Desain Menentukan Kebutuhan Ruang Rumah

Posted by Taufick Max Sabtu, 22 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Desain Arsitektur Menentukan Kebutuhan Ruang Rumah


Desain Karala House Ruma Minimalis
Desain  Menentukan Kebutuhan Ruang Rumah- Untuk mempunyai suatu bentuk Desain bangunan dan tatanan ruang yang baik dan betul – betul sesuai dengan keinginan anda maupun seluruh anggota keluarga, maka perlu direncanakan dengan matang. Dalam hal ini anda perlu memahami bagaimana cara menata rumah dengan baik agar setiap ruang dapat berfungsi secara optimal dan rumah akan terlihat bagus serta menarik.

Selain anda bisa menggunakan jasa arsitek, di mana semua kebutuhan yang berkaitan dengan perencanaan yang matang tersebut dapat anda diskusikan dengan arsiteknya, maka anda juga bisa melakukannya sendiri dengan cara mengenali seberapa banyak kebutuhan ruang untuk keluarga anda serta memahami langkah – langkah perencanaan yang diperlukan sebelum anda membangun rumah anda sendiri untuk memperjelas apa yang harus anda lakukan jika anda akan melakukan perencanaan sendiri, maka anda bisa memperhatikan yang pertma yaitu :

Menentukan Kebutuhan Ruang

Untuk memperoleh suatu bentuk dan Desain Rumah Tinggal yang mempunyai jumlah serta jenis ruang yang bisa sesuai dengan keinginan dan kebutuhan semua anggota keluarga, maka sebelum anda membangun rumah sebaiknya tentukan terlebih dahulu kebutuhan – kebutuhan ruang yang akan di masukan dalam rumah tinggal tersebut.
   
Sebuah tahapan perencanaan untuk menentukan kebutuhan ruang dalam rumah yang akan dibangun sangat mutlak, karena pada dasarnya perencanaan yang baik merupakan tahapan awal dan memegang perenan pentinng dalam sebuah proses untuk mendisain rumah. Upayakan agar semua yang menjadi keinginan anda dan seluruh anggota keluarga  bisa terpenuhi (Terakomodir). Idelanya ruang-ruang yang anda harus dapat menginspirasikan (memenuhi) kebutuhan setiap anggota keluarga, meskipun nantinya luasan ruang tersebut terbatas (harus dibatasi).

Menentukan kebutuhan ruangan dalam merancang rumah tinggal dalam langkah pertama yang  harus di lakukan agar rumah yang akan di bangun tersebut bisa berfungsi secara maksimal dan memberikan kenyamanan terhadap seluruh penghuni. Haltersebut terseut sangat penting di lakukan, karna hanya anda dan keluarga anda dan seluruhnya bisa memahami kebutuhan ruang untuk seluruh penghuni (semua anggota keluarga). Untuk memperoleh sebuah rumah  yang betul-betul seluai dengan kebutuhan anggota keluarga sebaiknya buatlah daftar ruang yang betul-betul di perlukan dan berguna bagi seluruh anggota keluarga (penghuni).
   
Berikut adalah sebuah tahapan yang bisa anda lakukan untuk menentukan kebutuhan ruang yang bisa mengespresikan kebutuhan semua anggota keluarga.

1.Buatlah daftar kebutuhan ruang dengan memperhitungkan semua kegiatan anggota keluarga (seluruh penghuni rumah).

2.Setelah semua kebutuhan ruang dapat di akomodir, buat perencanaan konsep ruang yang akan anda terapkan dalam rumah anda, misalnya menentukan luasan masing-masing ruang, bentuk dan oreantasi ruang, pencahaan maupun ventilasi  dan sebagainya,.

3.Tentukan jumlah kamar tidur berdasarkan jumlah penghuni keseluruhan.

4.Tentukan jenis dan jumlah ruang-ruang yang lain setelah didapat jumalah kamar tidur, misalnya seperti  tuang teras, tuang tamu, ruang keluarga dan ruang makan, ruang dapur dll.

5.Tentukan jenis ruang apa saja yang akan diutamakan atau harus ada berdasarkan skala prioritas.

6.Jika ternyata luas lahan yang anda punya terbatas, maka anda dapat melakukan penggabungan fungsi ruang yang mempunyai kemiripan fungsi atau jika mungkin jarang digunakan ruang tersebut bisa di hilangkan saja. Sebagai contoh misanya anda bisa menggabungkan ruang keluarga dengan ruang makan menjadi satu,sehingga bisa melakukan efisiensi tempat/lahan.

7.Manfaatkan ruang-ruang ekstra, misalnya ruang yang berada di bawah bordes tangga sebagai ruang penyimpan (storage),rak atau bahkan untuk kamar mandi dan WC (toilet).

8.Juka rumah anda bertingkat, maka anda bisa membuat balkon sebagai media untuk bersantai dan istirahat pada jam-jam tertentu tanpa harus terganggu oleh aktivitas anggota keluarga yang lain.

9.Untuk upaya efisiensi, manfatkan ruang di bawah atap (di atas plafon) sebagai gudang jika memang lahan yang tersedia sudah sempit.

10.Buat pengelompokan  (zonasi) ruang berdasarkan kebutuhan, kegiatan dan aktivitas semua anggota keluarga dan buatlah layout ruang yang fleksibel agar bisa tercipta ketenangan dan kenyamanan.

Demikianlah artikel tentang tips Pentingnya perencanaan Rumah bagian 1 ini Menentukan Kebutuhan Ruang pada Rumah Anda

Jika Anda memiliki tips – tips lain bagikanlah disini. Atau BAGIKAN TULISAN ini kepada yang lain. Semoga bermanfaat.

Baca Informasi Lainnya :

 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Desain Menentukan Kebutuhan Ruang Rumah
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/desain-menentukan-kebutuhan-ruang-rumah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer