Pengenalan Proyek Konstruksi

Posted by Taufick Max Jumat, 10 Mei 2013 0 komentar
Share on :

Pengenalan Proyek Konstruksi

Proyek Konstruksi Gedung

Industri Konstruksi

Konstruksi dan kemampuan untuk membangun sesuatu adalah salah satu keterampilan tertua dari manusia. pada zaman prasejarah, keterampilan membangunlah yang membedakan antara Homo Sapiens dan spesies lain. Manusia berjuang untuk hidup dan berindung dari lingkungan yang membahayakan dengan membangun tempat tinggal dari berbagai material yang ada pada saat itu, seperti tanah, batu,kayu, dan kulit binatang.

Ketika masyarakat berkembang lebih terorganisasi kemampuan membangun juga meningkat menjadi sesuatu yang manakjubkan, seperti dapat kita lihat pada bangunan-bangunan tua yang terdapat diseluruh penjuru dunia. Sejalan dengan perkembangan waktu beratus-ratus tahun kemudian, membangun menjadi suatu industri yang menjadi penyokong kehidupan suatu bangsa.

Pada masa sekarang, industri konstruksi merupakan suatu industri ekonomi nasional yang berhubungan dengan persiapan lahan dan pembangunan, percepatan , dan perbaikan bagunan  struktur dan properti lainnya. atas dasar itu, industri konstruksi merupakan salah satu indrustri yang paling berkembang diseluruh dunia. pertumbuhan industri konstruksi sejalan dengan pertumbuhan disuatu negara. Menurut Halpin (1998), sektor-sektor berbeda dari industri konstruksi menunjukan pola pertumbuhan yang berbeda diseluruh dunia, seperti :



1. Industri konstruksi menympabangkan nilai yang sangat besar pada pendapatan per kapita dunia, yaitu sekitar 1/10 dari GDP dunia.

2. Industri Konstruksi merupakan industri yang potensial dalam penyerapan tenaga kerja yang besar, yaitu sekitar 7% dari seluruh tenaga kerja di dunia.

3. Industri Konsruksi menyerap 2/5 dari total penyerapan energi diseluruh dunia yang membuat industri ini menjadi sektor terbesar dalam penyerapan energi

Industri ini terdiri dari perusahan besar maupun perusahan kecil. perusahan besar dapat menandatangani suatu kontrak sejumlah  $20 juta per tahun dan melibatkan ribuan pekerja. banyak perusahan besar tersebut yang bergerak dipasar dalam negeri maupun luar negeri.

Karena Industri konstruksi merupakan suatu industri yang berbeda dengan industri lainnya, maka pembagian jenis konstruksi akan sangat membantu dalam memahami struktur industri ini. secara luas, proyek-proyek konstruksi dapat dibagi atau diklasifikasikan menjadi 3 (tiga) bagian, yaitu : Konstruksi Gedung, Konstruksi Teknik, dan konstruksi Industri.

Konstruksi Gedung

Proyek Konstruksi Bangunan Gedung Unik
Konstruksi Bangunan Gedung adalah bangunan yang digunakan sebagai fasilitas umum, misalnya Bangunan Institusional,Pendidikan, Industri ringan,bangunan komersil,sosial, dan tempat rekreasi. Jenis bangunan pada konstruksi ini misalnya Gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, apartemen/rumah susun, dan sekolah. Konstruksi gedung biasanya direncanakan oleh arsitek dan Insinyur Sipil, semenatra material yng dibutukan lebi diteknkan pada aspek-aspek arsitektural.

Konstruksi Teknik

Proyek Konstruksi Teknik
Konstruksi ini juga basanya disebut juga dengan Konstruksi Bangunan Sipil.Konstruksi pada katagori ini melibatkan struktur yang direncanakan dan didesain secara khusus oleh para ahli dan dibuat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berhubungan dengan infrastruktur. jenis konstruksi ini dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu Konsruksi Jalan dan Konstruksi berat

- Konstruksi Jalan
Proyek ini meliputi penggalian,pengurungan,perkerasan jalan, dan konstruksi jembatan serta struktur dranaise. Konstruksi jalan biasanya direncanakan oleh departemen pekerjaan umum setempat dan berbeda dengan konstruksi bangunan dari segi aktivitas antara pemilik, perencana dan kontraktor.

- Konstruksi Berat
Yang termasuk dalam konstruksi ini adalah proyek-proyek utilitas suatu negara, bendungan,pemipaan, tranportasi selain jalan raya, tranportasi air, dan tranportasi udara. Konstruksi ini dibiayai oleh pemerintah atau kerja sama antara pemerintah dan swasta.

Konstruksi Industri

konstruksi ini biasanya melibatkan proyek-proyek teknik tingkat tinggi dalam manufaktur dan proses produksi. dalam beberapa kasus, kontraktir dan arsitek menjad berada pada suatu perusahan untuk mendesain dan melaksanakan pembangunan pabrik bagi pemilik/klien

Pembagian diatas dapat diuraikan sebagai berikut :

Proyek Konstruksi Bendungan Terindah

Proyek Konstruksi Jalan Terindah

Konstruksi Berat, yaitu

- Waduk
- Terowongan
-Jembatan
- Jalan raya
- Airport
- urban Transit sistem
- Pelabuhan
- Pipa bawah tanah
- dan lain-lain

Konstruksi Bangunan Gedung, Yaitu

- Sekolah
- Kampus
- Rumah Sakit
- Perkantoran
- Gudang
- Bangunan Pemerintah
- Dan lain lain

Konstruksi Perumahan

- Rumah Tinggal
- Town House
- Apartemen
- Kondominuim

Konstruksi Industrial

- Bangunan Perminyakan
- Pabrik Petrohemical
- Pabrik lainnya.


Pelaksanaan industri konstuksi membutuhakan perencanaan maksimal yang berguna bagi kelancaran pembangunan, baik perencanaan desain, organisasi, waktu, biaya, dan sebagainya. untuk itu, dibutuhkan keilmuan dalam hal pengaturan atau manajemen yang saling berkesinambungan dan melengkapi dalam dunia proyek dan konstruksi
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. Apa Itu Dinding Diaphragma ?
  2. Apa Itu King Post ? - New !!
  3. Apa Itu Lumpur Bentonite ? - New !!
  4. Cara Pembuatan Basement - New !!
  5. Faktor Keruntuhan Dinding Galian Tanah
  6. MANAJEMEN PROYEK : Total Quality Control
  7. Metode Konstruksi : Retaining Wall
  8. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  9. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  10. Pengenalan Form Work pada Proyek Konstruksi
  11. Pengenalan Jumping Form
  12. Pengenalan Slip Form
  13. Penggunaan Form Work Khusus
  14. Perhitungan Kekuatan Untuk Form Work
  15. Pola Kerja Dinding Diaphragma - New !!
  16. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
  17. Quality Control Pekerjaan Jalan
  18. Sistem Pembangunan Konvensional/Down-up
  19. Sistem Pembangunan Modern/ Top And Down
  20. Teknologi Form Work
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Pengenalan Proyek Konstruksi
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/05/pengenalan-proyek-konstruksi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer