Kebutuhan Beton Konstruksi di Indonesia

Posted by Taufick Max Kamis, 06 Desember 2012 0 komentar
Share on :




Kebutuhan Beton terhadap  Konstruksi di Indonesia


Kita bisa melihat sendiri secara umum pertumbuhan dan perkembangan industri konstruksi Indonesia  dan hampir 60 % material yang digunakan dalam pekerjaan konstruksi tersebut yaitu Beton (concrete), yang biasanya dipadukan dengan baja (composite) atau jenis lainnya. Konstruksi beton dapat dijumpai dalam pembuatan gedung – gedung, jalan, bendung, saluran, dan lainnya yang secara umum di bagi menjadi dua yaitu Konstruksi bawah (under strukture) maupun konstruksi atas (upper strukture).

Instrument untuk merancangKekuatan beton dengan baik tentu saja harus memperhatikan criteria dari sisi ekonomi dan bisa memenuhi aspek teknik yaitu memenuhi kekuatan struktur. Seseorang perencana beton harus mampu merancang campuran beton yang memenuhi criteria tersebut.

Dimana seorang perencana harus memahami setiap elemen pembuatan beton dengan baik yaitu bagaimana memilih kualitas semen, Air, Agregat, serta bahan tambah lainnya yang di butuhkan sehingga menghasilkan suatu komposisi pembuatan beton yang sesuai dengan Konstruksi yang di rancang dan bisa menguntungkan dari segi ekonomi.

Perancangan beton harus memenuhi criteria perancangan standar yang berlaku. Biasanya peraturan dan tata cara tersebut mengacu pada ASTM, ACI,JIS, atau SNI. Sedangkan metode yang dapat digunakan antara lain Road note No 4, ACI (American Concrete Institute), atau acuan Indonesia yaitu SK.SNI-T-15-1990-03 atau DoE/PU dan bisa juga dengancara coba – coba atau Try End Eror.

Tentu maksudnya untuk mengikuti standar tersebut yakni untuk bisa merancang kualitas beton dengan baik sehingga menghasilkan sesuai dengan konstruksi yang mau di bangun. Dan perancangan beton juga harus memenuhi dua kinerja utamanya yaitu Kuat tekan Beton yang di hasilkan haruslah tinggi atau paling tidak sesuai dengan perhitungan rencana serta Mudah untuk dikerjakan. Disamping itu criteria lain yang perlu diperhatikan untuk merancang Beton yaitu beton yang di hasilkan harus Tahan Lama, Awet, Murah dari sisi ekonomi dan Tahan Aus.

Tentu semua itu perlu pengetahuan tentang setiap komponen material  yang di butuhkan dalam pembuatan beton yakni Semen, Air, Agregat, dan Bahan Tambah lainnya. Komponen – komponen pembuatan Beton tersebut akan di bahas pada tulisan lainnya secara detail.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat anda semuanya yang ingin mengetahui tentang Teknologi Beton.


Sumber referensi : Teknologi Beton (Ir. Trimulyono, MT)

Baca Juga Artikel ILMU TEKNIK SIPIL lain :


Sekilas Tentang Besi dan Baja

Pengetahuan Tentang Atap Baja Ringan

Keunggulan Rangka Baja

Kelebihan Baja Ringan Untuk Atap Bangunan

Penerapan Besi Beton Bertulan Pada Konstruksi





TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Kebutuhan Beton Konstruksi di Indonesia
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2012/12/kebutuhan-beton-konstruksi-di-indonesia.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

0 komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer