Penggolongan Angkutan Umum

Posted by Taufick Max Minggu, 07 April 2013 0 komentar
Share on :

Penggolongan Angkutan Umum

Moda angkutan umum menurut kapasitas angkutnya dapat dikelompokkan menjadi  dua golongan:

Paratransit:

Angkutan umum yang memiliki karakteristik daya angkut kecil dan jadwal pengoperasian serta rute yang tidak pasti. Contoh dari jenis paratransit adalah ojek, becak, dan taksi.

Ojek: transportasi umum informal yang berupa sepeda motor atau sepeda. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa lebih dari satu. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan sopirnya dahulu, setelah itu sang sopir akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.

Kelebihan ojek dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil.

Becak: suatu moda transportasi beroda tiga yang tenaga penggeraknya menggunakan tenaga manusia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.

Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:


Becak dengan pengemudi di belakang.

Becak dengan pengemudi di samping. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
Becak kayuh: menggunakan sepeda sebagai kemudi.
Becak bermotor: menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.

Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara dan kebisingan (kecuali becak bermotor). Becak dpt dijadikan sebagai obyek wisata bagi turis.
Kehadiran becak di perkotaan dapat mengganggu lalu lintas karena kecepatannya yang lamban.
Untuk meningkatkan kemampuan becak dan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor dan dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunakan gigi percepatan/transmisi seperti yang digunakan dalam sepeda modern, sehingga bisa melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat aerodinamis serta pengemudinya berada di depan ruang penumpang.

Transit:

 

Angkutan umum dengan daya angkut menengah dan besar, dengan jadwal serta rute yang pasti. Kelompok transit ini dibedakan lagi menjadi dua jenis yakni :

Steet transit: kelompok transit dengan kapasitas angkut menengah dengan prasarana yang sudah disediakan, yang dalam pengoperasiannya masih bercampur dengan kendaraan lainnya dalam memanfaatkan ruang jalan. Termasuk dalam kelompok ini adalah : bus reguler, bus patas, trolly  bus, dan busway. Mengingat bahwa masih harus bersaing dengan kendaraan lain untuk mendapatkan  ruang jalan, maka kelompok steet transit ini tidak dapat mengatur dirinya sendiri sehingga  kapasitas ruang tidak dapat diprediksi dengan pasti. Pada kondisi terjadi kemacetan maka kapasitas ruang akan menurun dengan tajam.

Berbeda dengan street transit yang tidak dapat mengatur dirinya sendiri, mass transit merupakan moda yang sudah dapat mengatur dirinya sendiri karena memiliki prasarana khusus sehingga besarnya kapasitas ruang dapat direncanakan dengan pasti.

Termasuk dalam kelompok mass transit adalah :

 

Semi Rapid Transit, yang terdiri dari :

   Semi Rapid Bus (SRB)
   Light Rail Transit

Rapid Transit, yang terdiri dari :

   Light Rail Rapid Transit (LRRT)
   Rubber Tired Rapid Transit (RTRT)
   Rail Rapid Transit (RRT)
   Regional rail



Demikianlah sedikit pembahasan tentang Penggolongan Angkutan Umum  semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu - New !!
  4. Bus Rapid Transit-Busway - New !!
  5. Jalan Baja : Rel Kereta Api
  6. Jalan Tol Pertama di Indonesia
  7. Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
  8. Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
  9. Kereta Api Perkotaan Indonesia - New !!
  10. Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan - New !!
  11. PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
  12. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  13. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  14. Panduan Moda Transportasi Indonesia
  15. Pengertian Angkutan Umum - New !!
  16. Pengertian Sistem Transportasi Indonesia
  17. Perbandingan Kereta Api Indonesia China
  18. Proses Evaluasi Angkutan Umum Indonesia
  19. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
  20. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot Bagian 2 - New !!
  21. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot 1 - New !!
  22. Strategi Kebijakan Transportasi Umum - New !!
  23. Strategi Kebijakan Transportasi Umum 2 - New !!
  24. Transportasi Angkutan Umum Taksi - New !!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Penggolongan Angkutan Umum
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/04/penggolongan-angkutan-umum.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Poskan Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer