PKL Praktek Kerja Lapangan Teknik Sipil

Posted by Taufick Max Jumat, 13 Juni 2014 2 komentar
Share on :

Tips Untuk Mahasiswa Sipil Sebelum PKL

Tips PKL, Cara Praktek Kerja Lapangan, Laporan PKL
Ilustrasi PKL

 

Bagi anda  yang Kuliah Teknik Sipil atau anak SMK mungkin tidak asing lagi mendengar PKL karena PKL merupakan sebuah kegiatan yang wajib untuk dijalankan bagi setiap siswa SMK atau Mahasiswa Teknik Sipil.

Tulisan ini sengaja saya buat karena berdasarkan hasil sharing antara saya dan seorang teman Mahasiswa Teknik Sipil yang saat ini mau melakukan PKL. Saking pentingnya PKL ini maka terkadang hal ini sangat mengkhawatirkan setidaknya dari sisi psikologi untuk mempersiapkan sesuatunya sebelum PKL.

Ketakutan dalam mempersiapkan untuk menjalani PKL ini sebenarnya hanyalah masalah ketidak percayaan Diri, terutama dengan pertanyaan-pertanyaan, Apakah ilmu saya cukup untuk diterapkan dilokasi PKL ? atau Apakah saya bisa bekerja untuk melakukan sesuatu yang menjadi tujuan perusahan ?. Jawabannya dari pertanyaan itu simple saja yaitu "Justru itulah ada PKL dimana kita bisa belajar lagi dilapangan pada kondisi yang sebenarnya dimana selama ini kita hanya mendapatkan lewat belajar di kelas atau kuliah".

Btw... Mungkin bagi anda yang bukan Anak SMK atau Alumni SMK dan Mahasiswa Teknik Sipil, sedikit bingung membaca Tulisan ini dan bertanya sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan PKL ? Oh, iyha saya lupa karena terlalu semangatnya saya menulis lupa untuk menjelaskan  Definisi dari PKL. Jika ada yang bertanya tentang PKL maka menurut  saya :

Cara melakukan PKL, Sebelum Praktek Kerja Lapangan
Praktek Kerja Lapangan

Definisi PKL

PKL yang di maksud disini yaitu singakatan dari PRAKTEK KERJA LAPANGAN, dimana sudah mejadi Program wajib akademik sebagai Mahasiswa Teknik sipil harus menjalankan Prakter Kerja secara langsung dilapangan. Baik di Instansi pemerintahan yang berhubungan dengan Teknik Sipil ataupun pada perusahan-perusahan Proyek Konstruksi.

Jika dalam beberapa tahun Mahasiswa Teknik sipil sudah belajar dan praktek atas teori-teori Ilmu Teknik Sipil, maka dalam waktu PKL ini lebih diarahkan pada Pengenalan Dunia Industri atau Dunia Proyek Konstruksi dimana teman-teman bisa menerapkan Ilmu Teknik Sipil yang dipelajari ataupun tidak menerapkan sama sekali. kenapa saya bilang tidak menerapkan sama sekali ? Iyha, karena kondisinya mungkin berbeda dilapangan, dimana apa yang selama ini anda pelajari mungkin tidak diterapkan pada Perusahan tertentu atau mungkin dilapangan lebih bersifat Teknis yang sudah dimodifikasi berdasarkan pengalaman perusahan tertentu sementara Ilmu Sipil yang anda miliki baru sebatas teori. Artinya dilapangan kadang sangat berbeda dengan apa yang digambarkan dalam teori.

Apa yang Perlu disiapkan Sebelum PKL

Bagi saya yang perlu disiapkan justru Pikiran teman-teman tentang PKL. Dalam artian teman-teman harus bertanya dalam diri, apa yang ingin teman-teman raih dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan tersebut ? Apakah sekedar mengikuti Program akademik atau memang ada motivasi dari dalam untuk mempelajari lebih jauh tentang penerapan Ilmu Teknik Sipil dilapangan ?

Artinya bahwa teman-teman harus punya tujuan secara pribadi dalam melaksanakan Praktek Kerja Lapangan. Apa yang mau teman-teman pelajari dilapangan ? Hasil apa yang anda inginkan jika sudah selesai melakukan PKL ?  atau Pertanyaan tentang "Anda mau jadi apa, kerja dimana setelah selesai Kuliah nanti ?" mungkin itu juga perlu dipertimbangkan.

Jika semua Misi dalam melakukan Praktek  Kerja Lapangan Sudah anda buat dan tanamkan dalam diri serta  konsisten menjalankannya. barulah anda siapkan hal-hal teknisnya  yang berhubungan dengan Tujuan anda. Apa saja hal-hal teknis itu ?

Memilih Perusahan yang menjadi Tempat PKL

Jika dari kampus atau Pihak jurusan belum menentukan dimana anda harus melakukan PKL maka anda punya keleluasaan dalam memilih perusahan apa dan bagaimana yang menjadi Tempat PKL. Nah, dalam memilih perusahan inilah Tujuan PKL anda secara pribadi tadi perlu dilibatkan, dimana anda meingidentifikasi terlebih dahulu perusahan-perusahan yang menurut anda cocok dengan apa yang menjadi Tujuan anda.

Misalnya Jika anda ingin mempelajari lebih jauh tentang Pondasi karena ingin membuat Perusahan Khusus tentang Pondasi Tiang Pancang maka anda bisa mencari perusahan yang berhubungan dengan Tiang Pancang atau Bor Pile. Atau Jika anda ingin mempelajari lebih jauh tentang  Manajemen Proyek Konstruksi maka anda memilih perusahan yang sedang  melaksanakan Pembangunan Proyek Konstruksi , seperti Perumahan,  Gedung Perkantoran, Hotel, Apartemen, Mall, dan lain sebagainya.

Bisa juga sesuai dengan Konsentrasi anda, Misalnya tentang Transportasi maka tentu Perusahan yang tepat adalah berhubungan dengan Pelaksanaan Proyek transportasi. begitu juga yang lainnnya, saya pikir anda paham yah apa yang saya maksudkan.

Pelajari Latar Belakang Perusahan

ketika anda sudah mengidentifikasi perusahan-perusahan apa saja yang sesuai dengan tujuan anda, maka langkah selanjutnya adalah mempelajari latar belakang perusahan tersebut atau Company Profil Perusahan agar mempermudah anda dalam penyesuaian diri terkait apa yang menjadi Misi perusahan. Anda bisa dapatkan info tentang Proyek-proyek apa saja yang sudah dilakukan, atau latar belakang dari pemilik Perusahan, bila perlu anda identifikasi semua staf strategis dalam perusahan tersebut. Susah yah..? Hehehe Namanya juga Detektif. :D

Buka dan Pelajari kembali Teori

Jika anda sudah menemukan Perusahan yang tepat sesuai tujuan anda maka selanjutnya Mempelajari kembali teori-teori atau referensi yang berhubungan dengan Proyek yang dilaksanakan oleh perusahan itu. Buka semua buku-buku kuliah Teknik Sipil anda dan pelajari secara serius sebagaiaman seorang Detektif ingin mengungkapkan sebuah kasus ( Kok Detektif lagi, apa hubungannya ) :D.

Yang Jelas anda baca dan pelajari lagi Teori-teori yang berhubungan dengan proyek tersebut.Okey !

Perbaiki Sikap dan Perilaku

Inilah yang menjadi hal yang utama dalam Dunia Industri atau Perusahan. Anda mungkin Pintar Hitung dan analisis Struktur, Anda mungkin Jago gunakan Theodolit, Anda mungkin Lincah merekayasa Transportasi, anda mungkin Cerdas menggambar Bangunan. Tapi semuanya itu jika tidak dibarengi dengan Sikap dan Perilaku yang baik maka anda akan terbelakang dalam berprestasi dalam Perusahan. ( Baca : Pengaruh sikap Kerja terhadap Prestasi )

Olehnya itu pelajari kembali Sikap dan perilaku anda. Baca Buku-buku yang berhubungan dengan sikap dan Perilaku ini agar anda bisa membandingkan dengan sikap dan perilaku anda. apakah sudah sesuai atau belum ? jika belum sebaiknya anda merubahnya.


Saya pikir itu saja cukup persiapannya sebelum anda melakukan Praktek Kerja Lapangan.

Jika anda sudah diterima oleh salah satu perusahan untuk melaksanakan PKL maka Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Sikap dan Perilaku

Jika yang diatas Sikap dan perilaku ke tiga maka ketika sudah di terima oleh perusahan Sikap dan perilaku akan menjadi hal yang utama.Loh, Kok Sikap dan perilaku lagi..? Iyha yang tadikan sebelum anda Praktek dilapangan dimana anda hanya mempelajari tentang Ilmunya saja. Sekarang adalah waktunya bagaimana anda mempraktekan Sikap dan Perilaku yang baik. Setidaknya ini membawa nama baik dan keuntungan untuk Kampus atau almamater anda, karena bisa mendidik Mahasisnya sehingga Bisa Sopan dalam Sikap, Santun dalam bertutur, dan terbuka dalam berkomunikasi.

Sikap Praktek Kerja Lapangan, Praktek Kerja Industri


Keuntungan lainnya yaitu anda akan disenangi oleh semua staf atau karyawan yang nantinya mempermudah anda dalam Belajar  dan memperoleh data sesuai dengan  misi anda sebelumnya. Ah, tapi kan saya disini praktek  Kerja bukan belajar ? Hmmm... Bagi saya PKL adalah Belajar Praktek dan Belajar Kerja dilapangan. Jadi seharusnya Belajar Praktek Dan Kerja Lapangan ( BPKL ), So..nanti di usulin lagi ke kampusnya yah agar nama kegiatannya di rubah. Jangan PKL tapi BPKL.Hehehe

Bersikap sebagai seorang sahabat kepada semua orang yang ada dalam perusahan akan memudahkan anda. Namun jangan karena ada maksud tertentu anda mau menunjukan sikap baik, Namun lakukanlah dengan penuh keikhlasan, bahwa anda memang benar-benar tertarik untuk mengenal mereka secara personal.

Seperti motto " Senyum, Sapa, layani", ini motto apa yah, Lupa ! :D . Tapi senyum yang penuh keihklasan adalah kesan awal yang baik dalam menjalin persabatan. ( Kecuali teman Medsos banyak Bohongnya :D . ABCD => Aku hanya BerCanDa )

Praktek Kerja Lapangan Sukabumi, Tempat PKL yang Baik, Perusahan Tempat PKL Teknik Sipil
Komunikasi dalam Praktek Kerja Lapangan

Mengatur Waktu PKL.

Manajemen Waktu dalam Dunia Kerja atau dilapangan itu sangat penting, karena waktu adalah Cost yang mempengaruhi Produktivitas. ( Baca : Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Biaya dan Produktivitas ) Maka menyesuaikan dengan Schedule yang telah ditetapkan perusahan kemudian menganilisnya, dan jika anda punya pengetahuan tentang Manajemen waktu ini gak ada salahnya memberikan masukan pada perusahan ( Fungsi Baca Teori Sebelum ). Artinya anda sudah harus memposisikan diri anda sebagai bagian dari perusahan tersebut sehingga menanamkan prinsip dalam diri bahwa anda juga penentu kesuksesan perusahan.

Atur Waktu PKL, Manajemen Waktu Praktek Kerja Lapangan
Manajemen Waktu PKL


Aturlah jadwal anda yang berhubungan dengan Tujuan anda, Misalnya kapan anda mempelajari tentang Misi jangka pendek yang ingin dicapai perusahan ( Membandingkan dengan yang sudah anda pelajari sebelumnya ),Kapan anda perlu mempelajari Ilmu yang sesuai dengan Tujuan anda, Kapan anda perlu memikirkan Laporan Prakter Kerja anda, Kapan anda mengambil data-data untuk laporan tersebut.

Walaupun anda mungkin ditempatkan pada Bidang tertentu, tapi anda perlu mempelajari garis besar dari perusahan itu secara keseluruhan agar pola kerja dari perusahan tersebut bisa anda temukan. Siapa tahu setelah Lulus Kuliah nanti anda punya Perusahan Sendiri. *senyum*

Tentukan Topik Laporan

Penentuan Topik laporan tentang PKL harus berdasarkan Tujuan pribadi yang sudah anda tetapkan sebelumnya. Misalnya jika anda ingin  menguasai Manajemen Proyek maka laporannya bisa berhubungan dengan hal tersebut. Selanjutnya berdasarkan referensi maka anda bisa mengamati ada masalah apa dalam perusahan itu yang mengganggu kesuksesan Perusahan. Misalnya berhubungan dengan Optimasi material, atau Jadwal Proyek, dan bisa saja tentang Perencanaan Komunikasi.

Tentukan Topik Skripsi

Ini namanya Sambil Menyelam minum Air, sekiranya itulah pepatah yang menggambarkan tentang memanfatkan situasi untuk keuntungan yang ganda. Tentu Jika anda sudah sampai pada Semester akhir mau tidak mau anda perlu menulis Skripsi Teknik Sipil. Nah, ini kesempatan anda untuk mengamati persoalan secara langsung dilapangan yang bisa anda jadikan Topik masalah pada penulisan Skripsi anda.

Jadi setelah selesai PKL maka setidaknya ada 2 yang anda hasilkan yang pertama adalah Laporan PKL dan kedua yaitu Topik Skipsi. Untuk itu Jenis laporan PKL anda jangan asal tapi memang ingin memantau apa yang menjadi Hambatan atau masalah dalam perusahan itu. Sehingga bisa saja Laporan tersebut berhubungan dengan Topik masalah Skripsi anda.

Jika anda bisa melewati ini dengan baik, maka anda adalah Mahasiswa Teknik Sipil yang beruntung dan sukses melakukan Praktek Kerja Lapangan ( Setidaknya itu menurut saya ). Jika dalam PKL nanti anda masih bingung kita bisa diskusi disini.

Akhirnya bagi anda yang sekarang Mau PKL, saya secara Pribadi dan www.Kampus-Sipil.com sebagai media Mengucapkan SELAMAT BERJUANG dan SEMOGA PKLnya berjalan dengan SUKSES.

Mungkin itu saja yang bisa sampaikan, Jika ada teman-teman yang PUNYA PENGALAMAN TENTANG PKL mungkin bisa diBAGIKAN disini agar teman-teman Mahasiswa Teknik sipil yang baru melakukan PKL ini bisa tercerahkan.

AYO Mengenal Jurusan Teknik Sipil


TERIMA KASIH
...........................................................
Note : Tulisan ini Spesial buat Sahabatku yang Mau PKL


TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PKL Praktek Kerja Lapangan Teknik Sipil
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2014/06/pkl-praktek-kerja-lapangan-teknik-sipil.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 komentar:

fikry andarta mengatakan...

MANTAP

Mada onoy mengatakan...

Sangat membantu agan... terima kasih...

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer