Cara Buat Artikel Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Sabtu, 02 Februari 2013 2 komentar
Share on :

Cara Buat Artikel Teknik Sipil

Menulis Artikel Teknik Sipil
Jika anda adalah orang yang suka Browsing di Internet, maka Kata Artikel mungkin tidak asing di telinga anda. yah karena setiap informasi atau konten yang dimuat di blog/website selain gambar dan Video adalah Artikel. setiap informasi yang ingin kita cari di Internet pasti yang kita buka merupakan kumpulan dari Artikel-artikel disebuah Blog. termasuk didalam Blog Kampus-Sipil ini. namun kadang kita bingung dan bahkan tidak tau apa sebenarnya Defenisi dari Artikel.

Berbicara tentang Defenisi Artikel, itu berarti kita memberikan Batasan akan makna Artikel sehingga bisa terpahami bahwa artikel itu berbeda dengan tulisan yang lain. untuk itu sebelum kita membahas tentang Bagaimana caranya Menulis Artikel Teknik Sipil, maka sebaiknya kita harus tahu dulu Apa Itu Artikel.

Apa itu Artikel

Menurut Wikipedia.com Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran, majalah, buletin,Blog, Dsb) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan, mendidik, dan menghibur.

Sementara Menurut Eneste (2005) artikel didefinisikan sebagai bentuk karangan yang berisi analisis suatu fenomena alam atau sosial dengan maksud untuk menjelaskan siapa, apa, kapan, dimana, bagaimana dan mengapa fenomena alam atau sosial tersebut terjadi. Suatu artikel kadang-kadang menawarkan suatu alternatif bagi pemecahan suatu masalah.

Jadi dari defenisi diatas kita dapat Simpulkan bahwa Artikel merupakan Karya Tulis seseorang yang memuat gagasan atau idenya tentang sebuah realitas yang dipahaminya untuk disampaikan kepada orang lain yang bisa bermanfaat untuk penambahan pengetahuan dalam menjalankan kehidupan ini.

Ciri-Ciri Artikel

Artikel Memiliki Ciri-ciri yaitu :

Lugas: tulisan langsung menuju persoalan

Logis: segala keterangan yang dipaparkan harus memiliki dasar dan alasan yang masuk akal dan dapat        diuji  kebenarannya.

Tuntas: masalah atau tema yang dipilih dipaparkan secara mendalam

Obyektif: keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada

Cermat: berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.

Jelas dan padat: keterangan mudah dipahami Tidak melibatkan emosi yang berlebihan Menggunakan bahasa baku dan memperhatikan tanda baca

Menyajiakan fakta obyektif secara sistematis atau menyajikan aplikasi hokum alam pada situasi spesifik
Penulisannya cermat, tepat dan benar, serta tulus. Tidak memuat terkaan pernyataan-pernyataannya tulus tanpa mengingat efeknya

Tidak mengejar keuntungan pribadi, yaitu tidak berambisi agar pembaca berpihak padanya. Motifasi penulis hanya memberitahukan tentang sesuatu. Penulis yang ilmiah tidak ambisius dan tidak berprsangka

Artikel itu sistematis, tiap langkah direncanakan sistematis terkendali, secara konseptual dan procedural

Artikel itu tidak emotif, tidak menonjolkan perasaan. Karangan ilmiah menyajikan sebab-musabab dan pengertian. kata-katanya mudah diidentifikasi. Alasan-alasan yang dikemukakan induktif, mendorong untuk menarik kesimpulan tidak terlalu tinggi, dan bukan ajakan

Tidak memuat pandangan-pandangan tanpa pendukung, kecuali dalam hipotesis kerja

Ditulis secara tulus, dan memuat hanya kebenaran. Tidak memancing pertanyaan-pertanyaan yang meragukan

Artikel tidak argumentative. Karangan ilmiah memungkinkan mencapai kesimpulan, tetapi penulisnya membiarkan fakta berbicara sendiri

Artikel itu tidak persuasive, yang dikemukakan fakta dan aplikasi hukum alam kepada problem spesifik, mengemukakan keyakinan itu sukar, tetapi keyakinan itu sendiri tidak ilmiah.

Maksud Artikel Teknik Sipil

Jadi Artikel Teknik Sipil yaitu sebuah karya tulis yang memuat gagasan atau ide tentang Ilmu Keteknik Sipilan yang bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan seputar dunia Teknik Sipil. Karena artikel merupakan karangan Ilmiah artinya karangan tersebut memang berdasarkan pandangan yang bersifat Rasional, Sistematis, dan tentu memiliki indokator keilmiannya.

Langkah-langkah Pembuatan Artikel Teknik Sipil

Untuk Menulis Artikel Tentang Teknik Sipil tahapan yang harus dilakukan yaitu :

Persiapan Penulisan Artikel Teknik Sipil

Cara Menulis Artikel Teknik Sipil
Menentukan Topik atau Ide Penulisan Artikel Teknik Sipil.
jadi sebelum menulis Artikel tentang Teknik Sipil, maka langkah pertama adalah kita harus tentukan dulu topik apa yang mau kita bahas. apakah itu tentang Struktur Beton, Pondasi, Rangka Baja. dan lain sebagainya. nah setelah menentukan topik barulah kita menciptakan Ide untuk membahas secara spesifik terhadap Topik yang kita bahas tersebut. Misalnya tentang Bahan-bahan Penyusun Beton, Bahan Tambah untuk Beton, Alat Pencampuran Beton. dan lain sebagainya. nah setelah kita sudah punya Ide untuk pembahasan tersebut. selanjutnya adalah Merumuskan Masalah.

Merumuskan Permasalahan.
Dari Topik yang mau kita bahas dari suatu Topik Ilmu Teknik Sipil itu, kita tentunya harus mencari dan menemukan apa sih permasalahan yang terjadi dalam Dunia Teknik Sipil terkait dengan Ide Tersebut. Misalnya jika mau kita bahas adalah Bahan-bahan Penyusun Beton. Maka kita harus mengetahui tentang permasalahan yang akan terjadi atau dampak yang timbul jika kita tidak mengetahui bahan-bahan penyusun Beton tersebut, Takarannya, Fungsinya, dan lain sebagainya.
Tentukan Out Line
Out Line adalah Garis-garis besar yang mau kita bahas dalam artikel. misalnya jika yang dibahas tentang Bahan-Bahan Penyusun Beton. maka mungkin kita bisa membuat Outlinenya yaitu Material Pembuatan Beton, Takaran bahan Penyusun, Macam-macam Bahan Penyusun, Kelebihan setiap Bahan Penyusun Beton. dan lain sebagainya.
Kumpulkan Data
Setelah semua Outline telah kita buat maka kita tinggal mencari Informasi atau data yang sudah ada dari masing-masing outline tersebut. data yang kita gunakan bisa dari berbagai sumber, misalnya melalui Buku, Blog, Koran, Majalah dll. saya sendiri biasanya mengumpulkan data melalui Buku-Buku Teknik Sipil dan Blog/website. namun jika data atau sumber informasi yang kita cari ternyata tidak tersedia, maka kita bisa melakukan penelitian dilapangan.

Tahapan Penulisan Artikel Teknik Sipil

Jika semua data yang kita butuhkan sesuai outline yang kita susun semuanya sudah terkumpulkan maka kita tinggal menulis Artikel Teknik Sipil tersebut secara sistematis.

Tahapan Publikasi Artikel Teknik Sipil

Proses Menulis Artikel Teknik Sipil
Sebelum mempublikasikan Artikel Teknik Sipil tersebut, sebaiknya kita baca kembali dan melakukan pengeditas jika terdapat kesalahan, baik tanda baca, kata, dan sebagainya.

Mungkin itulah beberapa tips Cara Menulis Artikel Teknik Sipil yang biasa saya terapkan. Jika teman-teman memiliki cara yang lain mungkin bisa sheringkan dan bagikan informasinya. intinya saya juga masih dalam tahapan Belajar Menulis Artikel Teknik Sipil. Yah dari pada cuma sekedar baca, mending saya tuangkan dalam bentuk tulisan. semoga Tulisan ini bermanfaat. Jika ada yang salah mohon koreksinya. Terima Kasih.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

Syarat Perancangan Beton Menurut SNI
Cara Mendapatkan Buku Teknik Sipil gratis
Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil  
Mengenal Jurusan Teknik Sipil
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Buat Artikel Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/02/cara-buat-artikel-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 komentar:

Teknik Sipil mengatakan...

makasih infonya, sangat bermanfaat.......kita tunggu bantuan kunjungan baliknya ke link kita

Taufick Max mengatakan...

@Teknik Sipil : Thanks juga gan. sudah berkunjung ke blog saya. salam kenal... Blognya juga menarik, semoga kita bisa saling berbagi tentang Ilmu Teknik Sipil

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer