Tips dan Cara Penataan Ruang. Rumah

Posted by Taufick Max Sabtu, 22 Juni 2013 0 komentar
Share on :

Tips dan Cara Penataan Ruang. Rumah

 
Desain Rumah Karala Minimalis


Tips dan Cara Penataan Ruang. Rumah- Teman – teman sekalian pada kesempatan yang lalu kita telah membahas tentang Menentukan Zonasi Ruang pada Desain Rumah anda. Nah untuk kesempatan ini yaitu kita akan melakukan pembahasan mengenai dengan hal – hal mendasar yang harus anda jadikan pertimbangan dalam penataan ruang di Rumah anda.

Dalam melakukan penataan ruang – ruang  untuk Rumah tinggal anda maka ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait dengan ukurang atau dimensi Ruang, material, serta hubungan antara ruang itu sendiri.
Pertimbangan dalam perencanaan dimensi ruang bisa digunakan sebagia acuan untuk menentukan eleman – eleman pengisi ruang tersebut. Untuk membentuk karakter yang di bangun oleh sebuah ruang maka perlu ditentukan jenis dan karakter dari material yang akan digunakan. Sedangkan untuk menciptakan pola sirkulasi sebuah ruangan perlu di pertimbangkan keterkaitan – keterkaitan antara ruang tersebut.

Jika perencanaan ruang – ruang yang ada dalam Rumah di perhatikan beberapa poin tersebut, maka akan membawa banyak manfaat terhadap adanya tuntutan kebutuhan sebuah rumah tinggal yang nyaman dan ideal bagi anda dan keluarga yang anda cintai.

Oke selanjutnya kita akan bahas masing – masing poin penting yang tersebut diatas.

Dimensi Ruang

Perencanaan akan besaran dimensi ruang merupakan unsur yang terpenting pada tahapan proses perencanaan Rumah tinggal. Hal itu disebabkan oleh karena Rumah tinggal pada hakekatnya merupakan materialisasi kebutuhan Ruang bagi pemiliknya. Berdasarkan pertimbangan dan kenyataan bahwa sebuah Rumah di Buat untuk ditempati selamanya. Untuk itu apabila kebutuhan ruang baik jenis maupun luasannya tidak terpenuhi maka penghuni tidak akan merasa nyaman dan betah untuk tinggal dalam waktu yang lama.

Dimensi ruang merupakan salah satu factor penentu terpenuhinya kebutuhan ruang  yang ideal dan nyaman bagi penghuninya di samping juga menganalisa dari fungsi ruang itu sendiri, pertimbangan jumlah anggota penghuni yang akan menempati, jenis aktivitas dan kegiatan yang berlangsung dalam rumah, serta luas lahan yang tersedia, dan yang terakhir adalah kemampuan anggaran yanganda miliki.

Sebagai contoh misalnya jumlah dan ukuran ruang tidur bisa ditentukan dengan melihat fungsi dan jenis ruang, jumlah penghuni ruang maupun jenis kelamin. Hal itu didasarkan pada pertimbangan bahwa pemakai ruang untuk jenis kelamin laki – laki itu sangat berbeda dengan wanita.

Menentukan material yang di guanakan

Untuk menentukan jenis dan bahan yang akan digunakan dalam ruangan Rumah tinggal bisa digunakan prinsip tepat guna, yaitu menggunakan bahan yang betul – betul sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

Hal itu perlu dilakukakan mengingat material yang akan kita gunakan untuk membangun sebuah Rumah tidak harus selalu mewah dan mahal, tetapi harus sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan.

Unutuk menyesuaikan dengan anggaran yang ada, maka menentukan jenis bahan dan material yang sesuai dengan karakter Desain Rumah merupakan factor yang penting dalam proses membangun sebuah rumah tinggal yang baru maupun dalam proses renovasi.

Realisasi dari hal tersebut bisa dilakukan dengan memilih jenis bahan yang akan digunakan, misalnya untuk lantai akan digunakan keramik atau marmer, plafond akan menggunakan bahan gypsum atau bahan lain, jenis perabot atau Furnitur yang akan di gunakan berbahan kayu atau yang lain. Kemudian standar mutu bahan yang akan digunakan apakah Kw1,Kw2, atau Kw3.

Agar anda bisa memperoleh kepuasan Bentuk Desain Rumah dan merasa nyaman tinggal didalamnya maka hal – hal diatas perlu anda pertimbangkan dan tentukan dengan matang dalam perencanaan ruang – ruang dalam rumah tersebut.

Demikianlah artikel Tips Perencanaan Ruang  untuk  Rumah ini yang membahas tentang  Dasar pertimbangan Penataan Ruang. Semoga bisa sedikit menginspirasi anda dalam Mendesain Rumah anda.

Jika anda menggangap artikel ini penting mungkin bisa anda bagikan ke teman – teman yang lain. Namun kalau anda memiliki pandangan atau masukan SILAHKAN KOMENTAR di bawah ini.

Baca Informasi Lainnya :

 


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Tips dan Cara Penataan Ruang. Rumah
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/06/tips-dan-cara-penataan-ruang-rumah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer