Lintasan Rute Angkutan Umum

Posted by Taufick Max Selasa, 09 April 2013 0 komentar
Share on :

Lintasan Rute Angkutan Umum

Angkutan Kota : Bus Terunik di Dunia

 


Rute angkutan umum merupakan suatu garis  lintasan yang akan dilalui oleh angkutan umum, yang melayani calon penumpang dengan karakteristik sosioekonomi dan karakteristik perjalanan berlainan antara satu dengan lainnya. Garis lintasan rute, yang menghubungkan antara titik asal tujuan, belum tentu merupakan satu garis yang sama atau berimpit antara dua arah yang berbeda.


Penentuan lintasan seperti ini sangat tergantung pada potensi demand pada zona-zona yang berada pada koridor pelayanan dan tentunya dengan memperhatikan jarak berjalan kaki yang masih layak dilakukan oleh calon penumpang ke halte-halte terdekat.

Apabila potensi demand memang sangat besar, maka lintasan rute seperti ini dapat dikembangkan menjadi dua garis.Angkutan umum disediakan untuk melayani pergerakan calon penumpang dengan karakteristik sosioekonomi dan karakteristik perjalanan berlainan antara satu dengan lainnya.

Karakteristik sosioekonomi dipresentasikan sebagai tingkat pendapatan, ukuran rumah tangga (house hold), jenis kelamin, usia, dan lain-lainnya. Satu hal penting tentang ciri sosioekonomi adalah tingkat pendapatan, yang diduga berkorelasi positif dengan tingkat kepemilikan kendaraan.

Perbedaan ciri sosioekonomi ini akan melahirkan dua kelompok yang berbeda, yakni 

 

 kelompok captive rider dan
 kelompok choice rider.


Kelompok captive merupakan kelompok masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi,  sehingga untuk melakukan aktivitas sehari-hari di luar rumah  sangat tergantung pada keberadaan angkutan umum. Sedangkan kelompok choice merupakan kelompok masyarakat yang memiliki kendaraan pribadi, sehingga untuk melakukan pergerakan mempunyai pilihan yakni apakah menggunakan kendaraan pribadinya atau angkutan umum.

Pada masa yang lalu terminologi kendaraan pribadi adalah berupa mobil pribadi. Dewasa ini paradigma kendaraan pribadi nampaknya mengalami pergeseran, yakni tidak hanya berupa mobil pribadi saja melainkan juga sepeda motor.

Pada tataran bahasan transportasi perkotaan, dengan karakteristik pergerakan jarak pendek dan menengah, bagaimanapun juga sepeda motor dapat memenuhi ciri sebagai moda pribadi, yakni pemiliknya akan memiliki kebebasan untuk memilih moda dalam melakukan pergerakan.


Sementara karakteristik perjalanan meliputi tujuan perjalanan, jarak perjalanan, dan waktu saat melakukan perjalanan, yang berbeda-beda antara satu penumpang dengan penumpang  lainnya.

Tujuan perjalanan yang berlainan mengharuskan penyediaan lintasan rute yang bervariasi,  sehingga perbedaan penumpang dengan asal tujuan yang berlainan dapat difasilitasi.

Sedangkan jarak perjalanan yang berbeda-beda menuntut adanya variasi tipe moda angkutan umum, mulai dari yang hanya keperluan perjalanan jarak pendek, menengah, sampai dengan perjalanan yang panjang.

Hal lain yang juga tidak kalah pentingnya adalah masalah variasi waktu saat melakukan perjalanan.

Pada pagi hari saat orang berangkat kerja, sekolah, dan melakukan aktivitas lainnya, misalnya belanja,  merupakan waktu puncak (peak hours) bagi demand angkutan umum, yang membutuhkan penyediaan jumlah moda angkutan umum tinggi dengan lintasan rute yang memadai.
Sementara pada kondisi jam tidak puncak (off peak), kebutuhan pergerakan penumpang relatif rendah, rute tetap dibuka,  hanya saja frekuensi modanya perlu dikurangi.


Dalam struktur jaringan rute, masing-masing lintasan rute menyebar secara spasial membentuk suatu konfigurasi jaringan.

Bentuk konfigurasi jaringan rute angkutan umum di suatu kota sangatlah penting ditinjau dari kualitas pelayanan yang dihasilkannya.

Konfigurasi jaringan sangat berpengaruh terhadap :

- Persentase daerah yang dapat dilayani oleh sistem angkutan umum
- Jumlah   pergantian   lintasan atau transfer   yang   diperlukan   dalam   pergerakan penumpang dari tempat asal ke tempat tujuan
- Lokasi terminal
- Pengaturan frekuensi dan jadwal operasi
Demikianlah sedikit pembahasan tentang Lintasan Rute Angkutan Umum  semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu - New !!
  4. Bus Rapid Transit-Busway - New !!
  5. Jalan Baja : Rel Kereta Api
  6. Jalan Tol Pertama di Indonesia
  7. Katagori Angkutan Umum - New !!
  8. Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
  9. Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
  10. Kereta Api Perkotaan Indonesia - New !!
  11. Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan - New !!
  12. PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
  13. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  14. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  15. Panduan Moda Transportasi Indonesia
  16. Pengertian Angkutan Umum - New !!
  17. Pengertian Sistem Transportasi Indonesia
  18. Penggolongan Angkutan Umum - New !!
  19. Peranan Angkutan Umum - New !!
  20. Perbandingan Kereta Api Indonesia China
  21. Perencanaan Strategis Angkutan Umum - New !!
  22. Proses Evaluasi Angkutan Umum Indonesia
  23. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
  24. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot Bagian 2
  25. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot 1
  26. Strategi Kebijakan Transportasi Umum
  27. Strategi Kebijakan Transportasi Umum 2
  28. Struktur Jaringan Rute Angkutan Umum - New !!
  29. Transportasi Angkutan Umum Taksi
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Lintasan Rute Angkutan Umum
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/04/lintasan-rute-angkutan-umum.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer