Penggolongan Angkutan Umum
Moda angkutan umum menurut kapasitas angkutnya dapat dikelompokkan menjadi dua golongan:
Paratransit:
Angkutan umum yang memiliki karakteristik daya angkut kecil dan jadwal pengoperasian serta rute yang tidak pasti. Contoh dari jenis paratransit adalah ojek, becak, dan taksi.Ojek: transportasi umum informal yang berupa sepeda motor atau sepeda. Disebut informal karena keberadaannya tidak diakui pemerintah dan tidak ada izin untuk pengoperasiannya. Penumpang biasanya satu orang namun kadang bisa lebih dari satu. Dengan harga yang ditentukan dengan tawar menawar dengan sopirnya dahulu, setelah itu sang sopir akan mengantar ke tujuan yang diinginkan penumpangnya.
Kelebihan ojek dengan angkutan lain yaitu lebih cepat dan dapat melewati sela-sela kemacetan di kota. Selain itu dapat menjangkau daerah-daerah dengan gang-gang yang sempit dan sulit dilalui oleh mobil.
Becak: suatu moda transportasi beroda tiga yang tenaga penggeraknya menggunakan tenaga manusia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi.
Di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan:
Becak dengan pengemudi di samping. Untuk becak jenis ini dapat dibagi lagi ke dalam dua sub-jenis, yaitu:
Becak kayuh: menggunakan sepeda sebagai kemudi.
Becak bermotor: menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
Becak merupakan alat angkutan yang ramah lingkungan karena tidak menyebabkan polusi udara dan kebisingan (kecuali becak bermotor). Becak dpt dijadikan sebagai obyek wisata bagi turis.
Kehadiran becak di perkotaan dapat mengganggu lalu lintas karena kecepatannya yang lamban.
Untuk meningkatkan kemampuan becak dan mendorong penggunaan kendaraan tidak bermotor dan dibeberapa negara maju dikembangkan becak yang menggunakan gigi percepatan/transmisi seperti yang digunakan dalam sepeda modern, sehingga bisa melewati tanjakan dengan lebih mudah, desain dibuat aerodinamis serta pengemudinya berada di depan ruang penumpang.
Transit:
Angkutan umum dengan daya angkut menengah dan besar, dengan jadwal serta rute yang pasti. Kelompok transit ini dibedakan lagi menjadi dua jenis yakni :
Steet transit: kelompok transit dengan kapasitas angkut menengah dengan prasarana yang sudah disediakan, yang dalam pengoperasiannya masih bercampur dengan kendaraan lainnya dalam memanfaatkan ruang jalan. Termasuk dalam kelompok ini adalah : bus reguler, bus patas, trolly bus, dan busway. Mengingat bahwa masih harus bersaing dengan kendaraan lain untuk mendapatkan ruang jalan, maka kelompok steet transit ini tidak dapat mengatur dirinya sendiri sehingga kapasitas ruang tidak dapat diprediksi dengan pasti. Pada kondisi terjadi kemacetan maka kapasitas ruang akan menurun dengan tajam.
Berbeda dengan street transit yang tidak dapat mengatur dirinya sendiri, mass transit merupakan moda yang sudah dapat mengatur dirinya sendiri karena memiliki prasarana khusus sehingga besarnya kapasitas ruang dapat direncanakan dengan pasti.
Termasuk dalam kelompok mass transit adalah :
Semi Rapid Transit, yang terdiri dari :
Semi Rapid Bus (SRB)Light Rail Transit
Rapid Transit, yang terdiri dari :
Light Rail Rapid Transit (LRRT)Rubber Tired Rapid Transit (RTRT)
Rail Rapid Transit (RRT)
Regional rail
Demikianlah sedikit pembahasan tentang Penggolongan Angkutan Umum semoga bermanfaat. Jika ada yang salah mohon diberikan komentar dibawah ini.
Anda Bisa Membaca Artikel lain tentang Transportasi dibawah ini. Jika anda suka mohon Like dan di Bagikan ke teman-teman yang lain. Terima Kasih
- 10 Rel Kereta Api Terindah di Dunia
- Alat Transportasi
- Alat Transportasi : Angkutan Individu - New !!
- Bus Rapid Transit-Busway - New !!
- Jalan Baja : Rel Kereta Api
- Jalan Tol Pertama di Indonesia
- Kebijakan Pembangunan Transportasi Indonesia
- Kenapa Butuh Perencanaan Jalan Raya
- Kereta Api Perkotaan Indonesia - New !!
- Konsep Pengelolaan Angkutan Umum Di Perkotaan - New !!
- PT. Adhy Karya Pelaksana Jalan Tol Bali.
- PT. Hutama Karya pada Proyek Jalan Tol
- PT.Waskita Karya Pelaksana Proyek Tol Bali
- Panduan Moda Transportasi Indonesia
- Pengertian Angkutan Umum - New !!
- Pengertian Sistem Transportasi Indonesia
- Perbandingan Kereta Api Indonesia China
- Proses Evaluasi Angkutan Umum Indonesia
- Proyek Underpass Simpang Dewa Ruci Bali.
- Strategi Kebijakan Transportasi Angkot Bagian 2 - New !!
- Strategi Kebijakan Transportasi Angkot 1 - New !!
- Strategi Kebijakan Transportasi Umum - New !!
- Strategi Kebijakan Transportasi Umum 2 - New !!
- Transportasi Angkutan Umum Taksi - New !!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA