Baja Ringan Atap

Posted by Taufick Max Jumat, 30 November 2012 0 komentar

Kelebihan Baja Ringan Untuk Atap Rumah anda


Gambar Baja Ringan sebagai Atap
Baja Ringan untuk atap rumah atau bangunan memang merupakan pilihan yang tepat. Jika dahulu rangka atap menggunakan kayu dan material yang lain. Maka sekarang telah ditemukan material baru untuk rangka atap yaitu Baja Ringan untuk Atap Rumah anda.

Banyak penelitian yang telah dilakukan untuk Baja Ringan sebagai Atap ini. Dan berdasarkan penelitian atap baja Ringan lebih Efisien dari segi anggaran, Kualita atap, maupun dari sisi perawatan Baja Ringan Atap ini.

Banyak juga perusahan – perusahan jasa konstruksi yang memilih Jenis Baja Ringan sebagai Atap pada proyek mereka karena berdasarkan hitungan – hitungan secara matematis baja Ringan atap ini sangat menguntungkan.

Saat ini juga banyak perusahanbaja di Indonesia yang telah memproduksi Baja Ringan Untuk atap dengan jumlah yang terbilang cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri. Karena saat ini permintaan terhadap Material Baja Ringan sebagai atap rumah atau gedung ini sangat besar.

Di Dunia Kontraktor biasanya dalam suatu proyek besar perhitungan kebutuhan material yang tepat bisa menentukan keuntungan bagi kontraktor tersebut. Namun biasanya keuntungan yang besar itu harus berbanding lurus dengan Kualitas Bangunan yang telah dibuat.

Nah untuk itu Baja Ringan untukatap sangat disukai oleh kontraktor karena disamping lebih efisien bangunan Atap bangunan yang di hasilkan pun lebih berkualitas.


Baja Juga Artikel Lain Tentang :

Tahapan Menjadi Kontraktor Sukses

Sejarah Baja Ringan

Keunggulan Menggunakan Rangka Atap Baja

Pilihan Atap Rumah Menggunakan Baja Ringan

Perkembangan Alat Transportasi Tradisional Indonesia


Baca Selengkapnya ....
Share on :

Atap Baja Ringan

Posted by Taufick Max 0 komentar

Desain Konstruksi  Atap Baja Ringan  


Atap Baja Ringan adalah sebuah material untuk Rangka atap yang saat ini banyak digunakan pada bangunan rumah, kantor, sekolah, dan bangunan – bangunan yang lain.


Saat ini Atap Baja Ringan banyakdi minati oleh mastarakat umum karena harganya yang murah jika dibandingka dengan material lain seperti kayu. Rangka Atap menggunakan baja ringan ini juga tahan lama dan anti rayap sehingga membuat biaya perawatan terhadap Jenis Atap Baja Ringan ini menjadi mudah.
Ketersedian material Atap Baja Ringan di Indonesia sangat banyak, karena produksi Atap Baja Ringan oleh Perusahan baja di Indonesia itu cukup besar untuk memenuhi kebutuhan Pasar AtapBaja Ringan di Indonesia.

Gambar Atap Baja Ringan
Harga Atap Baja Ringan sangat bervariasi tergantung jenis dan dimensinya. Namun biasanya kisaran Harga untuk Atap Baja Ringan ini antara Rp. 80 Ribu sampai Rp. 150 Ribu/ Meternya. Jika anda mau mencari lebih lengkap tentang Informasi Atap Baja Ringan ini anda bisa dating langsung di toko Bangunan terdekat atau anda bisa mengunjungi situs yang khusus menjual Atap Baja Ringan ini.

Atap Baja Ringan ini tentu banyak memiliki kelebihan diantaranya adalah Murah, Tahan Lama, Anti Rayap, Anti Karat, Dll.

Jika anda mau membangun Rumah anda maka disarankan menggunakan Atap Baja Ringan sebagai pilihan untuk AtapRumah Anda.


Anda Bisa Juga membaca Artikel Lain tentang :

Cara Memilih Jenis Kontraktor 

Kelebihan Memilih Rangka Atap Baja Ringan

Atap Baja Lebih Tahan Lama dan Murah

Jenis - Jenis Alat Transportasi Tradisional Indonesia


Baca Selengkapnya ....
Share on :

Alat Transportasi

Posted by Taufick Max 0 komentar


Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Gambar Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Gambar Alat Transportasi Tradisional Indonesia

Defenisi Alat Transportasi

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Di negara maju, mereka biasanya menggunakan kereta bawah tanah (subway) dan taksi. Penduduk disana jarang yang mempunyai kendaraan pribadi karena mereka sebagian besar menggunakan angkutan umum sebagai transportasi mereka. Transportasi sendiri dibagi 3 yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya

Macam- Macam Alat Transportasi di Indonesia

Alat Transportasi Darat

Alat Transportasi Darat di Indonesia sangat banyak mulai dari beroda dua, tiga, dan empat. Untuk alat transportasi beroda dua yaitu Motor dan sepeda, yang beroda tiga yaitu Bajaj,Bemo,becak dll. Sementara yang beroda empat yaitu Mobil dengan katagori, Angkot, Busway, Bus, Pick Up, Truk, dll.
Ada juga Alat transportasi tranportasi tradisional Indonesia yaitu Bendi/Delman dengan menggunakan Kuda sebagai penggerak dan di daerah pedesaan yang tidak memiliki kuda biasanya ada alat transportasi gerobak dengan menggunakan Sapi sebagai penggerak.

Alat Transportasi Laut

-          Kapal

Kapal adalah kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut (sungai dsb)[1] seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci. Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.

Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang berukuran lebih besar yang dinamakan kapal. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampau menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang digunakan bangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat. Untuk penggeraknya manusia pada awalnya menggunakan dayung kemudian angin dengan bantuan layar, mesin uap setelah muncul revolusi Industri dan mesin diesel serta Nuklir. Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane. Serta kapal yang digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.

-          Feri

Kapal feri atau kapal penyeberangan adalah sebuah kapal transportasi jarak dekat. Feri mempunyai peranan penting dalam sistem pengangkutan bagi banyak kota pesisir pantai, membuat transit langsung antar kedua tujuan dengan biaya lebih kecil dibandingkan jembatan atau terowong.

-          Sampan

Sampan adalah sebuah perahu kayu yang memiliki dasar yang relatif datar, dengan ukuran sekitar 3,5 hingga 4,5 meter yang digunakan sebagai alat transportasi sungai dan danau atau menangkap ikan. Sampan dapat mengangkut penumpang 2 - 8 orang, tergantung ukuran sampan. Sampan ada kalanya memiliki atap kecil dan dapat digunakan sebagai tempat tinggal permanen di perairan dekat darat. Sampan biasanya tidak digunakan untuk berlayar jauh dari daratan karena jenis perahu ini tidak memiliki perlengkapan untuk menghadapi cuaca yang buruk

Alat Transportasi Udara

Sedangkan untuk transportasi Udara yaitu Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri. Secara umum istilah pesawat terbang sering juga disebut dengan pesawat udara atau kapal terbang atau cukup pesawat dengan tujuan pendefenisian yang sama sebagai kendaraan yang mampu terbang di atmosfer atau udara. Namun dalam dunia penerbangan, istilah pesawat terbang berbeda dengan pesawat udara, istilah pesawat udara jauh lebih luas pengertiannya karena telah mencakup pesawat terbang dan helikopter.

Kata Pencari Alat Transportasi di Google Search

alat transportasi,alat transportasi mobil,jenis alat transportasi,alat transportasi tradisional dan modern,alat transportasi modern,gambar alat transportasi,macam-macam alat transportasi,alat transportasi tradisional,alat transportasi darat,foto alat transportasi,alat transportasi udara,alat transportasi laut,alat-alat transportasi,alat transportasi Indonesia,perkembangan alat transportasi,pengertian alat transportasi,alat transportasi air,sejarah alat transportasi,alat transportasi jepang,penemu alat transportasi,alat transportasi kuno,alat transportasi umum,alat transportasi adalah,alat transportasi bus,alat transportasi padatan

Baca juga Artikel Lain Tentang :




Baca Selengkapnya ....
Share on :

Atap Baja

Posted by Taufick Max Selasa, 27 November 2012 0 komentar

Desain Rumah dengan menggunakan Atap Baja


Keunggulan Atap Baja Ringan

Rangka Atap Baja
Atap Rumah merupakan hal yang sangat penting pada Rumah anda. Selain bisa menambah tampilan rumah agar kelihatan menarik Atap rumah juga berfungsi untuk penghalang dari panas dan hujan. Untuk itu dalam hal pemilihan Jenis Atap Rumah harus dipilih jenis atap yang sesuai dengan jenis rumah dan Atap yang berkualitas.

Anda bisa memilih berbagai macam jenis rangka atap rumah anda, apakah anda bisa memilih Rangka Atap kayu ataupun Rangka Atap Baja. Semua memiliki kelemahan dan kelebihan masing – masing.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang keunggulan Atap Baja ringan. Kenapa saya lebih memilih atap baja ringan karena saat ini Rangka Atap Baja Ringan sangat trend an banyak kelebihan lainnya. Berikut penjelasan secara detail tentang Rangka Atap Baja Ringan.

Sejarah Atap Baja Ringan di Indonesia

Rangka Atap Baja Ringan di Indonesia sudah banyak di produksi oleh perusahan baja ringan dalam negeri. Hal initentunya menguntungkan dari sisi ekonomi karena pastinya harganya lebih murah jika di bandingka dengan Atap Baja Ringan yang di peroleh dari hasil Impor. Di Indonesia sendiri sudah mengenal dan memakai Jenis Rangka Atap Bajaringan ini kurang lebih tahun 1995 dan trennya sampai sekarang. Harganyapun terbilang sama dengan jenis kayu klas satu. Sehingga jika dibuat pilihan banyak yang lebih memilih menggunakan Atap Baja Ringan sebagai Rangka Atap mereka ketombang Kayu.

Harga Atap Baja Ringan

Harga Atap Baja Ringan bervariasi tergantung jenisnya. Di bawah ini gambara harga baja ringa yang di ambil dari beberapa sumber.

Untuk Atap Baja Ringan Truss baja ringan maju mandiri, dengan ketebalan .75 mm tinggi 7,5 cm lebar 3 cm, harganya berkisar Rp.67.000,- Rp.68.000,-

Sementara Jenis Truss baja ringan apluss, Tebal .8 mm tinggi 7,5 cm lebar 3,2 cm, Rp.69.000,-Rp.70.000,-  

Untuk Truss Baja ringan taso Galvalum/Zincalum Tebal .75 mm tinggi 7,5 cm lebar 3.5 cm Rp.72.000 dan Truss Baja Ringan Essar, Tebal 1 mm tinggi 8,5 cm lebar 4 cm, Rp.125.000,- 

Kemudian Truss Baja Ringan Afatruss, Tebal .70 mm tinggi 7,5 cm lebar 3,5 cm, Rp.65.000,- Dan Jenis Truss Baja ringan Alfatruss, Tebal .75 mm tinggi 7 cm lebar 3,5 cm, Rp.84.000,

Keunggulan menggunakan Rangka Atap Baja Ringan:

·      Rangka Atap Baja Ringan Mengutamakan struktur dengan sistem plat Buhul di setiap tumpuan sendi (seperti jembatan) lebih kokoh dari kuda-kuda baja lainnya.

·         Rangka Atap Baja Ringan memiliki Konstruksi yang aman dan Stabil

·         Bisa Memilih Jenis Tumpuan antara Roll dan Sendi pada Rangka Atap Baja Ringan

·         Tidak Mudah Berkarat dan bisa tahan terhadap perubahan iklim serta anti terhadap Rayap

·         Dapat digunakan pada Genteng Metal atau Beton yang berat.

·         Perencanna untuk Puntir, Mulur/Muai dan  tekuk diranvang stabil

·         Proses pemasangannya lebih cepat karena menggunakan pekerja Ahli

·         Memiliki beragam Kuda - kuda yang bisa dipilh berdasarkan jenis bangunan

·      Memiliki Panjang Bentang yang bisa dipilih yaitu antara 6-8 Meter dan 10 -12 Meter


Karena dianggap lebih efisien dan mudah dalam perawatan maka Atap Baja Ringan ini sudah banyak digunakan baik pada Rangka Atap Rumah, Kantor, maupun gedung – gedung yang lain sudah menggunakan Atap Baja Ringan.

 Baca Artikel Lain Tentang :

Manajemen Kontraktor
Tentang Baja Ringan

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Baja Ringan

Posted by Taufick Max 1 komentar

Tentang Rangka Atap Baja Ringan Vs Kayu

Sejarah Baja dan Baja Ringan

Baja adalah logam campuran yang tediri dari besi (Fe) dan karbon (C). Jadi baja berbeda dengan besi (Fe), alumunium (Al), seng (Zn), tembagga (Cu), dan titanium (Ti)yang merumakan logam murni. Dalam senyawa antaa besi dan karbon (unsur nonlogam) terrsebut besi menjadi unsur yang lebih dominan dibanding karbon. Kandungan kabon berkisar antara 0,2 – 2,1% dari berat baja, tergantung tingkatannya.

Secara sederhana, fungsi karbon adalah meningkatkan kwalitas baja, yaitu daya tariknya (tensile strength) dan tingkat kekerasannya (hardness). Selain karbon, sering juga ditambahkan unsur chrom (Cr), nikel (Ni), vanadium (V), molybdaen (Mo) untuk mendapatkan sifat lain sesuai aplikasi dilapangan seperti antikorosi, tahan panas, dan tahan temperatur tinggi.

Baja ringan adalah baja canai dingin dengan kualitas tinggi yang bersifat ringan dan tipis namun kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional. Baja ringan memiliki tegangan tarik tinggi (G550). Baja G550 berarti baja memiliki kuat tarik 550 MPa (Mega Pascal).

Rangka Atap Baja Ringan
Untuk melindungi material baja mutu tinggi dari korosi, harus diberikan lapisan pelindung (coating) secara memadai. Berbagai metode untuk memberikan lapisan pelindung guna mencegah korosi pada baja mutu tinggi telah dikembangkan.

Jenis coating pada baja ringan yang beredar dipasaran adalah Galvanized, Galvalume, atau sering juga disebut sebagai zincalume dan sebuah produsen mengeluarkan produk baja ringan dengan menambahkan magnesium yang kemudian dikenal dengan ZAM, dikembangkan sejak 1985, menggunakan lapisan pelindung yang terdiri dari: 96% zinc, 6% aluminium, dan 3% magnesium

Defenisi Baja Ringan


Yang di maksud dengan baja Ringan yaitu kualitas Baja yang tinggi dan Ringan namun memiliki kekuatan yang besar sebagaimana baja umumnya. Baja Ringan di kelompokan menjadi beberapa macam berdasarkan Nilai tegangan tarik. Dan kekuatan tegangan tarik baja ringan di dasarkan pada fungsi dari baja Ringan tersebut.

Sebagai contoh untuk produk structural seperti rangka atap baja ringan menggunakan baja ringan dengan tegangan tarik tinggi (G550). Karena tingkat kualitas dan kuat tarik tinggi, tidak heran baja ringan lebih tipis dan ringan dibandingkan baja konvensional.

Baja G550 bisa diartikan sebagai baja yang mempunyai kuat tarik 550 Mpa (Mega Pascal). Meskipun lebih ringan dan tipis dari baja konvensional, dengan kuat tarik sebesar 550 Mpa baja ringan dapat dijadikan andalan untuk menopang beban struktur bangunan. Bagaimana dengan ketebalan baja ringan? Ketebalan yang lebih kecil dibandimg dengan baja konvensional dengan tujuan untuk mengurangi beban strukutur bangunan.

Kuda-kuda baja ringan mempunyai ketebalan antara 0,45 – 1,00 mm. Berbeda dengan kolom yang akan menopang beban yang lebih besar, ketebalannya kisaran antara 1,00 -2,00 mm (profil C). Baja tersusun dari besi dan karbon (Fe dan C). Maka baja ringan perlu dilapisi antikarat.

Fungsi Baja Ringan

Fungsi Baja Ringan sama halnya dengan Baja Konvensional yaitu sebagai struktur bangunan, saat ini baja Ringan banyak digunakan pada struktur atap bangunan. Hal ini di karenakan kekuatan yang dimiliki pada Baja Ringan dan mengurangi beban sendiri pada atap sehingga struktur bangunan bawah tidak terlalu menanggung beban atas yaitu dari atap itu sendiri. Selain murah Baja Ringan juga saat ini Mudah untuk didapatkan dan pemasangan Atap Baja Ringan juga terbilang cepat sehingga sangat efisien pada pelaksanaan proyek dari segi Waktu, Biaya, dan Mutu proyek.

Konstruksi Atap Baja Ringan

Langkah untuk mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal adalah langkah tepat, karena dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini berarti kita juga telah membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.


Sesuai dengan namanya, material ini memang sangat ringan. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis, namun memiliki fungsi setara baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Ketebalan baja ringan untuk atap ringan yang beredar sekarang ini berkisar dari 0,4 mm – 1mm.
Jika dibandingkan dengan harga kayu yang tahan rayap (kelas I), tentunya harga baja ringan ini relatif murah.

Kelebihan dan kekurangan Baja Ringan pada Atap Bangunan.

Kekurangan rangka Atap Baja Ringan

·Biaya Pemasangan Rangka Atap Baja Ringan Lebih Mahal di bandingka dengan material kayu. Karena butuh keahlian tertentu untuk memasangnya.

·Kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu, sistem rangkanya yang berbentuk jaring kurang menarik bila tanpa penutup plafon.

·Karena strukturnya yang seperti jaring ini maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya maksudnya jika salah satu bagian kurang memenuhi syarat keamanan, maka kegagalan bisa terjadi secara keseluruhan

·Rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil

Kelebihan Rangka Atap Baja Ringan

·Karena bobot rangka atap yang ringan menurut konstruksi sipil maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur di bawahnya lebih rendah (jadi lebih irit strukturnya).

·Baja ringan bersifat tidak membesarkan api (non-combustible).

·Tidak bisa dimakan rayap

·Pemasangan rangka baja relatif lebih cepat apabila dibandingkan rangka kayu.

·Baja ringan nyaris tidak memiliki nilai muai dan susut, jadi tidak berubah karena panas dan dingin

 
Baca Artikel Lain Tentang :

Manajemen Kontraktor

Baca Selengkapnya ....
Share on :

Materi Populer