Konsultan Manajeman Proyek

Posted by Taufick Max Minggu, 26 Mei 2013 0 komentar
Share on :

Konsultan Manajeman Proyek

Konsultan Manajemen Proyek Konstruksi, Konsultan manajemen Proyek It
Konsultan Manajeman Proyek- Satu bentuk jasa konsultasi yang memiliki hubungan unik dengan kegiatan proyek adalah konsultan manajemen konstruksi-KMK atau dikenal sebagai construction management-CM. manajemen konstruksi. Sebagian beranggapan bahwa sesuai dengan namanya, maka profesi tersebut hanya mengkhususkan diri dalam bidang konstruksi. 

Bila kegiatan arsitektur dan desain engineering selesai, maka ‘’ CM’’ baru diperlukan untuk konsultasi dalam aspek konstrusi. Ada pula yang menafsirkan bahwa ‘’CM’’ menggantikan tugas-tugas kontraktor utama (general contractor) dalam hal membagi lingkup proyek menjadi sejumlah paket kerja, dan memberikannya kepada beberapa kontraktor. Dengan demikian, tidak diperlukan lagi jasa kontraktor utama.

Adanya perbedaan anggapan di atas sebagian disebabkan oleh karena profesi manajemen konstruksi relative baru, dan yang lebih penting yaitu sebagian lingkup kegiatan profesi ini dahulunya (bahkan ada yang sampai sekarang) ditangani oleh profesi lain. 

Misalnya, beberapa aspek pengawasan mutu kegiatan konstruksi dilakukan oleh perusahaan arsitektur atau engineering yang bertugas mempersiapkan rancangan bangun proyek yang dimaksud. Dalam rangka mendapatkan kejelasan arti maupun fungsi, perhatikan definisi yang dikemukakan oleh J. J. Adrian serta AIA berikut ini.

J. J. Adrian (1985)

‘’Manajemen konstruksi adalah suatu proses di mana pemilik proyek membuat ikatan kerja dengan agen yang disebut manajer konstruksi, dengan tugas mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan seluruh kegiatan penyelenggaraan proyek, termasuk studi kelayakan, desain-engineering, perencanaan, persiapan kontrak, konstruksi, dan lain-lain kegiatan proyek, dengan tujuan meminimalkan biaya dan jadwal, serta menjaga mutu proyek.

AIA (American Institute of Architects)

‘’mengelola desain dan konstruksi proyek untuk mencapai program arsitektur dan konstruksi, dengan biaya yang minimal bagi pemilik dan keuntungan yang wajar bagi peserta (organisasi) yang lain. Tugas utama mengelola desain dan konstruksi di atas adalah memadukan (mengintegrasikan) berbagai kegiatan peserta melalui perencanaan, organisasi, dan pngendalian. Adapun fungsinya adalah bertindak sebagai agen dari pemilik proyek ’’

Meskipun masih terdapat pandangan yang berbeda, namun definisi-definisi di atas dapat dianggap sebagai kerangka yang memberikan pengertian dasar tentang arti dan fungsi manajemen konstrusi.

Sumber ; Manajemen Proyek Imam Soeharto 
 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. Cara Membuat Proposal Proyek
  2. Cara Membuat Proposal Proyek 2
  3. Cara Pengadaan Konsultan Proyek
  4. Jasa dan Lingkup Kerja Kontraktor
  5. Jasa Konstruksi Dalam Kegiatan Proyek
  6. Peranan dan Kerja sama Para Peserta Proyek - New !!
  7. Jenis Kontrak hasil Penunjukan Langsung
  8. Paket Pengadaan Barang dan Jasa
  9. Pemilihan Peserta Tender Proyek Konstruksi
  10. Kerangka Acuan Kerja
  11. Kerjasama Dalam Proyek BOT - New !
  12. Klarifikasi Akhir dan Randa Tangan Kontrak 
  13. Memilih Jenis Proyek Konstruksi -New !
  14. Menerima dan Meneliti Proposal 
  15. Proses Seleksi dan Pembentukan Kontrak
  16. Panitia Tender Proyek Konstruksi
  17. Paket Lelang Tender Konsultan Proyek
  18. Pemilihan Kontraktor Harga Tidak Tetap New !
  19. Rencana Anggaran Biaya dan Program Kerja
  20. Rancangan Kontrak Proyek Kontruksi
  21. Cara Menyusun Kontrak Proyek Konstruksi
  22. Peraturan Usaha Jasa Kontruksi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Konsultan Manajeman Proyek
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/05/konsultan-manajeman-proyek.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer