Definisi Lingkup Proyek Manajemen Konfigurasi

Posted by Taufick Max Rabu, 29 Mei 2013 0 komentar
Share on :

Definisi Lingkup Proyek Manajemen Konfigurasi

Sistem Manajemen proyek Konstruksi
Lingkup proyek dapat dibedakan antara lingkup pemilik dan lingkup kontraktor, terutama pada bentuk kontrak lump-sum. Lingkup pemilik dimulai dari munculnya proyek/studi kelayakan sampai dengan penutupan proyek. Sedangkan lingkup kontraktor setelah memenangkan lelang), dimulai secara intensif sejak diterimanya letter of intent atau tanda tangan kontrak sampai penutupan proyek. Meskipun  kedalaman tanggung jawab tugas masing masing pihak berbeda, misalnya pada tahap implementasi, pihak kontraktor memiliki lingkup kerja yang lebih aktif dan terperinci.

Maksud dan Tujuan

Manajemen Proyek, Manajemen Resiko

 

Maksud dan tujuan pengelolahan lingkup proyek menyangkut kepastian bahwa pelaksanaan proyek mengerjakan semua pekerjaan yang diperlukan untuk mencapai tujuan proyek dengan sukses. Pengelolahan lingkup proyek terutama berkaitan dengan pendefinansian semua hal yang di termasuk ke dalam proyek tersebut.

•  Otorisasi dan Persiapan  Memberikan otorisasi lingkup dan persiapan prasarana.
•  Proyek Inisiasi dan Perencanaan Lingkup Membuat pernyataan lingkup secara tertulis sebagai dasar untuk keputusan keputusa proyek di masa depan.
• Definisi Lingkup Membagi bagi (deliverables) proyek utama kedalam komponen yang lebih kecil, agar lebih mudah dikelolah.
•    Kontrol Perubahan Lingkup Mengawasi perubahan perubahan terhadap lingkup proyek.
•    Verifikasi Lingkup Memastikan bahwa lingkup proyek itu telah dicapai sesuai kontrak.
Dalam prakter, proses proses di atas dapat tumpang tindih dan berinteraksi dalam cara cara yang tidak dapat dirinci pada awal proyek dan mengalami perbaikan dari waktu ke waktu. Setiap proses dapat melibatkan upaya dari satu atau lebih kelompok pelaksanaan, yang tergantung pada kebutuhan.

Otorisasi

 

Otorisasi adalah proses pengakuan formal bahwa sebuah proyek baru akan direalisir. Dalam organisasi pemilik, sebuah otorisasi tidaklah secarah resmi disahkan sampai studi kelayakan dan rencana pendahuluan atau bentuk analisis serupa lainnya selesai dilakukan.  di antaranya:
•    Permintaan pasar, misalnya sebuah perusahaan petrokimia mengesahkan proyek untuk membangun sebuah kilang minyak sebagai jawaban terhadap kekurangan bahan bakar dipasaran.
•    Kebutuhan bisnis, misalnya sebuah perusahaan pelatihan menciptakan suatu kursus untuk meningkatkan pendapatannya.
•    Permintaan pelanggan, misalnya sebuah perusahaan pembangkit tenaga listrik mengesahkan sebuah proyek untuk membangun sebuah generator.
•    Kemajauan teknologi, misalnya sebuah perusahaan elektronik mengesahkan sebuah proyek baru untuk mengembangkan perangkat computer.

Perencanaan Lingkup

perencanaan lingkup adalah proses pembuatan sebuah pernyataan lingkup formal sebagai      dasar bagi keputusan keputusan proyek selanjutnya. Pernyataan lingkup merupakan dasar untuk menghasilkan sebuah kesepakatan antara tim proyek dan pemilik proyek dengan mengidetifikasi hasil (tujuan) proyek secara lengkap.

 Adapun teknik perencanaan lingkup umumnya mengikuti langkah-langkah berikut.

•    Analisis Produk
Analisis produk menyangkut aktivitas pengembangkan pengertian yang lebih baik dari produk proyek itu. Ini termasuk teknik-teknik seperti sistem desain engineering dan rekayasa nilai.

•    Analisis Kelayakan
Analisis kelayakan menyangkut aktivitas mengestimasi biaya-biaya nyata dan tidak nyata serta keuntungan dari bermacam-macam alternatif proyek.

Baca Artikel Lain di Bawah ini :
  1. Cara Membuat Proposal Proyek 2
  2. Paket Lelang Pengadaan Barang dan Jasa
  3. Strategi Mempercepat Jadwal Proyek Konstruksi - New !!
  4. Bentuk Kontrak Konsultan Manajemen Proyek - New !!
  5. Bidang Keahlian Konsultan Manajemen Proyek
  6. Tujuan dan Fungsi Peserta Proyek
  7. Peranan dan Tugas Pemilik Proyek
  8. Jenis Pekerjaan Konsultan Manajemen Konstruksi - New !!
  9. Kemampuan Manajemen Dalam Perusahan
  10. Klarifikasi Akhir Tanda Tangan Kontrak - New !!
  11. Konsultan Manajeman Proyek - New !!
  12. Produk Kerja antara dan Akhir
  13. MANAJEMEN PROYEK : Total Quality Control
  14. Paket Leleng Tender Konsultan Proyek - New !!
  15. Panitia Tender Proyek Konstruksi
  16. Hubungan Antara Owner dan Kontraktor
  17. Rancangan Kontrak Proyek Konstruksi
  18. Rencana Anggaran Biaya dan Program Kerja
  19. Hubungan Antara Owner, Kontraktor, dan Konsultan 
  20. Peranan Pemilik dan Jenis Kontrak
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Definisi Lingkup Proyek Manajemen Konfigurasi
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/05/definisi-lingkup-proyek-manajemen.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer