Manajemen Komunikasi Dalam Proyek Konstruksi
Salam Civil Engineers. Pada kesempatan ini yang akan menjadi Objek Pembahasan kita yakni Manajemen Komunikasi dalam Proyek Konstruksi. Materi ini tentu saja memiliki Hubungan dengan Materi-materi sebelumnya termasuk Manajemen Pengadaan dan Kontrak Proyek
Pengelolaan komunikasi adalah proses yang diperlukan agar mereka yang terlibat dalam proyek, misalnya stake holder, memperoleh informasi yang diperlukan dan pada waktu yang tepat. Ini dapat terdiri dari perumusan,pengumpulan, penyampaian, penerimaan dan penyimpanan informasi proyek. Sistematika proses pengelolaan komunikasi dapat dilihat pada gamar dibawah ini :
Pengelolaan komunikasi adalah proses yang diperlukan agar mereka yang terlibat dalam proyek, misalnya stake holder, memperoleh informasi yang diperlukan dan pada waktu yang tepat. Ini dapat terdiri dari perumusan,pengumpulan, penyampaian, penerimaan dan penyimpanan informasi proyek. Sistematika proses pengelolaan komunikasi dapat dilihat pada gamar dibawah ini :
Proses Manajemen Komunikasi Proyek |
Perencanaan Komunikasi
Perencanaan komunikasi meliputi penentuan jenis informasi dan komunikasi yang diperlukan proyek, seperti kepada siapa, kapan waktunya, dan bagaimana cara menyampaikannya. Output dari langkah ini adalah lembaran perencanaan komunikasi.
Distribusi Informasi
Proses ini bertujuan untuk memberikan materi informasi yang diperlukan stake holder tepat pada waktunya. Output dari langkah ini adalah lembaran atau catatan informasi.
Laporan
Proses ini berkaitan dengan pembuatan laporan kemajuan proyek serta sumber daya yang telah digunakan untuk melakukan kegiatan sampai saat pelaporan. Output dari langkah ini adalah laporan kemajuan atau kinerja proyek.
Penutupan Administrasi
Penutupan administrasi meliputi verifikasi dan dokumentasi laporan yang penting guna mempersiapkan laporan penyelesaian proyek dan project acceptance. Output dari langkah ini adalah dokumen laporan penutupan proyek dan fonnal acceptance.
Teknik, Metode, dan Prosedur
Teknik, metode, dan prosedur pengelolaan komunikasi adalah mengadakan pertemuan dan rapat, membuat laporan tertulis, dan menggunakan sistem informasi manajemen proyek.
Demikianlah Sekilas pembahasan tentang Manajemen Komunikasi dalam proyek. Materi tentang Komunikasi secara jelasnya akan dibahas pada materi-materi selanjutnya.
Bagi anda yang menyukai Materi ini bisa mengikuti Materi selanjutnya tentang Konsep Sistem dan manajemen Integrasi Proyek. IKUTI Updetan Materinya Melalui Facebook dengan cara Klik FOLLOW.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA