Mahasiswa agar berpartisipasi aktif dalam setiap mata kuliah Jurusan Teknik Sipil UGM.

Seperti halnya di Jurusan Teknik Sipil yang lain, maka pada Jurusan Teknik sipil UGM juga dalam satu semester ada 14 Kali Pertemuan untuk setiap mata Kuliahnya. Dimana Minggu 1-7 adalah Kuliah Tatap Muka, Minggu 8-9 Ujian Tengah Semester, Minggu 10-16 kembali Kuliah Tatap Muka, dan Minggu 17-18 Ujian Akhir Semester.

Kurikulum Jurusan Teknik Sipil UGM

Pada Tahun 2006 Jurusan Teknik Sipil UGM telah melakukan Penyempurnaan dari Kurikulum 2001. sehingga dengan Kurikulum Jurusan Teknik Sipil UGM 2006 ini bertujuan untuk Mengembangkan Wawasan Mahasiswa Teknik Sipil terhadap Bidang Ilmu Pengetahuan di luar Teknik Sipil, Pengembangan Kompetensi dan Profesionalisme yang mesti dimiliki sebagai Seorang Enggineer dan Mampu berkompetisi secara Global serta berkonstribusi terhadap Pemberdayaan Masyarakat.

Pada Kurikulum Jurusan Teknik Sipil UGM 2006 ini, dimana pada Semester 1 sampai 6 Mahasiswa dibekali dengan Ilmu Pengetahuan tentang Ketekniksipilan dan selanjutnya pada semester 7 dan 8 Mahasiswa bisa memilih 4 Jalur yang harus diikuti dalam rangka penyelesaian Study di Jurusan Teknik Sipil UGM ini. 4 Jalur tersebut Yakni :

Jalur A : Yaitu Multi Disiplin dimana Mahasiswa dapat Memilih Mata Kuliah Teknik Sipil serta Meperkaya Ilmu Pengetahuan Tentang Keteknisipilan dan Bisa juga mengambil Mata Kuliah di Luar Teknik Sipil.

Jalur B : Yaitu Magang, dimana dalam Tugas Akhir ini Mahasiswa Bisa Memilih untuk menambah Pengalaman serta pengetahuannya di Bidang Praktek Jasa Konstruksi, apakah Sebagai Kontraktor Pelaksana, Konsultan Supervisi, Konsultan Perencana ataukah memilih Praktek di Instansi Terkait dengan Ketekniksipilan

Jalur C : Yaitu Jalur Internasional, Dimana Mahasiswa akan Melanjutkan Kuliah Teknik Sipil di Luar Negeri untuk membangkitkan Kepercayaan Diri dan mampu berkompetisi secara Internasional.

Jalur D : yaitu Pemberdayaan Masyarakat, dimana Mahasiswa dapat mengaplikasikan pengetahuannya selama kuliah kepada Masyarakat.


Foto Jurusan Teknik Sipil UGM

Sumber Referensi : www.tsipil.ugm.ac.id
Demikianlah sekilas tentang Jurusan Teknik Sipil UGM. Jika dalam penulisan diatas terdapat Kesalahan mohon untuk dikoreksi dan jika ada yang kurang mohon  agar bisa ditambahakan dalam kolom Komentar dibawah ini dalam rangka menyempurnakan pengetahuan tentang Jurusan Teknik Sipil UGM.
 
Mohon di Bagikan/Share Info ini agar lebih banyak lagi yang mengenal Jurusan Teknik Sipil UGM. Terima Kasih.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Jurusan Teknik Sipil UGM
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/jurusan-teknik-sipil-ugm_16.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer