Belajar Ilmu Teknik Sipil Itu Hebat

Posted by Taufick Max Minggu, 15 Desember 2013 2 komentar
Share on :

Belajar Ilmu Teknik Sipil Itu Hebat

Ilmu Teknik sipil, Blog Teknik sipil, Website Teknik sipil, situs Teknik Sipil
Ilmu Teknik Sipil
Mempelajari Ilmu Teknik sipil sama seperti mempelajari ilmu-ilmu yang lain yang diperlukan adalah motivasi untuk ingin tahu, konsistensi, dan fokus. selain itu butuh strategi dalam penyelesaian dan penguasaan Materi yang ada dalam Ilmu Teknik Sipil.

Untuk Mempelajari Ilmu Teknik Sipil bukan hanya melalui Pendidikan Formal, seperti Sekolah di Jurusan Bangunan ataupun Kuliah dengan Jurusan Teknik Sipil, karena intinya adalah Ilmunya, bukan cara-cara untuk mendapatkan Ilmu.

Untuk itu agar lebih menarik dan  lebih terarah pembahasan kita Tentang Belajar Ilmu Teknik Sipil, sebaiknya kita Defenisikan terlebih dahulu apa sebenarnya Ilmu Teknik Sipil itu, sehingga pembahasan kita memiliki batasan dan tidak mengambang kemana-mana.

Belajar Teknik sipil

Pengertian Ilmu Teknik Sipil

Secara bahasa Ilmu Teknik Sipil terdiri dari tiga Kata Yakni Ilmu, Teknik, dan Sipil.
  • Ilmu  yaitu  Pengetahuan tentang Suatu Bidang yang disusun secara Sistematis dengan menggunakan Metode tertentu.
  • Teknik yaitu cara, metode, atau Sistem dalam mengerjakan sesuatu.
  • Sipil Yaitu Masyarakat Umum.
Mudah Belajar Ilmu Teknik sipil, sejarah Teknik sipil

Jadi Pengertian ilmu Teknik sipil secara Istilah yaitu Ilmu Teknik Sipil adalah suatu cabang Ilmu pengetahuan Khususnya di Bidang Teknik Rekayasa yang mendalami keilmuan tentang Cara-cara atau metode tertentu dalam Merekayasa dan membangun Gedung, Infrastruktur, dan hal-hal yang berhubungan dengan Lingkungan yang menjadi kebutuhan manusia atau Masyarakat.

Pengantar Ilmu Teknik Sipil

Dari defenisi Teknik Sipil tersebut diatas, maka disini kita sudah bisa membatasi hal-hal apa saja yang perlu kita pelajari dalam Ilmu Teknik sipil. namun dari pengertian itu saja tidak cukup untuk bisa menggambarkannya secara umum, untuk itu perlu kita bahas secara mendetail lagi tentang Apa Sih yang di Pelajari dalam Ilmu Teknik sipil

Ilmu Teknik sipil Struktur

Cabang Ilmu Teknik sipil

Dalam Ilmu Teknik sipil kita hampir mempelajari semua disiplin Ilmu karena Ilmu yang kerkaitan dengan masyarakat tentu memiliki Hubungan. namun untuk membahas agar lebih sistematis, maka kita akan gambarkan hal-hal yang secara umum dipelajari dalam Teknik Sipil.

Secara Umum dalam Ilmu Teknik Sipil yang dipejarai Meliputi :

Ilmu Struktur Teknik Sipil :

Ilmu Struktur Teknik sipil ini bermanfaat untuk mempelajari Masalah Stuktur dari suatu Materi atau Bahan-bahan yang digunakan untuk membangun. Karena setiap bahan memiliki ciri khas tertentu Baik dari segi Bobot atau Berat jenis maupun Kekuatan atau Mutu sehingga  dalam Ilmu Teknik sipil perlu memahami untuk memilih Material yang cocok untuk bangunan tertentu.

Jenis-jenis Material yang dipelajari sangat banyak namun intinya yaitu berhubungan dengan Konstruksi Baja, Beton, Kayu, Kaca, dan material lainnya yang dianggap bisa diggunakan untuk pembanguan Gedung maupun Infrastruktur.

Manajemen Konstruksi Teknik Sipil :

Ilmu Teknik Sipil juga mempelajari tentang Manajemen Konstruksi karena berhubungan dengan Pembangunan yang melibatkan banyak orang, maka perlu pengelolaan yang bagus agar bisa efektif dan efisien dari Sisi Biaya, Waktu, dan Kualitas Bangunan atau Infrastruktur yang dibuat.

Dalam Manajemen Konstruksi dipelajari, Mulai dari Aspek Hukum dan Konstrak, Rekayasa Nilai Biaya, Pengendalian Biaya, waktu, dan Mutu. serta berhubungan dengan Organisasi, Komunikasi, serta sistem kepemimpinan.

Transportasi ilmu Teknik sipil :

Selain itu dalam ilmu Teknik sipil juga mempelajari tentang Rekayasa Transportasi diantaranya yaitu tentang Rekayasa dan pelaksanaan Sistem Transportasi dan manajemennya diantaranya Jalan Raya, Terminal, Pelabuhan, Stasiun, dan Bandara.

Ilmu Teknik Sipil Keairan :

Sementara keairan Ilmu yang dipelajari disini berhubungan dengan siklus Hidrologi, Mulai dari Penguapan, curah Hujan, ketinggian air, Pengendalian Air, tentang irigasi, bendungan, Banjir. dll

Ilmu teknik Sipil Lingkungan :

Sementara dalam ilmu Sipil juga mempelajari tentang Lingkungan, yakni tentang Dampak Proyek terhadap Lingkungan, Amdal, Pencemaran dan Polusi, hingga pada solusi penjegahannya

Geoteknik  Ilmu Teknik Sipil :

Ilmu Teknik sipil tentang Geoteknik ini mempelajari tentang, Kondisi Tanah suatu daerah beserta bebatuan yang terkandung didalamnya, yang lebih mendetail pada daerah dimana akan dibangunnya sebuah Bangunan dan infrastruktur.

Pengetahuan Ilmu Teknik Sipil

Komputer Imu Teknik Sipil :

Selain semuanya diatas dalam Ilmu Teknik Sipil juga kita mempelajari tentang Penggunaan Komputer sebagai alat bantu kerja dengan menggunakan software-software yang dibuat khusus yang berhubungan dengan Teknik Sipil. Misalnya tentang Desain menggunakan AutoCAD, sketchup 3D Max. untuk Perhitungan Struktur, Menggunakan Sap2000, dan Etabs, Analisa Proyek Menggunakan Excel dan Ms. Project. dan lain sebagainya.

Itu merupakan cabangnya-cabang dari Ilmu Teknik sipil, namun setiap cabang tersebut juga mempelajari Ilmu-ilmu lain yang berhubungan. Misalnya tentang Ekonomi, Hukum, Politik, Komunikasi. dan sebagainya.

Intinya dalam mempelajari Ilmu Teknik sipil, maka kita sebenarnya mempelajari banyak pengetahuan yang ada.

Sejarah Teknik Sipil. Belajar Teknik sipil
Menelusuri Sejarah teknik Sipil

Sejarah Ilmu Teknik sipil

Jika sebelumnya telah di definisikan bahwa Ilmu Teknik sipil yang Ilmu yang mempelajari tentang Merekayasa, dan melaksanakan Pembangunan untuk Masyarakat, maka tentu kita harus tahu, kapan awal mulanya Ilmu Teknik sipil ini mulai digunakan di Dunia ini.

Berbicara tentang Merekayasa dan menciptakan itu bersumber dari hasil imajinasi manusia. sehingga bisa dikatakan bahwa semenjak manusia ada di Dunia ini, maka Ilmu Teknik sipil juga sudah ada. Misalnya, setiap manusia butuh tempat tinggal untuk berlindung dari Bahaya, apakah itu panas, hujan, maupun gangguan luar yang lain. nah, pada saat manusia merencakan tempat tinggalnya untuk berlindung tersebut, maka disitulah penerapan Ilmu Teknik Sipil dimulai.

Namun demikian Perkembangan Ilmu Teknik Sipil diperkirakan sudah berkembang di Mesir kuno dan Mesopotamia antara 4000 sd 2000 SM. Adalah Pyramid Raja Djoser yang diketahui terdapat di kompleks Saqqara, diakui sebagai pyramid tertua di dunia (berusia lebih dar 4000 tahun,atau sekitar tahun 2600 SM), dibangun seorang engineer bernama Imhotep. Hasil tangan dinginnya dapat kita saksikan sampai saat ini.

sementara John smeaton pada abad ke 18, menurut sejarah Barat dialah yang Ir Teknik sipil pertama dengan menamakan Ilmu itu sebagai  Civil Engineering karena mampu membangun Eddystone Lighthouse. Sementara menurut Sejarah Versi Islam Jauh Sebelum John Smeaton, Pada abad ke 9 M Peradaban Islam sudah mempunyia Insinyur Teknik sipil dia adalah Al-Fargani, dan abad ke 13 ada juga Al-Jazari.

Apa saja yang telah disumbangkan Insinyur Muslim tersebut bagi pengembangan Ilmu Teknik Sipil ? Sejarah memang membuktikan, kalau pada masa kejayaannya Peradaban Islam telah mampu membangun Bendungan Jembatan Pertama di Dezful, Iran.

Bendungan Pertama di dunia

Bendungan Pertama di dunia



Selain itu Jabal Hamrin, Irak juga sudah dibangun Bendungan Pengatur Air devesion Dam yang dibangun oleh Insinyur Muslim tepatnya di sungai Uzaym.

Untuk Penerangan Jalan Umum di Cordoba untuk pertama kali dibangun oleh Kekhalifahan Islam. sehingga Pada masa kejayaannya di Kota peradaban Muslim di Benua Eropa ini pada malam har jalan-jalan penuh dengan cahaya lampu.

Selain pencahayaan, di Kota inipun sudah dibuatkan sistem pengumpul sampah, sehingga Kota Cordoba terlihat Bersih.

Kemudian, Sebelum peradaban Barat berhasil membangun gedung pencakar langit, para insinyur Muslim pada abad ke-16 M telah berhasil membangun gedung pencakar langit di Shibam, Yaman. Tak heran, jika kota itu dikenal sebagai ‘kota pencakar langit tertua di dunia.’ Inilah contoh pertama tata kota yang didasarkan pada prinsip-prinsip pembangunan secara vertikal

Di kota Shibam dibangun tak kurang dari 500 tower rumah yang tingginya mencapai 30 meter. Para insinyur teknik sipil Barat untuk pertama kalinya berhasil membangun gedung pencakar langit pertama pada tahun 1885 M. Gedung pencakar langit pertama yang dibangun insinyur barat adalah Home Insurance Building yang tingginya mencapai 42 meter.

Pada abad ke-21 ini, gedung pencakar langit masih berada di negara Muslim yakni di Dubai, yakni Burj Dubai. Pada tahun 1998, gedung pencakar langit tertinggi berada di Malaysia, yakni menara kembar Petronas. Untuk urusan merancang gedung pencakar langit, duania mencatat insinyur Muslim pada abad ke-20 dari Banglades, Fazlur Khan, sebagai ‘Einstein Teknik Struktural’

Insinyur teknik sipil Muslim di abad ke-12 M, juga telah mampu mendirikan menara tertinggi di abad pertengahan. Menara masjid tertinggi itu adalah Qutub Minar yang tingginya mencapai 72 meter. Sedangkan, menara masjid tertinggi di abad ke-21 ini adalah menara Masjid Hasan II yang tingginya mencapai 201 meter. Menara itu dibangun pada tahun 1986.

Masih banyak lagi sejarah-sejarah Ilmu Teknik Sipil yang kembangkan oleh Insinyur-insinyur Muslim, lainnya. Nah sejarah ini diungkapkan bukan bermaksud untuk membanding-bandingkan antara satu dengan yang lainnya, hanya saja untuk menggungkap kebenaran Sejarah yang sesungguhnya khususnya di Bidang Ilmu teknik Sipil.

Situs Ilmu Teknik Sipil Indonesia

Sementara Bagi anda yang mau mempelajari Ilmu Teknik sipil, sekarang yang dibutuhkan hanyalah Keinginan dan konsistensi untuk belajar. karena sudah tidak sulit lagi mendapatkan referensi Ilmu  Teknik Sipil.

Anda bisa membaca atau mengunjungi Blog-blog Teknik Sipil yang ada. untuk menambah Informasi tentang ILMU TEKNIk SIPIL anda juga mendownload Buku-buku Teknik sipil, Tutorial penggunaan Software Teknik Sipil, dan lain sebagainya.

Nah untuk di Indonesia Situs-situs anda bisa mengunjungi situs-situ Teknik Sipil dibawah ini :
  1. www.kampus-sipil.com
  2. www.ilmusipil.com
  3. www.duniatekniksipil.web.id
  4. www.tekniksipil.org
  5. www.ilmutekniksipil.com
Dan masih banyak situs-situs Teknik Sipil lain yang bisa anda kunjungi, baik hanya sekedar membaca materi-materinya, ataupun mendownload Ebook Teknik sipil yang telah disediakan di situs-situs Teknik Sipil Tersebut.

Mungkin itu saja materi tentang Belajar Teknik Sipil ini, anda bisa membaca artikel lain juga tentang Cara Belajar Ilmu Teknik Sipil

Bagi anda yang menyukai Materi ini, anda bisa Ikuti materi selanjutnya yaitu tentang Cara mencari Jurnal teknik Sipil. Ikuti Updetannya melalui Facebook. Jangan lupa Klik Follow.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Belajar Ilmu Teknik Sipil Itu Hebat
Ditulis oleh Taufick Max
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kampus-sipil.blogspot.com/2013/12/belajar-ilmu-teknik-sipil-itu-hebat.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.
Share on :

2 komentar:

Muhammad Ridwan Adi Perdana mengatakan...

Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Teknik Sipil,
menurut saya Studi Teknik Sipil merupakan bidang yang
sangat menarik juga banyak hal yang bisa dipelajari
di Dunia Sipil.
Saya juga mempunyai Tulisan yang bisa anda kunjungi di
Publikasi Gunadarma Sipil

Noreta Siahaan mengatakan...

gimana cara mengcopy nya min, saya butuh untuk tugas kuliah ini? pleasee balas secepatnya minn

Posting Komentar

MOHON MASUKAN DAN PENDAPAT ANDA TENTANG ARTIKEL DI ATAS JIKA DALAM TULISAN ADA YANG SALAH MOHON SARAN DAN KRITIKANNYA DALAM RANGKA PENYEMPURNAAN ILMU TEKNIK SIPIL SAYA

Materi Populer