Model Rumah Minimalis Murah

Posted by Taufick Max Jumat, 05 Juli 2013 0 komentar
Share on :

Model Rumah Minimalis Murah

model rumah tinggal minimalis, model model rumah minimalis, rumah murah minimalis
Model Rumah Minimalis Murah

 


Model Rumah Minimalis menjadi tren yang ikut menyemarakan dunia arsitektur. Tidak terelakan lagi, Model Rumah Minimalis menjadi satu gaya tersendiri yang sudah dikenal di kalangan arsitek maupun masyarakat awam, Di Indonesia pun sudah banyak bangunan yang didesain dengan Model Minimalis. Namun, sering terjadi kesimpangsiuran akan pengertian dan penerjemahan bentuk minimalis ke dalam arsitektur.

Model Rumah Minimalis pada praktiknya dianggap sebagai Desain yang serba bersih, presesi, dan dengan finishing yang mahal ( Harga bangunan dapa mencapai dua kali lipat dengan material standar ). Hal tersebut membuat orang awam yang ingin membangun Rumah Bergaya Arsitektur Minimalis sering kali terkejut ketika melihat rencana pembangunannya. Akibatnya arsitektur Minimalis dianggap sebagai Gaya Arsitektur untuk kalangan menengah keatas.

Model Rumah Minimalis bagi sebagian kalangan dianggap sebagai model arsitektur yang berasal dari kelas ekonomi menengah kebawa, sehingga Model Rumah Minimalis mempunyai bentuk yang sederhana, berukuran secukupnya, dan dibangun dengan bahan murah dan mudah pelaksanaannya.

Kenyataannya Bangunan Rumah Minimalis di Indonesia mengacu pada filosofi barat. Dengan begitu, aplikasi pada bangunan pun disesuaikan dengan iklim barat, misalnya menggunakan atap datar, kaca, dan dinding yang diekspos. Padahal iklim Indonesia adalah iklim tropis yang memiliki dua musim, yaitu musim panas dan musim hujan dengan intensitas kemarau dan curah hujan yang cukup tinggi.

Sehingga yang terjadi adalah banyak pemilik Rumah Minimalis harus membersihkan jamur kaca yang diekspos, mencat ulang dinding yang terbungkus jamur dan lumut, belum lagi resiko kebocoran akibat penggunaan atap datar karena curah hujan yang tinggi. Untuk itu sebaiknya Desain Rumah Minimalis harus sesuai dengan Konteks Iklim dimana lokasi bangunan tersebut berada.

Sementara itu estetika muncul dari  pemenuhan fungsi, penerjemahan konsep dalam bentuk desain yang kuat, dan kesesuaian gaya dengan lingkungan sekitar, bukan hanya dari unsur dekoratif yang dipoleskan kemudia
n pada wajah atau fasad bangunan.

Pengertian Model Rumah Minimalis

desain rumah murah, bangun rumah minimalis murah
Desain Model Rumah Minimalis Murah

 

Istilah Minimalis Identik dengan tren dalam arsitektur yang berupaya mereduksi bentuk-bentuk yang berlebihan menjadi bentuk yang sederhana. seperti yang diungkapkan oleh arsitek Mies Van deh Rohe bahwa "Less Is More" untuk menggambarkan takti estetikanya dalam menggambarkan sebuah karya arsitektur, diantaranya adalah mengeliminir dinding interior, mengadopsi denah rumah terbuka, dan mereduksi penggunaan struktur untuk memberikan kesan transparan dan kulit bangunan yang elegan.


Fungsi Gaya Minimalis

Minimalis dalam arsitektur adalah metode merancang yang menyatukan estetika dan fungsionalitas melalui elemen yang paling mendasar. Tujuannya untuk mengakomodasi kehidupan dengan sederhana, tetapi tetap berkelas. Berkenaan dengan ruang, minimalis mengesankan kelurusan, kesederhanaan tekstur, dan penerapan logis elemen stuktur sehingga dapat menciptakan sensasi ruang yang baru melalui desain yang minimum. Model minimalis juga menunjukan bagaimana para arsitek yang sudah berpengalaman dapat menciptakan estetika dan fungsionalitas dengan kemungkinan desain dan penggunaan elemen yang lebih minim.


Model Rumah Minimalis Di Indonesia

Tenyata Arsitektur tradisional nusantara memiliki nilai filsofi minimalis. Filosofi tersebut berasal dari budaya, sikap hidup, dan filosi hidup nenek moyang yang menghargai kesederhanaan dalam kehidupan dan keserasian dengan alam. Poin penting yang dapat dinilai adalah proses lahirnya arsitektur tradisional yang selaras dengan alam Indonesia. Ada banyak contoh yang bisa anda jumpai pada bangunan Rumah yang telah dibuat, Misalnya Atap Rumah yang miring yang berfunsgi menangkap cahaya matahari, meneduhkan bangunan, dan mengalirkan air hujan, penggunaan jendela, dan ada juga Desain Rumah Panggung. dan masih banyak contoh yang lainnya, semua unsur tersebut didesain karena sesuai kondisi iklim di Indonesia.


Model Rumah Minimalis Murah

Untuk membangun Rumah bergaya minimalis dengan harga yang murah tentu saja banyak aspek yang perlu diperhatikan namun juga tetap menjaga estetika dari Desain rumah tersebut, sehingga walaupun Rumah dibangun dengan Harga yang Murah, namun mutu yang dihasilkan tetap berkelas dan elegan. itu semua bisa terjadi jika pemilihan matererial dan semuah unsur yang ada didalam desain Minimalis diperhitungkan secara matang.

Contoh Model Rumah Minimalis


Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain Model Rumah Minimalis Murah :


Pemilihan Material Lokal Rumah

Pemilihan material lokal adalah sikap desain yang mengakar pada konteks lokasi. secara ekonomipun material lokal lebih layak dan Murah. sementara itu, mengurangi  penggunaan material hasil industri secara berlebihan termasuk pada pemenuhan hasrat akan standar material dan ornementasi elemen desain.

Simbolisasi Logis Rumah Minimalis

Nilai-nilai yang tercerminkan dalam desain tercermin secara logis dan sederhana. sementara itu jika menerapkan unsur yang tidak logis dan tidak mengakar dengan konteksnya bukan merupakan bagian dari minimalis.

Sebagai contoh menerapkan gaya mediterania, Kolom Doric, Jendela Gothic pada rumah yang berada di Indonesia sehingga seorang yang melihatnya akan mengalami Pastische, atau lupa dimana ia berada.


Gaya Minimalis Kontekstual terhadap Iklim

Pendekatan desain sesuai dengan konteks, serasi dengan iklim, dan menghasilkan desain yang fungsional.


Reduksi material Rumah

Reduksi material dimaksudkan untuk mencapai esensi dari sebuah ruang yang kosong. Dengan mereduksi material bangunan terkesan lebih sederhana, bersih, dan ringan dengan Harga material yang Murah dan berkualitas. Seringkali gaya Minimalis mereduksi elemen-elemen bangunan seperti Kusen, Furnitur, Pintu, dan partisi ruang sehingga kegiatan menyatu dalam denah yang planless.


Reduksi Bentuk Rumah Minimalis

Reduksi bentuk mengarah pada pengembalian komposisi geometrik utuh sebagai massa pembentuk bangunan. Misalnya Kolom dengan penampang persegi yang polos adalah hasil reduksi dari kolom yang bergaya Ionic dari Yunani.

Jika hal-hal tersebut diatas di perhatikan maka diharakan akan menciptakan Desain Model Rumah Minimalis dengan Harga yang Murah.


Ciri-ciri Model Rumah Minimalis

Ciri Desain Model Rumah Minimalis
Berdasarkan Elemen bangunan, maka Rumah yang bergaya Minimalis memiliki beberapa ciri-ciri, sebagai berikut :


Struktur Rumah Minimalis

Desain Struktur pada Rumah Minimalis cenderung memiliki nilai logis, tepat guna, dan menjadikan struktur sebagai ornamentasi bangunan.


Sirkulasi dalam Rumah Minimalis

elemen sirkulasi sangat jelas. Pola hubungan pun jujur dan tidak memiliki kamuflase bentuk, sehingga selasar, koridor, ataupun arcade terliha jelas dan langsung.


Fungsi Ruang Rumah Minimalis

Penempatam fungsi direduksi sedemikian rupa sehingga hanya terdapa ruang-ruang inti dan tidak memiliki kebutuhan akan hirarki ruang. Misalnya untuk kasus dapur dan kamar mandi. Jika salah satu ruang tersebut tidak ada  maka fungsi bangunan tidak dapat berjalan dengan baik dan tidak dapat dikatakan sebagai sebuah Rumah.


Material Lokal yang Murah

Materia yang digunakan berasal dari  lokal dan alami, maksudnya didapat dari bahan yang ada disekitar bangunan.


Cahaya Rumah minimalis

Desain cahaya mencerminkan perbedaan yang kontras, tetapi berkesan dramatis. cahaya dimainkan dengan komposisi sehingga menghasilkan efek jatuh bayangan yang indah.


Tatanan, Volumen dan Lansekap Rumah minimalis

Tatanan sebagai elemen artikulasi menunjukan repetisi atau pengulangan yang jelas sementara Volumen bongkahan massa yang dikomposisikan menjadi suatu bangunan memiliki proposisi yang jelas dan mencerminkan keuntuhan bentuk.

Pengolahan Lansekap dalam Rumah Minimalis banyak dibuat sebagai elemen penting, Rumah Minimalis banyak digunakan sebagai vista terhadap elemen Lansekap yang berada didalamnya. Lansekap dibuat menyatu dengan bangunan dan menonjolkan Konsep Rumah Minimalis seutuhnya

Demikianlah penjelasan tentang Model Rumah Minimalis Murah, yang didesain sesuai Kondisi Lingkungan dan mempertimbangkan Faktor artistik dan fungsional sehingga pemilihan material tetap dengan harga yang murah namun mutu yang dihasilkan pada Model Rumah Minimalis tetap Berkelas dan elegan.





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Model Rumah Minimalis Murah
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/07/model-rumah-minimalis-murah.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer