Cara Pengadaan Konsultan

Posted by Taufick Max Sabtu, 25 Mei 2013 0 komentar
Share on :

Cara Pengadaan Konsultan

Proses pengadaan konsultan didahului oleh suatu kajian mengenai keadaan atau faktor yang menyebabkan diambilnya keputusan menggunakan jasa konsultan. Faktor tersebut terletak pada objek dan perangkat calon pemakai (pemilik proyek, kontraktor, dan lain lain), yaitu, bila objek yang dihadapi oleh pemilik proyek merupakan masalah  baru atau relative baru sedangkan perangkat pemilik proyek belum siap untuk menanganinya. 

Dalam menghadapi keadaan demikian, tentu saja dapat diambil alternative lain, misalnya dengan meningkatkan keahlian tenaga dari dalam perusahaan, atau merekrut pegawai baru.

Pendektan seperti ini tidak jarang menjadi pilihan, yaitu bila kondisisnya memungkinkan, misalnya objek yang dihadapi akan terjadi berulang ulang dan berlangsung dalam jangka panjang. Pendekatan di atas juga akan memberikan kepercayaan kepada staf yang tersedia, bila dikaitkan dengan program pelatihan dan pembinaan akan dapat memberikan motivasi yang tinggi. Lebih lagi mereka akan bias menangani pekerjaan yang sifatnya tidak lanjut. 



Kelemahan pendekatan ini membutuhkan waktu relative lama, sehingga tidak siap untuk pekerjaan yang segera akan dating. Faktor lain adalah mengenai reliabilitasi dari produk yang akan dihasilkan.

Selain itu, konsultan yang bonafide telah siap menyediakan tenaga ahli dengan pengalaman yang cukup, serta pengetahuan yang muktahir, sehingga seringkali mereka dapat menawarkan jasa konsultasi yang menarik dari segi jadwal, efesiensi, dan ekonomi. 

Dengan mengetahui latar belakang keterbatasan kemampuan yang khusus untuk menangani masalah yang akan dihadapi serta altenaf jalan keluar yang tetsedia, maka pemilik proyek dapat menyusun rumusan kategori bantuan yang diinginkan. 




Setelah dasar dasar keputusan di atas cukup kuat, maka dimullai proses pengadaan konsultan yang terdiri dari serangkaian kegiatan menuju kearah terjadinya ikatan kerja untuk menangani proyek, dengan urutan langka langkah sebagai berikut.

•    Membuat kerangka acuan – TOR
•    Menyusun program kerja dengan anggaran.
•    Menyusun criteria seleksi.
•    Menyiapkan paket lelang.
•    Proses seleksi dan pembentukan kontrak.


Panitia pengadaan

Untuk menangani kegiatan pengadaan konsultan, disusun  suatau panitia pengadaan. Fungsi serta tuga panitia pengadaan pengadaan tersebut identik dengan panitia  prakualifikasi dan seleksi bagi pengadaan kontraktor. Hanya saja karena lingkup kerja kontraktor utama lebih besar dan lebih beragam, maka ukuran (besar) panitia serta komposisinya pun berbeda pula. Agar panitia pengadaan menguasai permasalahan yang akan ditangani dengan baik, maka komposisi personalianya sekurang kurangnya mencakup mereka yang mempunyai latar belakang disiplin ilmu yang relevan dengan jenis konsultasi yang akan diadakan.

Sumber ; Manajemen Proyek Imam Soeharto
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. Cara Membuat Proposal Proyek
  2. Cara Membuat Proposal Proyek 2
  3. Proses Pemilihan Kontraktor Proyek
  4. Jasa dan Lingkup Kerja Kontraktor
  5. Jasa Konstruksi Dalam Kegiatan Proyek
  6. Peranan dan Kerja sama Para Peserta Proyek - New !!
  7. Jenis Kontrak hasil Penunjukan Langsung
  8. Paket Pengadaan Barang dan Jasa
  9. Pemilihan Peserta Tender Proyek Konstruksi
  10. Etika dan Peraturan Tender Proyek
  11. Kerjasama Dalam Proyek BOT - New !
  12. Memilih Jenis Proyek Konstruksi -New !
  13. Menerima dan Meneliti Proposal 
  14. Sorotan Khusus Kontrak Proyek Konstruksi
  15. Panitia Tender Proyek Konstruksi
  16. Pemilihan Kontraktor Harga Tidak Tetap New !
  17. Dokumen Kontrak dan Paket Lelang
  18. Rancangan Kontrak Proyek Kontruksi
  19. Cara Menyusun Kontrak Proyek Konstruksi
  20. Peraturan Usaha Jasa Kontruksi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Pengadaan Konsultan
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/05/cara-pengadaan-konsultan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer