Penggunaan Form Work Khusus

Posted by Taufick Max Jumat, 08 Maret 2013 0 komentar
Share on :

Penggunaan Form Work Khusus

Form Work Khusus Slip Form

Dari skema sistem Form Work, sistem yang banyak digunakan untuk bangunan tinggi adalah sistem bergerak arah vertikal, yaitu tipe Jumping Form dan Slip Form

Sebelum kita membahas secara detail, kita telaah terlebih dahulu tahapan pelaksanaan konstruksi beton untuk gedung tinggi beserta sirkulasi dari form work.

Sebagai contoh kita ambil denah tipikal dari satu gedung tinggi untuk perkantoran yang terdiri dari :

- Kolom pada keliling lantai
- Core Wall
- Slab ( Plat Lantai )
- Dinding Lift

Di Dalam daerah Core Wall, ditempatkan Utilitas gedung seperti tangga, toilet, lift, panel listrik, dan lainnya, sedangkan lantai diluar core wall adalah daerah yang akan disewakan.

Pelaksanaan pembangunan gedung tinggi dilaksanakan lantai per lantai, untuk itu sirkulasi form work harus direncanakan. sebagai contoh kita lihat denah tipikal dari gedung tinggi 31 lantai, dimana kita memerlukan form work lantai, kolom, core wall, dinding lift luar, dinding lift dalam

Dari strategi sirkulasi Form Work dapat dihitung jumlah set yang diperlukan untuk menyelesaikan gedung 30 lantai tersebut.

Pelat            2 Set
Kolom            1 Set
Core Wall        3 Set
Dinding lift Luar    3 Set
Dinding Lift dalam    1 Set

pelaksanaan pembangunan gedung tinggi lantai per lantai, ternyata tidak optimal. untuk mempercepat pelaksanaan maka teknik konstruksi dapat dilakukan dengan strategi dibangunnya terlebih dahulu core wall, mendahului pengecoran kolom keliling dan pelat lantai. setelah core wall sudah mencapai ketinggian 5 s/d 10 lantai, baru pengecoran lantai mengikutinya.

Keuntungan dari metode pelaksanaan ini adalah :

Form Work Khusus Jumping Form
Form Work untuk core wall cukup disediakan satu set, karena form work bisa langsung (1 hari ) dibongkar ( tidak terhalang oleh form work pelat) dan dipindahkan ke lantai berikutnya.

dengan cepatnya selesainya core wall, maka pemasangan utilitas gedung (Lift, panel listrik, AHU) dapat segera dipasang, tanpa menunggu pekerjaan pelat lantai di daerah rental. terutama pemasangan lift dapat dipercepat, karena lift dapat dipasang bila ruang lift yang terletak dipuncak gedung sudah selesai.

Untuk pelaksanaan ini dipergunakan sistem Form work bergerak vertikal, yang terdiri dari 2 jenis, yaitu Jumping Form dan Slip Form. untuk lebih jelasnya Baca Pengenalan JUMPING FORM dan SLIP FORM


Sumber : Bahan Kuliah Metode Konstruksi. Prof. Dr.Ing. Harianto Hardjasaputra.

Anda Juga Bisa Membaca Artikel Lain Tentang Teknik Sipil :

  1. Kontraktor
  2. Perhitungan Kekuatan Untuk Form Work - New !!
  3. Teknologi Form Work - New !!
  4. MANAJEMEN PROYEK : Total Quality Control
  5. Pengenalan Form Work pada Proyek Konstruksi
  6. Benarkah Baja Ringan Ramah Lingkungan..?
  7. Pengenalan Slip Form - New !!
  8. Jalan Baja : Rel Kereta Api - New !!
  9. Membeli Material Baja Ringan
  10. Pengenalan Jumping Form - New !!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penggunaan Form Work Khusus
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/03/penggunaan-form-work-khusus.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer