Faktor Keruntuhan Dinding Galian Tanah

Posted by Taufick Max Minggu, 28 April 2013 1 komentar
Share on :

Faktor Keruntuhan Dinding Galian Tanah


Faktor Keruntuhan Dinding Galian Tanah- Kendala yang akan dihadapi pada waktu memulai pekerjaan galian basement adalah faktor runtuhnya dinding galian tanah vertikal. Runtuhnya galian tanah ini bias terjadi bila kedalaman galian lebih dari 2 m. sebagai contoh, jumlah basement yang dikehendaki hanya 3 lantai sehingga kedalaman galian tanah paling tidak 11 m. faktor keruntuhan dinding untuk galian sedalam 11 m tentu sangatlah besar. 

Bila di sekitarnya sudah ada bangunan, runtunya galian tanah akan membawah bangunan di sekelilingnya. Runtuhnya galian disebabkan oleh beban atau berat bngunan yang menekan tanah di sekelilingnya akibat adanya lubang yang besar. Keadaan ini tentu tidak diinginkan oleh setiap perencanaan struktur.

Sebelum di temukan sistem pengamanan galian tanah, secara konvensional galian tanah akan melebar ke empat penjuru (bentuk dasar segi empat) dengan kemiringan galian 45 derajat dimulai dari batas galian.akibatnya, bidang galian menjadi melebar dan sudah di pastikan biaya untuk menggali dan mengurung kembali akan sangat mahal.

Pada akhirnya metode galian tanah telah berubah. Cara konvensional tidak lgi dipakai untuk pembuatan basement. Sekarang pengamanan galian dilakukan dengan terlebih dahulu memasang retaining wall sebelum eksekusi galian dilakukan. Retaining wall adalah dinding penahan runtuhnya yang di pasang di tepih galian tanah.


Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Manajemen Proyek  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Faktor Keruntuhan Dinding Galian Tanah
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/04/faktor-keruntuhan-dinding-galian-tanah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

1 komentar:

jongos staad mengatakan...

makasih buat informasinya sangat membantu.

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer