Pages - Menu

Selasa, 09 April 2013

Perencanaan Strategis Angkutan Umum

Perencanaan  Strategis  Angkutan Umum

 
Angkutan Kota Padang


Angkutan umum di perkotaan
harus dikelola dengan baik agar diperoleh hasil yang memuaskan dipandang dari berbagai pihak, antara lain : pengguna, operator, dan pengguna jalan lainnya, yang ketiganya memiliki kepentingan yang berbeda. Bagi pengguna, tipe angkutan umum yang baik adalah yang murah, nyaman, cepat, serta memiliki realibilitas dan berkeselamatan yang tinggi.

Dari sisi operator, angkutan umum yang baik adalah yang dapat menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Sedangkan dari sisi pengguna jalan  lainnya, persepsi angkutan umum yang baik  adalah yang tidak ngetem di sembarang tempat, tidak pula berhenti untuk menaikturunkan penumpang di sembarang tempat, tidak ugal-ugalan, dan tidak berhenti secara tiba-tiba. Terlihat jelas bahwa ketiga pihak memiliki persepsi yang berbeda, yang antara satu dengan lainnya tidak selaras bahkan ada yang kontradiktif, namun demikian semua kepentingan dari ketiganya harus difasilitasi dengan baik.

Tidaklah mudah mendapatkan titik temu untuk mengakomodir semua kepentingan dari ketiga pihak, yakni pengguna, operator, dan pengguna jalan lainnya.

Agar dicapai hasil yang maksimal dalam pengelolaan suatu angkutan umum, maka diperlukan tiga tahapan yang harus dilakukan yakni: tahap perencanaan, tahap pengoperasian, dan tahap pengaturan.

Perencanaan angkutan umum merupakan tahapan awal yang harus dilakukan,  yang dibagi ke dalam dua tahap yakni :

Angkutan Kota yang Uni di JEpang

 


- Tahap perencanaan strategis (PS) dan
- Tahap perencanaan operasional (PO).


Pada bab ini akan dibahas bagaimana perencanaan strategis harus dilakukan sebagai bagian dari perencanaan angkutan umum secara keseluruhan.

Inti dari perencanaan strategis adalah berupa master plan angkutan umum yang menjadi dasar untuk mengatur pengembangan angkutan umum, yang  mencakup permasalahan struktur jaringan rute, yakni berupa

- Hierarki rute (ruas/link) serta
- Hierarki  simpul (node), dan
- Skedul pengembangan.


Demikianlah sedikit pembahasan tentang Perencanaan  Strategis  Angkutan Umum  semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
 
 
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi  dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman  yang lain. Terima Kasih

  1. 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
  2. Alat Transportasi
  3. Alat Transportasi : Angkutan Individu - New !!
  4. Bus Rapid Transit-Busway - New !!
  5. Jalan Baja : Rel Kereta Api
  6. Jalan Tol Pertama di Indonesia
  7. Katagori Angkutan Umum - New !!
  8. Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
  9. Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
  10. Kereta Api Perkotaan Indonesia - New !!
  11. Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan - New !!
  12. PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
  13. PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
  14. PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
  15. Panduan Moda Transportasi Indonesia
  16. Pengertian Angkutan Umum - New !!
  17. Pengertian Sistem Transportasi Indonesia
  18. Penggolongan Angkutan Umum - New !!
  19. Peranan Angkutan Umum - New !!
  20. Perbandingan Kereta Api Indonesia China
  21. Proses Evaluasi Angkutan Umum Indonesia
  22. Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
  23. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot Bagian 2 - New !!
  24. Strategi Kebijakan Transportasi Angkot 1
  25. Strategi Kebijakan Transportasi Umum
  26. Strategi Kebijakan Transportasi Umum 2
  27. Transportasi Angkutan Umum Taksi - New !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA