Peranan Angkutan Umum

Posted by taufick max Selasa, 09 April 2013 2 komentar
Share on :

Peranan Angkutan Umum

 Angkutan umum berperan (Warpani, 1990):
memenuhi kebutuhan manusia akan pergerakan ataupun mobilitas yang semakin meningkat, untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat lain yang berjarak dekat, menengah ataupun jauh.

pengendalian lalu lintas, penghematan bahan bakar atau energi, dan juga perencanaan & pengembangan wilayah

Esensi dari operasional angkutan umum adalah memberikan layanan angkutan yang baik dan layak bagi masyarakat dalam menjalankan kegiatannya, baik untuk masyarakat yang mampu memiliki kendaraan pribadi (Choice) dan terutama bagi masyarakat yang terpaksa harus menggunakan angkutan umum (Captive). Ukuran pelayanan angkutan umum yang baik adalah pelayanan yang aman, cepat dan murah.

Angkutan umum tidak dapat dipungkiri merupakan angkutan yang efisien terhadap penggunaan ruang jalan, dibandingkan dengan angkutan pribadi.

Dengan kata lain, angkutan pribadi sebenarnya merupakan moda transportasi yang sangat boros terhadap penggunaan ruang jalan.

kemacetan lalu lintas bukan karena keberadaan angkutan umum, melainkan karena penggunaan mobil pribadi yang berlebihan.


Tudingan bahwa penyebab kemacetan lalu lintas adalah akibat perilaku angkutan umum yang menaikturunkan penumpang di sembarang tempat, berhenti mendadak, berhenti ngetem di sembarang tempat, dan lain-lain, memang ada benarnya namun akar masalah sebenarnya bukan itu, melainkan karena persentase penggunaan mobil pribadi yang sangat tinggi.

Perilaku angkutan umum yang tidak tertib, sebenarnya semata-mata hanyalah masalah penegakan hukum (law enforcement) yang belum dilakukan maksimal. Apabila penegakan hukum dilaksanakan dengan baik, niscaya masalah perilaku pengoperasian angkutan umum yang menyebabkan terjadinya kemacetan akan selesai. Namun demikian, perilaku penggunaan mobil pribadi yang berlebihan, yang menyebabkan pemborosan penggunaan ruang jalan hingga menyebabkan kemacetan, tidaklah mudah untuk diselesaikan.

Untuk lebih mengefisienkan pemanfaatan ruang jalan, pemerintah sebagai regulator angkutan jalan raya, harus membatasi penggunaan mobil pribadi dan memaksimalkan penggunaan angkutan umum. 

Strategi untuk membatasi penggunaan angkutan pribadi, bukanlah dengan cara melarang terhadap penggunaan mobil pribadi, karena jika hal ini dilakukan maka berarti telah terjadi pelanggaran terhadap hak asasi manusia (HAM). 

Strategi untuk membatasi penggunaan pribadi adalah dengan meningkatkan pelayanan angkutan umum, sehingga pengguna mobil pribadi dapat tertarik untuk menggunakan angkutan umum. Idealnya agar masyarakat pengguna mobil pribadi dapat berpindah ke angkutan umum, maka karakteristik angkutan umum harus diupayakan  mendekati kendaraan pribadi.

Beberapa strategi untuk memaksa pengguna mobil pribadi bermigrasi ke  angkutan umum adalah sebagai berikut :


- Melakukan perbaikan pelayanan angkutan umum melalui peningkatan keandalan, kenyamanan, keselatamatan, keamanan, penurunan ongkos dan waktu perjalanan, sehingga  angkutan umum memiliki ciri ideal,

- Melakukan maksimalisasi penggunaan mobil pribadi dengan kebijakan 3 in 1 pada daerah-daerah yang macet,
-nMelakukan kebijakan tarip parkir berdasar sistem zona dan progresif waktu,
- Melakukan rangsangan tarip angkutan umum murah melalui pemberian subsidi BBM, suku cadang, dll.

Demikianlah sedikit pembahasan tentang Peranan Angkutan Umum  semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih
  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu - New !!
  4. Bus Rapid Transit-Busway - New !!
  5. Jalan Baja : Rel Kereta Api
  6. Jalan Tol Pertama di Indonesia
  7. Katagori Angkutan Umum - New !!
  8. Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
  9. Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
  10. Kereta Api Perkotaan Indonesia - New !!
  11. Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan - New !!
  12. PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
  13. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  14. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  15. Panduan Moda Transportasi Indonesia
  16. Pengertian Angkutan Umum - New !!
  17. Pengertian Sistem Transportasi Indonesia
  18. Penggolongan Angkutan Umum - New !!
  19. Perbandingan Kereta Api Indonesia China
  20. Proses Evaluasi Angkutan Umum Indonesia
  21. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
  22. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot Bagian 2 - New !!
  23. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot 1 - New !!
  24. Strategi Kebijakan Transportasi Umum
  25. Strategi Kebijakan Transportasi Umum 2
  26. Transportasi Angkutan Umum Taksi - New !!
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Peranan Angkutan Umum
Ditulis oleh taufick max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/04/peranan-angkuta-umum.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mohon ijin copas

soedwiw@gmail.com mengatakan...

Disebutkan: "...keandalan, kenyamanan, keselatamatan, keamanan, penurunan ongkos dan waktu perjalanan...". Apa sebenarnya maksud dari keandalan?
Terima kasih.

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer